x

Rekor di Luar Nalar! All Indonesian Semifinals Era Rudy Hartono hingga Fajar/Rian

Sabtu, 16 Juli 2022 12:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Rekor di luar nalar! All Indonesian Semifinal era Rudy Hartono hingga Fajar/Rian.

INDOSPORT.COM - Potensi bulutangkis Indonesia seolah tak ada habisnya. Kali ini, Merah Putih mencetak rekor all Indonesian semifinal ganda putra Singapore Open 2022.

Empat wakil Indonesia menguasai empat slot semifinal Singapore Open 2022, mulai dari Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan kontra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Baca Juga

Kemudian, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan menghadapi ganda putra profesional, Sabar Karyaman Gutama/Moh. Reza Pahlevi Isfahani, Sabtu (16/07/22) sore.

Rekor ini adalah yang pertama di dunia, peserta dari satu negara sama-sama bermain di semifinal ganda putra.

Padahal, Indonesia belum menurunkan seluruh pemain ganda putra. Masih ada Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang absen karena pemulihan.

Baca Juga

Belum lagi pasangan muda, Pramudya Kusumawardana/Yeremia EYY Rambitan yang absen karena Yeremia mengalami cedera ACL saat Indonesia Masters lalu.

Bahkan, satu lagi wakil Indonesia, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri harus tersingkir di Singapore Open 2022, karena menghadapi sesama pemain asal Indonesia.

Komentator bulutangkis ternama, Gillian Clark alias Oma Gill pun terpukau dengan rekor yang baru dicatatkan tim Indonesia.

Baca Juga

"Ini pertama kali dalam sejarah Super Series/World Tour, empat semifinal ganda putra berasal dari satu negara yang sama," ungkap Oma Gill melalui Twitter-nya.

"Pernah di sektor lain, tapi belum pernah di ganda putra. Ini adalah kali pertama dalam turnamen ke-227 Super Series/World Tour."


1. Kejayaan Bulutangkis Indonesia era 80-an

Legenda bulutangkis Indonesia, Rudy Hartono.

Komentator bulutangkis ternama, Gillian Clark alias Oma Gill menyebutkan ada sektor lain yang pernah mengukir sejarah empat semifinalis dari negara yang sama.

Faktanya, rekor itu juga dicatatkan oleh tim Indonesia, tepatnya di sektor tunggal putra.

Baca Juga

Kala itu, Indonesia menjadi tuan rumah World Championship 1980. Indonesia pun berhasil menempatkan empat wakilnya sebagai juara di empat sektor berbeda.

Yang menjadi sorotan, yaitu di sektor tunggal putra. Empat slot semifinal sudah langsung diborong oleh wakil tuan rumah.

Kala itu, Rudy Hartono berhasil menang atas sang rival di lapangan, Hardianto. Menyusul, Lim Swie King juga memenangkan partai semifinal tunggal putra kontra Lius Pongoh.

Baca Juga

Pada babak final, Rudy Hartono akhirnya membekuk Lim Swie King. Ia berhasil naik podium tertinggi World Championship 1980.

Di sektor tunggal putri, tiga dari empat semifinalis juga berasal dari Indonesia. Verawaty Wiharjo jadi juara, disusul Ivana Lie, dan Taty Sumirah di peringkat ketiga.

Sektor ganda putra dimenangkan oleh Ade Chandra/Christian Hadinata, menaklukkan duet Hariamanto Kartono/Rudy Heryanto.

Baca Juga

Sektor ganda campuran juga diamankan oleh Christian Hadinata/Imelda Wiguna.

Hanya di sektor ganda putri, Indonesia mentok di posisi runner-up. Kala itu, duet Verawaty Wiharjo/Imelda Wiguna berhasil digagalkan oleh pasangan asal Inggris.


2. Wakil Indonesia di Semifinal Singapore Open 2022

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di laga Singapore Open 2022. Foto: PBSI

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Supissara Paewsampran/Puttita Supajirakul (Thailand)

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Sabar Karyaman Gutama/Moh. Reza Pahlevi Isfahani vs Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Anthony Sinisuka Ginting vs Loh Kean Yew (Singapura)

Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoLiem Swie KingMohammad Ahsan/Hendra SetiawanRudy HartonoBulutangkisahsan/hendraSingapore OpenLeo Rolly Carnando/Daniel MarthinBerita BulutangkisSabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi IsfahaniBWF World ChampionshipsSingapore Open 2022

Berita Terkini