x

Eks Juara Dunia Analisis Hasil MotoGP Mandalika 2022, Performa Miguel Oliveira Jadi Sorotan

Selasa, 22 Maret 2022 06:50 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Subhan Wirawan
Pembalap motoGP tim Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira usai balapan di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta, Lombok, Minggu (20/03/22). Foto: Reuters/Willy Kurniawan

INDOSPORT.COM - Mantan pembalap Spanyol yang pernah meraih gelar juara dunia MotoGP, Alex Criville, menganalisis hasil MotoGP Mandalika 2022. Aksi Miguel Oliverira jadi sorotan.

Gelaran MotoGP Mandalika 2022 telah rampung diselenggarakan pada, Minggu (20/03/22). Ajang balap tersebut menjadi tontonan menarik bagi Alex Criville.

Baca Juga

Terlebih tahun ini jadi momentum kembalinya MotoGP di Indonesia setelah 25 tahun absen. Hujan deras sempat jadi penghalang. Para rider pun dituntut untuk bisa menguasai medan yang sedang dalam kondisi licin.

Alex Criville, mantan pembalap dan sekarang komentator DAZN, telah menganalisis semua yang sudah terjadi di MotoGP Mandalika 2022.

Baca Juga

Dalam balapan yang dilangsungkan di Sirkuit Mandalika tersebut, Miguel Oliveira menjadi pemenang dan Fabio Quartararo kembali ke podium.

Lex Criville sendiri mengaku takjub melihat aksi Oliverira. Pembalap Red Bull KTM itu menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 33 menit 27,223 detik.

"Dia telah menjadi pembalap paling konstan dalam balapan. Dari awal hingga akhir, ia mendominasi dengan tangan yang kuat. Kemampuan mengemudinya luar biasa, sangat baik di garis, tanpa membuat kesalahan," kata Alex Criville dilansir dari Motosan.

Baca Juga

"KTM semakin mendekati target menjadi yang terbaik karena sudah terbukti kompetitif di Losail, sirkuit dengan trek lurus panjang, dan juga di Mandalika sirkuit yang sangat berkelok-kelok dan kondisi air yang ekstrim," sambungnya lagi.

Bagi Alex Criville, performa Miguel Oliveira di Sirkuit Mandalika benar-benar patut diacungi jempol. Selain Oliveira, Crivilie juga menilai performa Fabio Quartararo. 


1. Menilai Performa Fabio Quartararo

Pemenang balapan, Miguel Oliveira dari Red Bull naik podium tempat kedua, Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha MotoGP dan tempat ketiga, Johann Zarco dari Pramac Racing di Sirkuit Mandalika, Lombok, Minggu (20/03/22). Foto: Reuters/Willy Kurniawan

Alex Criville juga menilai performa Fabio Quartararo. Pembalap tim Yamaha itu tampil mendominasi di MotoGP Mandalika 2022.

Baca Juga

Akan tetapi kondisi trek yang basah di hari Minggu membuatnya kesulitan. Meski akhirnya Quartararo finis di podium kedua, Criville menilai jika performa pembalap asal Spanyol itu kurang maksimal.

"Saya sangat terkejut. Setelah Grand Prix Qatar, sepertinya Fabio Quartararo akan mengalami masalah serius pada Yamaha YZR-M1," kata mantan pembalap MotoGP asal Spanyol tersebut.

Baca Juga

"Kami telah melihat bahwa Yamaha memiliki traksi yang sangat baik dan keluar dari tikungan dengan sangat kuat di sirkuit Mandalika. Fabio Quartararo juga menemukan tata letak yang baik untuk sasis dan mesin Yamaha." 

"Sebuah trek dengan trek lurus pendek dan tikungan yang terhubung, di mana Yamaha memulai dengan sangat cepat dan terhubung dengan sempurna," sambungnya lagi.


2. Menanti MotoGP Argentina

Para pembalap MotoGP mulai star usai turun hujan lebat di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta, Lombok, Minggu (20/03/22). Foto: Reuters/Willy Kurniawan

Selanjutnya perjuangan para pembalap MotoGP lainnya akan berlanjut ke MotoGP Argentina 2022. Ajang balap tersebut akan dimulai pada 1-4 April 2022.

Untuk saat ini Enea Bastianini (Gresini Racing) masih bertengger di puncak klasemen terbaru MotoGP 2022, diikuti oleh Brad Miller (Red Bull KTM Factory Racing) yang menempel ketat di posisi kedua.

MotoGPAlex CrivilleMotoGP Mandalika

Berita Terkini