x

Libur Lebaran Jadi Kunci PBSI Tentukan Kapasitas Penonton Indonesia Open dan Indonesia Masters 2022

Selasa, 26 April 2022 11:52 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Subhan Wirawan
Menyambut perhelatan Indonesia Masters 2022 dan Indonesia Open 2022 di Istora, PBSI ungkap bahwa libur lebaran akan jadi kunci tentukan kapasitas penonton.

INDOSPORT.COM – Menyambut perhelatan Indonesia Masters 2022 dan Indonesia Open 2022 di Istora, PBSI ungkap bahwa libur lebaran akan jadi kunci tentukan kapasitas penonton.

Sebagaimana diketahui, Istora Senayan menjadi salah icon venue penyelenggaraan bulutangkis dengan magis dan euphoria tersendiri.

Baca Juga

Tetapi, pada event Indonesia Badminton Festival 2021 lalu, venue bulutangkis dipindahkan ke Bali International Convention Center dengan kebijakan tanpa penonton.

Selain mempromosikan pariwisata Indonesia, salah satu pertimbangan lainnya waktu itu karena virus Covid-19 yang masih tinggi di Jakarta.

Kini, memasuki kalender BWF pada 2022, telah dipastikan bahwa ajang Indonesia Masters 2022 dan Indonesia Open 2022 akan kembali diadakan dengan penonton di Istora Senayan, Jakarta.

Baca Juga

Indonesia Masters 2022 akan diadakan pada 7-12 Juni 2022, sedangkan Indonesia Open 2022 akan digelar pada 14-19 Juni 2022.

Hanya saja, berapa jumlah kapasitas penonton untuk kedua event besar bulutangkis tersebut, PBSI selaku federasi bulutangkis Indonesia, masih menyiapkan langkah hati-hati.

Terlebih, pandemi Covid-19, masih mengancam dunia hingga saat ini.  Dilansir dari Antara, menurut Ketua Umum PP PBSI, Agung Firman Sampurna, kapasitas penonton, akan ditentukan pasca lebaran.

Baca Juga

Menurut  Agung Firman Sampurna, arus mudik dan balik Lebaran  diprediksi akan berdampak pada perkembangan pandemi di dalam negeri.

Oleh karenanya aspek ini akan menjadi landasan untuk memutuskan jumlah penonton yang dibolehkan hadir di Indonesia Masters 2022 dan Indonesia Open 2022.


1. Pernyataan PBSI

Ketua Umum PP PBSI, Agung Firman Sampurna, membeberkan skenario untuk menentukan kapasitas penonton Indonesia Masters 2022 dan Indonesia Open 2022.

Lebih lanjut, Agung Firman Sampurna, mengatakan bahwa pihak PBSI telah menyiapkan beberapa skenario lain terkait penentuan jumlah kapasitas penonton Indonesia Masters dan Indonesia Open 2022.

"Ada beberapa skenario seperti 50 persen, 70 persen (jumlah penonton). Harapannya saat Idul Fitri protokol kesehatan tetap dijaga,” ucap Agung Firman Sampurna melansir Antara.

Baca Juga

“Nanti akan kami evaluasi lagi nanti setelah itu. Kita berharap setelah Lebaran tidak terjadi peningkatan dan pandemi ini akan turun," sambung  Agung Firman Sampurna.

Ketua umum PBSI periode 2022-2024 itu juga berharap bahwa pasca masa liburan Lebaran, tidak akan terjadi lonjakan kasus positif yang sangat kontras.

Jadi, panitia turnamen bisa memberikan porsi penonton yang lebih besar untuk menikmati kedua turnamen bulutangkis level Super 750 dan Super 1000 tersebut.

Baca Juga

"Apabila itu bisa betul-betul turun dan terus membaik (angka covid), kami berharap bisa 50 persen untuk Indonesia Open dan Indonesia Masters bisa 70 persen.”

“Karena kami ingin cari kemeriahannya, ingin suasana emosionalnya terbangun kembali (di Istora Senayan)," pungkas  Agung Firman Sampurna.

Berkaca dengan kesuksesan Indonesia menjadi tuan rumah 3 turnamen bulutangkis di Bali pada 2021 lalu, PBSI juga optimis untuk kembali menyelenggarakan event yang sama pada 2022.

Baca Juga

Bahkan dengan hadirnya penonton yang selama ini telah menjadi magnet tersendiri bagi para pebulutangkis dunia untuk berkompetisi di Indonesia.

Tak hanya sukses sebagai penyelenggara, Indonesia juga sukses secara prestasi. 1 gelar Indonesia Open 2021 dipersembahkan oleh Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Sedangkan di ajang Indonesia Masters 2021, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon harus puas sebagai runner up usai ditaklukkan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.


2. Disambut Antusias Penonton

Penonton sambut antusias Indonesia Masters 2022 dan Indonesia Open 2022.

Rencana PBSI dan BWF untuk memindahkan venue Indonesia Masters 2022 dan Indonesia Open 2022, juga disambut antusias oleh penonton Indonesia.

Hal itu dapat dilihat dari rentetan komentar antusias penonton di twitter @BadmintonTalk yang diunggah pada Selasa (8/2/22).

“Pengen nonton tapi ga ada temennya,” komentar @luffsicx

“Gue pertama kali nonton BIO (Badminton Indonesia Open 2019) aja sendirian. Seru tau, ga semenakutkan yg gue bayangkan. Lebih flexible juga mau kemana-mananya,” komentar @isana

“Siap-siap pukul balon tepuk dan suara klean di istora! Aaaa kangennnn euphoria di sanaaa,” komentar @txtbulutangkis

Baca selengkapnya: Boleh dengan Penonton, Istora Senayan Jadi Venue Indonesia Masters dan Indonesia Open 2022

PBSIIndonesia MastersIndonesia OpenIstora SenayanBulutangkisBerita BulutangkisAgung Firman Sampurna

Berita Terkini