x

Beda Reputasi Wakil Indonesia vs Lawannya di Final Korea Open, bak Langit dan Bumi?

Minggu, 10 April 2022 09:18 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie di Korea Open 2022. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Jadwal final Korea Open 2022 bergulir hari ini, Minggu (10/04/22) pagi WIB, di mana Jonatan Chrstie dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berjumpa lawan nonunggulan.

Dimulai pada pukul 11.00 waktu setempat atau 09.00 WIB, partai puncak turnamen BWF World Tour Super 500 tersebut menyajikan lima laga menarik termasuk dua wakil dari Indonesia.

Baca Juga

Menurut order of play, laga pertama dimulai dari sektor ganda putri, menampilkan wakil tuan rumah yakni Ko Sung-hyun/Eom Hye-won, melawan pasangan Malaysia, Tian Kian Meng/Lai Peijing.

Setelahnya disusul tunggal putri antara pebulutangkis Thailand, Pornpawee Chochuwong, berhadapan dengan wakil tuan rumah lainnya, Ahn Se-young.

Jonatan Christie sendiri dijadwalkan bersua Weng Hong Yang (China), disambung laga ganda campuran antara Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard (Thailand) vs Jeong Na-eun/Kim Hye-jeong (Korsel).

Baca Juga

Kemudian, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bakal menutup jadwal final Korea Open 2022 hari ini dengan laga pamungkas melawan pasangan Korsel, Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae.

Dari daftar kontestan yang bertanding di final, Jonatan Christie dan Fajar/Rian adalah dua dari sekian unggulan di turnamen ini.

Namun uniknya, para calon lawan mereka yakni Weng Hong Yang dan Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae adalah kuda hitam yang tidak difavoritkan jadi juara.

Baca Juga

Dari segi ranking saja, wakil China dan Korea Selatan tersebut berada jauh di bawah Jojo dan juga Fajar/Rian.

Meski begitu, Indonesia tentu tidak boleh memandang sebelah mata para calon lawannnya ini, karena apa pun bisa terjadi dalam olahraga.


1. Jonatan Christie vs Weng Hong Yang

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie di Korea Open 2022. Foto: PBSI.

Lawan Jonatan Christie di final Korea Open 2022 adalah tunggal putra China, Weng Hong Yang, yang saat ini berperingkat 156 dunia.

Selain ranking yang berada di bawah, nama Weng Hong Yang bisa dibilang tidak terlalu familier di telinga para pencinta olahraga bulutangkis.

Baca Juga

Korea Open 2022 merupakan turnamen pertamanya pada 2022 sekaligus BWF World Tour Super 500 pertamanya sepanjang karier.

Selain itu, pebulutangkis berusia 22 tahun ini pun tidak banyak berpartisipasi dalam turnamen. Bahkan pada 2021 saja, ia hanya tampil di dua pertandingan Piala Thomas di Aarhaus, Denmark.

Sebelum Korea Open 2022, laga terakhirnya di BWF World Tour terjadi pada 2019 lalu saat berlaga di US Open di Fullerton, Amerika Serikat.

Baca Juga

Tidak jauh-jauh, kala itu ia hanya berhasil melangkahkan kaki di putaran 16 besar fase kualifikasi, usai ditekuk pebulutangkis Turki, Emre Lale.

Tidak banyak yang bisa Jonatan Christie pelajari dari calon lawannya di final Korea Open 2022 ini. Dengan kata lain, Jojo pun memelajari gaya permainan Weng Hong Yang, yang mungkin masih sulit dibaca.

Meski begitu, bukan berarti Weng Hong Yang tidak punya faktor ancaman apa pun yang bisa ia tawarkan hari ini.

Baca Juga

Bagaimanapun juga, ia punya cukup pengalaman bermain di sejumlah turnamen bulutangkis di level Super 100 dan international challenge.

Dan yang paling penting, dengan seluruh track record kurang mentereng yang ia miliki tersebut, sukses menginjakkan kaki di final Korea Open 2022 adalah hal yang mengejutkan bagi Weng Hong Yang.


2. Fajar/Rian Lawan Penghancur The Daddies

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto, di Korea Open 2022. Foto: PBSI.

Sementara itu, pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berjumpa wakil tuan rumah Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae.

Tidak berbeda jauh dari Jonatan Christie vs Weng Hong Yang, duel ini juga menyajikan pertemuan dua lawan berbeda reputasi.

Baca Juga

Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae sendiri saat ini berada di peringkat 225 dunia. Hanya saja, mereka masih punya nama yang cukup dikenal publik dibandingkan Weng Hong Yang.

Sempat bermain dengan pasangan berbeda, Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae kini mulai menunjukkan penampilan konsisten hingga berhasil menginjakkan kaki di final Korea Open 2022.

Selain itu, salah satu poin yang membuat pasangan ini bisa jadi kuda hitam bagi Fajar/Rian adalah keberhasilan mereka menumpas unggulan kedua, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di semifinal.

Baca Juga

Di laga kemarin, Kang/Seo mendepak The Daddies dari Korea Open 2022 lewat tiga set dengan skor 21-16, 17-21, dan 21-9.

Jadwal Final Korea Open 2022

Sebagai informasi, berikut jadwal final Korea Open 2022 yang menghadirkan dua wakil Indonesia, Jonatan Christie di sektor tunggal putra dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di ganda putra.

Ko Sung-hyun [4]/Eom Hye-won (Korea Selatan) vs Tan Kian Meng [2]/LAI Pei Jing (Malaysia)

Baca Juga

Pornpawee Chochuwong [6] (Thailand) vs An Se-young [2] (Korea Selatan)

Weng Hong Yang (China) vs Jonatan Christie (Indonesia)

Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard (Thailand) vs Jeong Na-eun [2]/Kim Hye-jeong (Korea Selatan)

Fajar Alfian [4]/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia) vs Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae (Korea Selatan)

Jonatan ChristieFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBulutangkisBerita BulutangkisKorea Open 2022

Berita Terkini