x

Bukan Pelatih, Ini Sebenarnya Pekerjaan Impian Lee Chong Wei Setelah Pensiun

Minggu, 10 April 2022 06:29 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Bukan Pelatih, Ini Sebenarnya Pekerjaan Impian Lee Chong Wei Setelah Pensiun

INDOSPORT.COM - Mantan atlet bulutangkis nomor satu dunia, Lee Chong Wei ternyata menyimpan impian untuk menekuni profesi tertentu setelah dirinya gantung raket.

Sebagaimana diketahui, Lee Chong Wei memutuskan untuk pensiun pada 13 Juni 2019 lalu. Setelah itu dirinya lebih banyak menghabiskan waktu bersama istri dan kedua anaknya.

Baca Juga

Belakangan, mencuat kabar bahwa Chong Wei mendapat tawaran untuk menjadi pelatih di Singapura. Kebetulan saat ini Asosiasi Bulutangkis Singapura (SBA) membutuhkan sosok pelatih anyar setelah ditinggalkan oleh mantan pelatih Taufik Hidayat asal Indonesia, Mulyo Handoyo.

Meski demikian, Lee Chong Wei enjelaskan bahwa dia tidak memiliki niat untuk pindah ke luar negeri, apalagi merambah ke dunia pelatihan.

Baca Juga

"Saya mengetahui laporan yang keluar dari Singapura. Tapi itu jelas bukan saya, bahkan media Singapura ingin ikut-ikutan," ujar Chong Wei dilansir dari New Straits Times.

"Saya rasa saya belum siap untuk menjadi pelatih. Yang terpenting, saya tidak mungkin bekerja di luar negeri. Kedua anak saya masih kecil, saya ingin melihat mereka tumbuh dewasa."

"Keluarga saya tetap yang terbaik. prioritas, saya ingin mencurahkan semua waktu berharga saya untuk mereka," sambungnya lagi.

Baca Juga

Daripada menjadi pelatih, Lee Chong Wei mengaku ada satu profesi yang menjadi impiannya saat ini. Profesi yang dimaksud adalah konsultan bulutangkis, dengan demikian Chong Wei bisa memberi banyak masukan untuk para atlet Malaysia.

"Saya telah mendapatkan tawaran untuk melatih sesekali sejak saya pensiun (Juni 2019), bukan hanya baru-baru ini. Tapi saya tidak pernah berkomitmen untuk itu," kata Lee Chong Wei.

"Sejujurnya, saya tidak tahu saya cukup baik untuk melatih. Tetapi jika itu adalah peran konsultan, maka itu adalah sesuatu yang mungkin saya setujui," sambungnya lagi.


1. Pengakuan Lee Chong Wei

Pebulutangkis asal Malaysia Lee Zii Jia dan Lee chong Wei.

Secara naluri, Lee Chong Wei suka memberi petuah kepada para junironya di Malaysia. Itu sebabnya Chong Wei berharap bisa mewujudkan impian untuk menjadi konsultan bulutangkis.

Baca Juga

"Sebenarnya saya senang memberikan saran dan wawasan kepada para pemain. (Pemain peringkat 4) Chou Tien Chen, yang merupakan teman baik saya misalnya, sering meminta pendapat saya tentang permainannya."

Lee Chong Wei juga mengaku belum percaya diri jika harus ditunjuk sebagai pelatih. Terlebih saat ini Asosiasi Bulutangkis malaysia sudah punya jajaran pelatih hebat di dalamnya.

Baca Juga

"Untuk BAM, tentu sangat tersanjung mengetahui bahwa pintu selalu terbuka untuk saya. Tapi saat ini, saya rasa saya tidak cocok dengan struktur karena mereka sudah memiliki tiga pelatih bagus, (Wong) Choong Hann, Hendrawan dan (Tey) ??Seu Bock untuk menangani tunggal putra."

"Tapi yakinlah bahwa jika saya kembali, pilihan pertama saya adalah bersama tim nasional," pungkasnya.


2. Prestasi Lee Chong Wei

Peter Gade dan Lee Chong Wei

Lee Chong Wei merupakan mantan atlet bulutangkis yang punya segudang prestasi. Berdasarkan data yang dimiliki oleh BWF, Chong Wei pernah lolos ke babak final Olimpiade dan Kejuaraan Dunia sebanyak tujuh kali.

Tak hanya itu, catatannya di Kejuaraan All England sangat mengesankan, di mana ia mampu membuat enam final dari tujuh laga yang diikutinya. Koleksinya di ajang World Superseries juga mencengangkan, yakni menyabet 47 gelar yang membuatnya dijuluki ‘Si Raja Superseries’.

Baca Selengkapnya Kandas Lagi di Korea Open, Honey Couple Malaysia ‘Hibur Diri’ sambil Pamer Perut Sixpact

Lee Chong WeiBulutangkisAsosiasi Bulutangkis Singapura (SBA)

Berita Terkini