x

Rival Baru Indonesia, 3 Pebulutangkis India yang Bisa Rajai BWF Usai Juara Piala Thomas

Senin, 16 Mei 2022 21:52 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Melihat tiga pebulutangkis India yang berpotensi bersinar dan rajai panggung BWF usai menjuarai Piala Thomas 2022. Rival Indonesia bertambah!

INDOSPORT.COM – Melihat tiga pebulutangkis India yang berpotensi bersinar dan rajai panggung BWF usai menjuarai Piala Thomas 2022. Calon rival Indonesia di dunia bulutangkis kini kian bertambah!

Timnas India berhasil membuat kejutan dalam gelaran bulutangkis Piala Thomas 2022, di mana skuat Monsoon Warriors tersebut sukses menjadi juara untuk pertama kali dalam sejarah.

Baca Juga

Tergabung dalam Grup C bersama Taiwan, Jerman serta Kanada, skuat India melaju mulus ke babak perempat final dengan status runner up.

Sepanjang babak penyisihan grup, Timnas India hanya kalah sekali yakni saat menghadapi Taiwan dengan skor tipis 3-2.

Di babak perempat final, kejutan India kembali berlanjut dengan mengalahkan salah satu tim kuat serta calon kuat juara, Malaysia yang merupakan peraih lima gelar trofi Piala Thomas.

Baca Juga

Dalam pertandingan yang berlangsung Impact Arena, Thailand, skuat India menang tipis atas Malaysia dengan skor 3-2.

Pada babak semifinal Piala Thomas 2022, India kembali tidak diunggulkan untuk menang lantaran harus menghadapi lawan yang cukup berat yakni Denmark.

Namun seperti laga sebelumnya, India sukses buat kejutan dengan mengalahkan sang juara tahun 2016 silam dengan skor 2-3.

Baca Juga

Akhirnya, puncak keajaiban India terjadi pada babak final Piala Thomas 2022 yang berlangsung hari Minggu (15/05/22) kemarin.

Menghadapi Indonesia, sang juara bertahan serta pemilik gelar Piala Thomas terbanyak, Srikanth Kidambi dan kolega berhasil menang bahkan dengan skor telak 3-0 atas skuat Merah-Putih.

Bagi India, ini merupakan pencapain terbaik mereka sepanjang partisipasi di Piala Thomas. Pada gelaran sebelumnya, India hanya bisa melangkah ke babak perempat final bahkan tak jarang jadi juru kunci klasemen penyisihan grup.

Usai menjadi juara, tak heran jika para skuat India di Piala Thomas 2022 kini mulai diperbincangkan dan diprediksi bakal bisa bersinar dalam beberapa turnamen BWF kedepannya.

Lantas siapa sajakah atlet bulutangkis potensial India yang diperkirakan bakal bersinar tersebut? Berikut INDOSPORT coba merangkum:


1. Lakshya Sen

Pebulutangkis India yang sempat buat ketar-ketir Indonesia di Badminton Asia Team Championships 2020

Nama pertama adalah Lakshya Sen. Meski masih berusia 20 tahun, namun potensi tunggal putra India ini mampu menyulitkan wakil Indonesia di babak final Piala Thomas 2022 kemarin.

Menghadapi Anthony Sinisuka Ginting, pebulutangkis kelahiran Almora tersebut sukses comeback dan meraih kemenangan di rubber game dengan skor 21-8, 17-21 serta 16-21.

Baca Juga

Sepanjang gelaran Piala Thomas 2022, sejatinya kemampuan Lakshya Sen biasa-biasa saja bahkan kerap kalah di babak penyisihan grup.

Namun jika melihat trek rekor bertandingnya, Lakshya Sen terbilang punya kemampuan lantaran sempat mengalahkan sejumlah unggulan dunia seperti Viktor Axelsen, Anders Antonsen hingga Kento Momota.

Sementara untuk urusan gelar juara, Lakshya Sen pernah memenangi sejumlah turnamen BWF World Tour mulai dari Dutch Open, SaarLorLux Open hingga India Open.

Baca Juga

Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty
Berikutnya ada pasangan ganda putra Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty. Sepanjang gelaran Piala Thomas 2022, ganda putra peringkat 7 BWF ini kerap jadi pahlawan penyama kedudukan India.

Bahkan jika dilihat dari babak penyisihan grup Piala Thomas 2022, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty hanya sekali menelan kekalahan yakni saat menghadapi Lee Yang/Wang Chi-lin dari China Taipei.

Semenatar di babak knock out, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty tampil tak terkalahkan termasuk saat menghadapi Kim Astrup/Mathias Christiansen di semifinal serta Mohammad Ahsan / Kevin Sanjaya Sukamuljo di final.

Baca Juga

Sama seperti Lakshya Sen, ganda putra India ini juga pernah memenangkan sejumlah turnamen BWF World Tour, namun kejutan yang paling menarik adalah saat Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty mengalahkan mantan peringkat satu BWF asal China, Li Junhui/Liu Yuchen di final Thailand Open 2019.


2. Srikanth Kidambi

Pemain tunggal putra India, Kidambi srikanth.

Terakhir ada Srikanth Kidambi. Memang usia tunggal putra India ini sudah menyentuh angka 29 tahun, namun bak kata pepatah makin tua makin jadi, pengalaman Srikanth Kidambi sukses membantu negaranya menjuarai Piala Thomas 2022.

Serupa dengan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, kiprah Srikanth Kidambi di Piala Thomas 2022 juga mencuri perhatian lantaran tak pernah kalah sejak babak knock out.

Baca Juga

Padahal lawan yang dihadapi memiliki perbedaan usia sangat jauh, mulai dari Anders Antonsen (25 tahun) hingga Jonatan Christie (24 tahun).

Dengan pengalamannya yang malang melintang di ajang BWF, ditambah dengan motivasi usai menjuarai Piala Thomas 2022, tampaknya Srikanth Kidambi bakal jadi salah satu pesaing di urutan teratas ranking BWF beberapa tahun kedepan.

Piala ThomasBWFIndiaTRIVIABulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini