x

Dari 3 Raja Tunggal Putra, Ini Pilihan Peter Gade sebagai Lawan Tersulit

Senin, 5 April 2021 17:47 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Legenda bulutangkis Denmark yakni Peter Gade memberikan jawabannya ketika ditanya siapa lawan terberat: Taufik Hidayat, Lin Dan, atau Lee Chong Wei.

INDOSPORT.COM - Legenda bulutangkis Denmark yakni Peter Gade memberikan jawabannya ketika ditanya siapa yang menjadi lawan terberat dari tiga raja tunggal putra, yakni Taufik Hidayat, Lin Dan, dan Lee Chong Wei.

Peter Gade merupakan salah satu member dari Big Four Kings, selain Taufik Hidayat, Lin Dan, dan Lee Chong Wei. Sama seperti ketiga pebulutangkis tersebut, sang legenda Denmark juga memiliki banyak prestasi mentereng.

Berbagai gelar Super Series sudah dimenangkan olehnya, meskipun mahkota Kejuaraan Dunia dan Olimpiade serta Piala Thomas belum berhasil dimiliki oleh Peter Gade.

Baca Juga
Baca Juga

Dari ketiga member Big Four Kings, Peter Gade pun diketahui sudah pernah berhadapan dengan semuanya. Dengan Taufik Hidayat, legenda Denmark sudah bertemu sebanyak 16 kali, dan keduanya sama-sama menang delapan kali.

Sementara itu dengan Lee Chong Wei, Peter Gade sudah bertemu sebanyak 21 kali, tetapi hanya berhasil menang dua kali saja, sedangkan 19 di antaranya berakhir dengan kekalahan.

Sedangkan dengan Lin Dan, legenda tunggal putra Denmark juga sudah bertemu sebanyak 21 kali, tetapi hanya bisa menang 4 kali saja dan sisanya berakhir dengan kekalahan atas pebulutangkis yang mengumumkan pensiun pada 4 Juli 2020 lalu.

Baca Juga
Baca Juga

Tetapi ketika ditanyai siapa yang paling sulit dikalahkan dari ketiga raja tunggal putra itu ketika diwawancarai oleh reporter asal Ukraina, Max Sydorenko, maka begini jawaban dari Peter Gade.

"Saya menikmati bermain melawan mereka semua. Tetapi jika saya harus mengambil satu dan berkata "dia yang paling tangguh, saya akan menamai Lin Dan. Saya tidak bermain melawan pemain setingkat Lin Dan di Olimpiade 2008," ujar Peter Gade.


1. Peter Gade Punya Andil Besar di Balik Julukan Lin Dan

Legenda bulutangkis Denmark, Peter Gade, memberikan jawabannya ketika ditanya siapa yang menjadi lawan terberat dari tiga raja tunggal putra, yakni Taufik Hidayat, Lin Dan, dan Lee Chong Wei.

Bicara soal Lin Dan, siapa sangka jika ternyata ada peran besar dari legenda bulutangkis Denmark Peter Gade di balik julukan Super Dan untuk legenda bulutangkis China tersebut.

Seperti yang dilaporan oleh media China, Sports Sina, ada sebuah momen dimana legenda bulutangkis Denmark akhirnya memilih julukan Super Dan untuk Lin Dan, di mana kejadian tersebut terjadi usai final All England 2004.

Menurut media China pada saat final All England 2004, Peter Gade yang memenangkan pertandingan game pertama, tetapi Lin Dan berhasil menikung di game kedua dan ketiga yang membuatnya berhasil memenangkan gelar di turnamen bulutangkis tertua.

Usai pertandingan final All England 2004, Peter Gade yang diwawancara pasca-pertandingan menggunakan julukan Super Dan yang akhirnya julukan itu melekat di Lin Dan bahkan hingga legenda bulutangkis China pensiun pada Juli 2020 lalu.

Lee Chong WeiChinaLin DanTaufik HidayatDenmarkPeter GadeBulutangkisBerita OlahragaBerita SportBerita Bulutangkis

Berita Terkini