x

Gagal ke Final Singapore Open Usai Digebuk Anthony Ginting, Loh Kean Yew Sesalkan Ini

Minggu, 17 Juli 2022 08:04 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Tunggal putra tuan rumah, Loh Kean Yew, mengungkapkan penyelesalannya usai gagal menembus final Singapore Open 2022 lantaran kalah dari Anthony Sinisuka Ginting.

INDOSPORT.COM – Tunggal putra tuan rumah, Loh Kean Yew, mengungkapkan penyelesalannya usai gagal menembus final Singapore Open 2022 lantaran kalah dari Anthony Sinisuka Ginting.

Lolos ke semifinal, Loh Kean Yew sejatinya jadi diharapkan jadi pemain tunggal putra tuan rumah pertama yang memenangkan Singapore Open sejak Wee Chon Seng 60 tahun lalu.

Baca Juga

Akan tetapi, ujian berat dirasakan juara dunia 2021 kala menghadapi perlawanan pemain Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting pada laga yang digelar Sabtu (16/07/22) kemarin.

Awalnya, Loh Kean Yew memang berada di atas angin. Bahkan dia mampu menutup interval gim pertama dengan keunggulan 11-7.

Akan tetapi, Loh Kean Yew justru malah terlihat mati kutu dan kesulitan menghadapi serangan ganas Ginting. Terlebih, Ginting kerap mengandalkan permainan net yang menipu.

Baca Juga

Anthony Ginting mulai mendapatkan momentum saat membalikkan kedudukan jadi 16-15. Dia memanfaatkan ini untuk semakin menekan Loh dan akhirnya menangi set pertama 21-17.

Lanjut di set kedua, Anthony Sinisuka Ginting semakin tak memberi angin untuk Loh. Dirinya langsung tancap dan membuat perolehan angkanya unggul atas Loh Kean Yew.

Loh, yang pantang menyerah di kandang sendiri masih berusaha menyusul. Sempat terjadi kejar-kejaran skor, Ginting-lah yang justru menutup interval kedua dengan keunggulan 11-10.

Baca Juga

Selepas interval gim kedua, Ginting seperti tanpa rem dalam memperoleh angkanya. Terlebih, Loh melakukan kesalahan saat pukulan smash ke net dan drop shot melebar.

Berkali-kali, Loh memainkan pukulan yang mudah dibaca Ginting. Puncaknya, Ginting memenangkan set kedua dengan smash yang kuat yang berkesudahan skor 21-14.


1. Loh Kean Yew Nilai Ginting Pebulu Tangkis Komplet

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting di laga Singapore Open 2022. Foto: PBSI

Usai pertandingan, Loh mengungkapkan bahwa kekalahannya dari Ginting ini dikarenakan dirinya tidak cukup berani memberi tekanan pada pemain Indonesia.

“Berani dalam permainan berarti mencoba berbagai pukulan, mengubah taktik dan rencana permainan. Itu adalah sesuatu yang tidak saya lakukan dengan baik,” ungkap Loh seolah-olah menyesal dengan permainannya sendiri, dilansir dari Straits Times.

Baca Juga

Bukan hanya itu, Loh merasa dirinya tidak mampu mengimbangi permainan net yang selalu jadi andalan Ginting selama pertandingan kemarin.

Loh pun terpukau pada pertahanan rapat Ginting sekaligus kemampuannya mencari celah utuk menyerang balik. Ini membuat Loh menilai Ginting punya paket lengkap untuk mengalahkannya.

“Dia memainkan permainan net yang sangat bagus, bagus dalam serangan dan pertahanan dan menguasai kondisi angin. Dia memainkan permainan yang sangat lengkap,” jelasnya.

Baca Juga

Kemenangan atas Loh Kean Yew, bagi Ginting semakin membuka jalannya untuk memenangkan gelar World Tour pertamanya di 2022 lewat final Singapore Open.

Anthony Ginting sudah ditunggu pemain muda asal Jepang, Kodai Naraoka, di partai final ajang Super 500 yang akan digelar hari ini, Minggu (17/07/22).

Baca Juga

Naraoka sendiri melaju ke final usai mengalahkan pemain peringkat 26, Zhao Junpeng, dari China, dengan skor 21-18, 25-23 dalam durasi 50 menit.

Sama seperti Ginting, Naraoka juga memasang target memenangkan gelar pertamanya di BWF World Tour.


2. Anthony Ginting dan Loh Kean Yew Tuntaskan Misi Penting

Logo Singapore Open 2022.

Sebagaimana diketahui, baik Anthony Ginting maupun Loh Kean Yew sama-sama belum mencicipi gelar sepanjang agenda turnamen 2022.

Anthony Ginting, mencatatkan prestasi terbaiknya tahun ini saat berlaga di semifinal Swiss Open dan Indonesia Masters 2022.

Di Swiss Open, langkahnya harus terhenti di 4 besar setelah ditumbangkan Prannoy H.S, sedangkan di Indonesia Masters ia ditekuk tunggal putra yang sedang sukses-suksesnya tahun ini, Viktor Axelsen.

Demikian halnya dengan Loh Kean Yew, yang tahun ini hanya mentok sebagai finalis di India Open 2022 setelah dikalahkan Lakshya Sen di partai puncak.

Sementara itu, pencapaian terbaik keduanya adalah semifinal Indonesia Masters 2022, di mana ia harus takluk di tangan Chou Tien Chen.

Baca selengkapnya: Singapore Open 2022, Panggung Anthony Ginting dan Loh Kean Yew Tuntaskan Misi Penting

Anthony Sinisuka GintingBulutangkisBerita BulutangkisLoh Kean YewSingapore Open 2022

Berita Terkini