x

Jika Rossi Pensiun, 4 Pembalap Ini Masuk Daftar Pengganti

Rabu, 13 September 2017 16:45 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Galih Prasetyo
Pembalap andalan Yamaha, Valentino Rossi.

Cedera yang dialami Valentino Rossi pasca kecelakaan yang ia alami saat latihan dengan motorcross di Tavullia benar-benar memaksa Yamaha memutar otak untuk mencari pengganti dirinya.

Baca Juga

Rossi sendiri dalam wawancara eksklusifnya bersama MotoGP mengungkapkan akan berusaha semaksimal mungkin untuk segera pulih dari cederanya dan ingin kembali balapan secepatnya.

Namun hal tersebut nampaknya sedikit mustahil kali ini, setelah Rossi beberapa kali pernah beraksi di lintasan meski dalam keadaan cedera. Dokter meminta dirinya untuk absen sejenak dari laga.

Pembalap Yamaha, Valentino Rossi dalam konferensi pers.

Sejumlah nama akhirnya muncul dalam daftar pengganti Rossi pada GP Aragon 2017 nanti, meski belum dapat dipastikan mengenai siapa pembalap yang akan bersanding dengan Maverick Vinales nantinya. 

Namun lebih dari sekedar hanya menggantikan posisi Rossi di GP Aragon, nama-nama pembalap yang dirangkum INDOSPORT ini punya kans besar menggantikan Rossi usai dirinya memutuskan untuk pensiun nanti. 


1. Johann Zarco

Zarco tampil sebagai debutan yang cukup gemilang di MotoGP tahun ini.

Pembalap Monster Movistar Yamaha, Johann Zarco rumornya di gadang-gadang sebagai calon pengganti Rossi kedepannya. Hal tersebut bisa saja terjadi jika Zarco tampil konsisten.

Kesempatan untuk menggantikan Rossi bagi Zarco sempat disampaikan oleh manager Yamaha, Wilco Seelenberg beberapa waktu lalu. 

Baca Juga

"Jika performanya terus seperti ini, tentu saja Zarco berpeluan gantikan Rossi. Tapi, tak ada jaminan untuk hal ini," ujar Zeelenberg dikutip Munco Deportivo. 

Debut Zarco di MotoGP terbilang cukup menjanjikan. Pembalap Prancis menetapkan posisinya di klasemen sementara MotoGP 2017. 

Sebelumnya Zarco juga sempat meraih podium saat berhasil finish di posisi kedua saat GP Prancis.


2. Jonas Folger

Jonas Folger

Rekan setim Zarco, Jonas Folger juga pemain baru di kelas MotoGP musim ini. Namun Folger juga turut menjadi ancaman tersendiri bagi pembalap lainnya.

Dilansir Motorsport, Folger sendiri bertarung bersama Zarco untuk memperebutkan posisi pengganti Rossi jika juara dunia tujuh kali itu memutuskan pensiun.

Baca Juga

"Zarco merupakan juara dunia Moto2 sebanyak dua kali, tapi pada akhirnya saya tahu saya bisa lakukan apa yang ia lakukan. 

Folger mengaku dirinya cukup percaya diri untuk posisi tersebut. Di mata Folger, Zarco adalah tantangan pertamanya dan ia berpikir bahwa dirinya harus mampu mengalahkan Zarco.


3. Katsuyuki Nakasuga

Bradley Smith, Katsuyuki Nakasuga dan Pol Espargaro.

Nama pembalap ini sempat diusung menggantikan Rossi di GP Aragon. Nakasuga adalah pembalap Jepang yang sempat mewakili Yamaha saat GP Motegi. 

Dari enam balapan terakhir di MotoGP, pembalap berusia 35 tahun itu berhasil mendapatkan podium. Tahun 2012, Nakasuga bahkan berhasil meraih finish kedua di GP Valencia. 

Baca Juga

Bersama Pol Espagaro dan Bradley Smith, Nakasuga sempat bersaing dalam ajang Suzuka 8 Hours.  

Dengan pengalaman panjang yang ia miliki bersama dengan Yamaha di sejumlah kelas, bukan tidak mungkin suatu hari Nakasuga akan menjadi pengganti Rossi yang dipilih Yamaha


4. Michael van der Mark

Michael van der Mark menggantikan Valentino Rossi.

Pembalap Belanda ini sudah dipastikan akan gantikan Rossi dalam GP Aragon nanti. Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh bos Yamaha, Lin Jarvis. 

Dilansir Motorsport, Jarvis mengakui bahwa memilih pengganti bagi Rossi bukanlah hal yang mudah. Namun ia memberikan kepercayaan itu pada Van der Mark.

Baca Juga

"Tidak akan pernah mudah menggantikan pembalap lain, bahkan untuk seorang Valentino Rossi, namun kami percaya Michael telah memiliki pengalaman yang akan menghasilkan hal yang baik dalam balapan nanti," ujar Jarvis. 

Van der Mark sendiri saat ini berada di posisi ketujuh di klasemen WSBK, dua posisi dibelakang rekan setimnya Alex Lowes. 

Monster Yamaha Tech 3Movistar YamahaMichael van der MarkMotoGP 2017Johann ZarcoJonas Folger

Berita Terkini