x

Sama Kuat, Head to Head Fajar/Rian vs Hoki/Kobayashi di Final Malaysia Open 2022

Minggu, 3 Juli 2022 13:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, akan melawan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi di final Malaysia Open 2022. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil melaju ke final Malaysia Open 2022.

Tiket ke partai puncak ini dipastikan keduanya usai mengalahkan wakil tuan rumah, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin, 21-14, 21-12.

Baca Juga

“Alhamdulillah bersyukur karena ini pertandingan tidak mudah melawan tuan rumah dengan dukungan penonton yang begitu banyak,”ucap Fajar Alfian dalam rilis resmi PBSI.

“Walau rekor pertemuan kami menang, kalau sudah di lapangan saya rasa tidak ada pengaruhnya, seperti 0-0 lagi," sambungnya.

Sepanjang permainan, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin memang banyak melakukan kesalahan sendiri yang membuat membuat Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto unggul.

Baca Juga

Resep sukses pun dibagikan pasangan ganda putra Indonesia ini setelah berhasil melangkahkan kaki ke final Malaysia Open 2022.

“Hari ini kami berusaha mengendalikan permainan depan karena kalau sudah pegang bola depannya, akan sangat enak untuk menyerang,” kata Fajar Alfian.

“Di gim pertama dan kedua, terlihat sekali lawan tidak bisa keluar dari tekanan,” lanjutnya lagi.

Baca Juga

Dengan hasil ini, Fajar/Rian makin dekat menuju merengkuh gelar perdananya di ajang BWF World Tour Super 750.

Akan tetapi, langkah mereka untuk sampai di sana masih bisa dijegal oleh ganda putra Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.


1. Head to Head Fajar/Rian Melawan Hoki/Kobayashi

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, akan melawan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi di final Malaysia Open 2022. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Sebagai informasi, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi juga melaju ke final ganda putra Malaysia Open 2022 setelah menumbangkan wakil tuan rumah.

Adalah pasangan Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang mereka taklukkan di putaran empat besar dengan skor akhir 23-21, 21-9.

Baca Juga

Kini bakal berhadapan dengan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, seperti apa head to head mereka dengan wakil Indonesia ini?

Berdasarkan catatan BWF, Fajar/Rian dan Hoki/Kobayashi sejauh ini sudah berjumpa empat kali, dengan catatan sama kuat 2-2.

Baca Juga

Terakhir kali, mereka berjumpa di final Thailand Open yang baru saja digelar pada pertengahan Mei lalu.

Saat itu, Hoki/Kobayashi pun tampil sebagai juara setelah menang dengan sedikit memeras keringat. Pasalnya Fajar/Rian memutuskan mundur ketika pertandingan masih berlangsung sembilan menit.

Keputusan tersebut diambil karena kondisi Fajar Alfian yang cedera. Alhasil, partai final Thailand Open 2022 pun dihentikan setelah Fajar/Rian retired dengan kedudukan 4-13 di gim pertama.

Baca Juga

Hasil ini pun membuat catatan head to head Fajar/Rian atas Hoki/Kobayashi yag semula 2-1 berubah jadi 2-2.

Otomatis, kemenangan di final Malaysia Open 2022 akan jadi ‘ketok palu’ baik bagi Hoki/Kobayashi maupun Fajar/Rian, untuk menentukan siapa yang unggul dari lima kali duel mereka kelak.


2. Catatan Head to Head Lainnya

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, akan melawan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi di final Malaysia Open 2022. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Selanjutnya, jika harus menarik lagi ke belakang, pertemuan dua finalis ganda putra Malaysia Open 2022 juga terjadi di French Open 2021.

Kali ini, mereka berjumpa di perempat final, di mana Fajar/Rian yang tampil sebagai pemenang. Skor 23-21, 21-18 memastikan mereka melaju ke putaran selanjutnya dan berhadapan dengan ganda putra negara sendiri.

Baca Juga

Namun melawan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon di semifinal, Fajar/Rian takluk tiga gim dengan permainan yang sangat ketat, 21-19, 12-21, 26-24.

Mundur lagi, dua pertemuan awal Fajar/Rian dan Hoki/Kobayashi terjadi pada tahun 2019 silam saat mereka berlaga di Thailand Open dan Indonesia Open.

Di Thailand Open 2019, Fajar/Rian dan Hoki/Kobayashi berjumpa awal di putaran pertama. Mudah saja, pasangan Indonesia unggul dua gim langsung atas wakil Jepang, 22-20, 21-19.

Baca Juga

Namun sayang di putaran selanjutnya mereka ditaklukkan pasagan ganda putra India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Beralih ke pertemuan pertama Fajar/Rian dan Hoki/Kobayashi, yakni Indonesia Open 2019, di mana keduanya berjumpa di fase perempat final.

Hoki/Kobayashi pun berhasil menekuk pasangan tuan rumah dengan skor 21-19, 21-12, meski pada akhirnya langkah mereka selanjutnya juga terjegal oleh ganda putra Indonesia lainnya.

Baca Juga

Adalah Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang berhasil membalaskan ‘dendam’ rekan mereka saat berlaga di semifinal melawan Hoki/Kobayashi.

Demikianlah catatan head to head antara ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi jelang duel mereka di final Malaysia Open 2022 hari ini, Minggu (3/7/22).

Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBulutangkisMalaysia OpenTakuro Hoki/Yugo KobayashiBerita BulutangkisMalaysia Open 2022

Berita Terkini