x

Pelatih Tak Pasang Target untuk Apriyani/Fadia, Yang Penting Tembus Olimpiade Paris 2024

Kamis, 3 Maret 2022 18:16 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor:
Pelatih ganda putri, Eng Hian atau Didi tidak menaruh target besar kepada pasangan anyar PBSI, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

INDOSPORT.COM - Pelatih ganda putri, Eng Hian atau Didi tidak menaruh target besar kepada pasangan anyar PBSI, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti. 

Apriyani Rahayu kini ditandemkan dengan Siti Fadia Silva Ramadhanti di turnamen-turnamen BWF, mengingat adanya rencana Greysia Polii untuk pensiun. 

Baca Juga
Baca Juga

Sejauh ini, Eng Hian menilai pola bermain dan komunikasi antara Apriyani Rahayu dengan Siti Fadia Silva Ramadhanti sama sekali tidak menunjukkan kendala. 

Kendati demikian, pelatih mengatakan, kecocokan mereka dan solid atau tidaknya baru bisa dilihat saat Apriyani/Fadia diturunkan ke pertandingan. 

Baca Juga
Baca Juga

"Kalau melihat di latihan, secara pola main, komunikasi, dan lain sebagainya tidak ada masalah. Tapi baru benar-benar bisa dinilai nanti saat pertandingan kompetitif," tutur Didi sebagaimana dikutip dari rilis PBSI. 

Setidaknya untuk lima sampai enam bulan ke depan, Eng Hian dan PBSI tidak mematok target harus finish di babak apa dalam turnamen-turnamen BWF. 


1. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti Diproyeksikan Tampil di Olimpiade Paris 2024

Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Eng Hian akan fokus pada peningkatan dan penilaian performa karena Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti diproyeksikan tampil pada Olimpiade Paris 2024. 

"Dalam 5-6 bulan ini saya tidak mematok target babak untuk Apri/Fadia. Tetapi saya fokus pada peningkatan dan penilaian performa," ujar Eng Hian.

Baca Juga
Baca Juga

"Tapi karena mereka diproyeksikan tampil di Olimpiade Paris 2024, saya berharap mereka bisa mendulang poin ranking sebanyak-banyaknya," pungkas pelatih yang mengantar Greysia/Apriyani merebut medali emas Olimpiade Tokyo 2020. 

Siti Fadia Silva Ramadhanti merupakan pebulutangkis asal Cibinong yang bergabung dengan PB Djarum pada 2014. Fadia tercatat sukses mengantongi medali perak Kejuaraan Dunia Junior 2018 di bawah naungan PBSI.


2. Debut Apriyani/Fadia Tertunda

Kini dipasangkan dengan Apriyani Rahayu, Siti Fadia sebelumnya jadi tandem Ribka Sugiarto

Setelah prestasi itu, Fadia tembus ke skuat senior PBSI dan ditandemkan dengan Ribka Sugiarto untuk fokus di sektor ganda putri pelatnas.

Duet Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto telah berhasil menyabet gelar seperti di Indonesia Masters 2019.  Saat ini mereka pun menempati ranking 27 dunia ganda putri.

Dengan kondisi yang ada, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto kerap menjadi pelapis bagi seniornya, Greysia Polii/Apriyani Rahayu. 

Baca Juga
Baca Juga

Sementara Siti Fadia Silva Ramadhanti menjadi tandem Apriyani Rahayu, Ribka Sugiarto kini dipasangkan dengan Febby Valencia. 

Debut Apriyani/Fadia tentu sudah ditunggu banyak pihak. Sayang keduanya batal tampil di German Open 2022 karena Apriyani Rahayu menderita cedera betis kanan. 

OlimpiadeEng HianBulutangkisBerita BulutangkisApriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti

Berita Terkini