x

Tim Piala Davis Indonesia Terancam Gagal Bertanding di Kandang, Kenapa?

Sabtu, 15 Januari 2022 18:57 WIB
Penulis: Miranti | Editor:
Karena aturan karantina covid-19 yang dinilai memberatkan, Indonesia terancam gagal menjadi tuan rumah Grup II Piala Davis 2022 menghadapi Venezuela.

INDOSPORT.COM – Karena aturan karantina covid-19 yang dinilai memberatkan, Indonesia terancam gagal menjadi tuan rumah Grup II Piala Davis 2022 menghadapi Venezuela.

Komite Piala Davis 2022 beranggapan bahwa Indonesia menetapkan aturan karantina untuk perjalanan dari luar negeri yang sangat memberatkan.

“Kami masih ada lima hari untuk mengupayakan. Isu tetap di jangka waktu karantina,” ucap Sekjen Persatuan Tenis Seluurh Indonesia (PP Pelti), Lani Sardadi, sebagaimana melansir laman Antara.

Surat yang diterima oleh Lni Sardadi dari Direktor Operasional Acara Utama Piala Davis, Justine Albert, tersebut menekankan aturan karantina 7-10 hari.

Baca Juga
Baca Juga

“Mengingat bahwa kita sekarang tujuh minggu dari pertandingan, panitia merasa tidak bisa menunggu lebih lama lagi untuk mengambil keputusan Sebab, para pemain perlu merencanakan jadwal mereka,” bunyi surat tersebut.

“Dan jika pertandingan tidak dapat berlangsung di Indonesia, diperlukan waktu untuk perencanaan operasional,” selengkapnya bunyi surat dari Komite Piala Davis 2022.

Berdasarkan peraturan 28.2.5.1, Indonesia dapat memilih untuk bermain di tempat netral. Komite Piala Davis memberikan batas waktu bagi Indonesia hingga 19 Januari 2022 untuk mengambil keputusan.

Baca Juga
Baca Juga

Selanjutnya, keputusan soal penetapan tuan rumah tersebut nantinya bakal diserahkan kepada Federasi Tenis Internasional (ITF).

“Jika permohonan untuk bermain di tempat netral diterima, Indonesia akan dianggap sebagai negara asal untuk tujuan pelaksanaan dan pengaturan keuangan pertandingan,” lanjut surat tersebut.

Dengan itu, menandakan bahwa saat kedua negara bertemu lagi di Piala Davis, maka pilihan tempat pertandingan berada di tangan Venezuela.


1. Laga Hidup Mati Indonesia vs Venezuela di Piala Davis 2022

Indonesia dan Venezuela dijadwalkan untuk menjalagi laga hidup mati di pertandingan play-off Grup Dunia II Piala Davis 2022 pada 4-5 Maret 2022.

Sebagaimana diketahui, Indonesia dan Venezuela dijadwalkan untuk menjalagi laga hidup mati di pertandingan play-off Grup Dunia II Piala Davis 2022  pada 4-5 Maret 2022.

Laga tersebut sedianya direncanakan berlangsung di Stadion Tenis Gelora Bung Karno Jakarta. Siapa pun yang menang, akan bertahan di World Group II.

Sebaliknya, jika kalah, maka tim tersebut akan terdegradasi ke Grup III Piala Davis.
Tim tenis Indonesia harus melakoni pertandingan play-off setelah kalah 1-3 dari Barbados pada 18-19 September 2021.

Sementara Venezuela harus melakoni pertandingan penentu setelah kalah 0-4 dari Afrika Selatan di Forest Hills Stadium, New York, Amerika Serikat pada 18-19 September 2021.

Melansir laman resmi Davis Cup, saat ini Indonesia menempati peringkat 65 dunia. Sedangkan Venezuela menempati peringkat 57 dunia.

Berdasarkan kondisi tersebut, ranking tidak menjadi jaminan tentang siapa yang akan berpeluang menang atau terdegradasi ke Piala Davis 2022 Grup III.
 

Piala DavisInternational Tennis Federation (ITF)PP PeltiBerita Tenis

Berita Terkini