MotoGP

Rekap Hasil Tes Balap Pramusim Perdana MotoGP 2018

Kamis, 1 Februari 2018 15:05 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
 Copyright:

Tes pramusim MotoGP 2018 yang digelar 28-30 Januari 2018 lalu telah berakhir. Hasil dari tes balap uji coba sederet pembalap kenamaan menyisakan begitu banyak catatan yang mesti terus mereka perbaiki.

Bisa jadi, tes pramusim ini menjadi awal gambaran performa para pembalap maupun kinerja mesin motor anyar mereka yang akan ditunggangi dalam laga MotoGP musim ini. Siapa yang unggul maupun mengalami sejumlah kemunduran pun cukup nampak dari tes pramusim ini. 

Sederet pembalap bahwa tercatat mengalami crash selama menjalani laga tes pramusim. Bahkan kerusakan mesin menjadi salah satu yang mesti dihadapi oleh salah satu pembalap Suzuki, Andrea Iannone. 

Pada hari pertama tes balap, pembalap Honda, Dani Pedrosa tercatat sebagai yang tercepat. Meski begitu, yang spesial dari dari tes hari pertama sendiri adalah empat pembalap Ducati berhasil masuk dalam lima besar tercepat. 

© LAT IMAGES
Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo. Copyright: LAT IMAGESAndrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo.

Para pembalap Ducati tersebut adalah Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo, Danilo Petrucci, dan juga Jack Miller. Beda nasib dengan Ducati, Yamaha justru berakhir di urutan keenam yang ditempati Valentino Rossi, dan posisi ke-13 oleh rekannya, Maverick Vinales.

Namun, hari kedua menjadi momen berjayanya Yamaha. Vinales dan Rossi mampu tercatat sebagai yang tercepat. Tak hanya itu, dari tes hari kedua juga nampak bahwa sebagian besar motor anyar MotoGP 2018 memiliki aero fairing yang mirip dengan milik Ducati. 

Hari terakhir tes pramusim mencatat Jorge Lorenzo berhasil menjadi yang paling unggul. Ia bahkan berhasil memecahkan rekor lap di Sepang yang pernah digenggam oleh juara dunia MotoGP musim lalu, Marc Marquez sejak 2015 lalu.  

Pencapaian tersebut tentu saja menjadi perhatian sendiri bagi para pembalap lainnya. Karena, Lorenzo sendiri nampak telah begitu nyaman dengan motor anyar milih Ducati. Ia bahkan tak henti-hentinya memuji performa motor tersebut.