x

Piala Thomas: Kevin/Bagas Menang Mudah di Laga Debut, Herry IP Malah Pelit Nilai

Selasa, 10 Mei 2022 06:01 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Pelatih Herry IP hanya memberi nilai 65 untuk Kevin Sanjaya/Bagas Maulana kendati mengalahkan Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul di debut Piala Thomas.

INDOSPORT.COM – Pelatih Herry IP hanya memberi nilai 65 untuk Kevin Sanjaya/Bagas Maulana kendati mengalahkan Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul di debut Piala Thomas.

Usai mengalahkan Singapura 4-1 di laga pertama, tim bulutangkis putra Indonesia menjalani laga kedua Piala Thomas dengan menghadapi Thailand, Senin (09/05/22) malam WIB.

Baca Juga

Indonesia sendiri mengawali laga melawan Thailand dengan tak terlalu baik. Pasalnya, Anthony Ginting yang jadi tunggal pertama dikalahkan Kunlavut Vitidsarn 12-21 21-15 9-21.

Namun, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan sukses mengalahkan Chaloempon Charoenkitamorn/Nanthakarn Yordphaisong dengan rubber game untuk menyamakan skor menjadi 1-1.

Indonesia pun akhirnya berbalik unggul 2-1 usai Jonatan Christie mengalahkan Kantaphon Wangcharoen dengan 22-20 21-16.

Baca Juga

Sorotan pun kemudian tertuju ke laga keempat. Pasalnya, Indonesia membuat kejutan dengan menurunkan ganda baru yakni Kevin Sanjaya/Bagas Maulana.

Pasangan dadakan ini pun berpeluang meloloskan Indonesia ke perempat final jika bisa mengalahkan ganda kedua Thailand, Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul.

Di set pertama, Kevin/Bagas beberapa kali terlihat kurang padu. Namun, mereka berhasil menutup set pertama dengan kemenangan ketat 24-22.

Baca Juga

Situasi berbeda terjadi di set kedua, di mana Kevin Sanjaya/Bagas Maulana mulai nyetel dan mampu mendominasi permainan.

Kevin/Bagas pun pada akhirnya mengakhiri set kedua dengan kemenangan telak 21-11 dan menutup laga dalam waktu 33 menit. Indonesia menang 3-1 atas Thailand dan dipastikan lolos ke perempat final Piala Thomas 2022.


1. Cuma Lumayan

Aksi Kevin Sanjaya saat melawan ganda India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty di Olimpiade Tokyo 2020.

Hasil ini pun membuat debut pasangan ganda putra dadakan Kevin Sanjaya/Bagas Maulana berakhir dengan kemenangan.

Meski demikian, hasil ini tidak membuat pelatih ganda putra Herry IP puas. Ia bahkan menilai penampilan Kevin/Bagas sekadar lumayan.

Baca Juga

Lebih lanjut, Herry IP yang dijuluki Coach Naga Api itu menilai keduanya lumayan memiliki kecocokan, meski belum baik benar.

Tak berhenti di situ, Herry IP pun tak memberi nilai tinggi untuk penampilan perdana Kevin Sanjaya/Bagas Maulana sebagai pasangan.

"Mungkin kalau dikasih angka, baru 65. Ini karena Kevin tampil pertama kali dan baru beradaptasi dengan pertandingan,” ungkap Herry IP seperti dilansir laman Djarum Badminton.

Baca Juga

“Apalagi posisi pasangan kita di tempat kalah angin, sehingga serangan-serangannya belum optimal," lanjut pelatih bertangan dingin itu.

Kevin/Bagas memang sempat kesulitan di babak pertama karena kalah angin. Namun, saat bertukar lapangan di set kedua dan menang angin, penampilan mereka pun membaik dan bisa menang lebih  mudah.

"Banyak sekali Bagas bisa melakukan smes yang tidak tertangkis lawan. Kevin pun di depan bisa efektif," jelas Herry.

Baca Juga

Kevin Sanjaya sendiri memang terpaksa berpisah sementara dengan Marcus Gideon di Piala Thomas 2022 ini. Pasalnya, Marcus absen karena tengah dalam pemulihan pasca cedera.

Sementara itu, pasangan tetap Bagas yakni Muhammad Shohibul Fikri masuk dalam tim Piala Thomas, tapi Herry IP memilih menjajal pasangan baru dengan menduetkan Bagas dengan Kevin.


2. Hasil Piala Thomas Indonesia vs Thailand

Tim Indonesia menjajal lapangan Impact Arena jelang Piala Thomas dan Uber 2022.

Anthony Sinisuka Ginting vs Kunlavut Vitidsarn 12-21 21-15 9-21

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Chaloempon Charoenkitamorn/Nanthakarn Yordphaisong 21-12 26-28 21-11

Jonatan Christie vs Kantaphon Wangcharoen 22-20 21-16

Kevin Sanjaya/Bagas Maulana vs Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul 24-22 21-11

Shesar Hiren Rhustavito vs Sitthikom Thammasin 21-19 21-14

Piala ThomasKevin SanjayaHerry IPBagas MaulanaBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini