x

Hasil Final Singapore Open 2022: Sempat Lambat Panas, Leo/Daniel Rengkuh Trofi Perdana

Minggu, 17 Juli 2022 16:31 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Indra Citra Sena
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di laga Singapore Open 2022. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Berikut hasil pertandingan final Singapore Open 2022 antara Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Minggu (17/7/22).

Final sektor ganda putra Singapore Open 2022 yang mengadu Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melawan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin berlangsung di Singapore Indoor Stadium, Kallang, Singapura.

Baca Juga

Sebelumnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto telah mengalahkan wakil Indonesia lainnya, Sabar Karyaman/Moh Reza Pahlevi dengan skor 21-11 dan 21-7 di semifinal Singapore Open 2022.

Sementara Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin secara mengejutkan mampu mengalahkan unggulan kedua, yakni Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dengan skor 9-21, 21-18. Dan 22-20.

Baca Juga

Di turnamen BWF dengan level Super 500, Indonesia memang  superior setelah berhasil mengirimkan empat wakilnya untuk menembus semifinal.

Beralih ke lapangan, Fajar/Rian yang merupakan unggulan kelima Singapore Open 2022 tidak cermat dalam melakukan pengamatan, poin pertama untuk Leo/Daniel 0-1.

Leo yang berusaha untuk melakukan neting gagal, shuttlecock malah menyangkut di net/ Hal tersebut membuat kedudukan menjadi sama kuat, 4-4.

Setelah beberapa kali menekan pertahan The Babies, julukan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, dengan memanfaatkan pukulan drive dan pleasing. Fajar/Rian mampu mencuri interval gim pertama dengan keunggulan enam angka.

Baca Juga

Namun, pasangan muda Indonesia mampu mendapatkan dua angka secara beruturut-turut, setelah Leo mendapatkan lucky ball, dan pengamatan cermat yang dilakukan oleh Danie.

Kesalahan yang dibuat oleh Daniel Marthin saat shuttlecock menyangkut di net, membuat The Babies harus mengakui keunggulan dari Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dengan skor 21-9.


1. Jalannya Game Kedua

Pasangan ganda putra Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin di laga Singapore Open 2022. Foto: PBSI

Di awal gim kedua Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang kalah di gim pertama langsung tancap gas, mereka mampu unggul lebih dulu dari seniornya dengan cepat dengan skor 0-5.

Namun, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang merupakan pasangan unggulan kelima bisa mengejar perolehan angka, memanfaatkan bola tanggung dan kesalahan-kesalahan yang dibuat oleh Leo/Daniel.

Baca Juga

Disaat memimpin, penyakit yang dimiliki Leo Rolly Carnando kembali muncul, pukulannya tidak terlalu kuat, sehingga membuat bola tidak bisa melewati net.

Tekanan bertubi-tubi yang dibuat oleh The Babies dengan mengirimkan smash-smash kencang ke pertahanan Fajar/Rian, membuat mereka mampu mengambil alih interval gim kedua dengan skor 6-11.

Baca Juga

Sempat terjadi missed komunikasi antara Leo dan Daniel dalam mengantisipasi bola, hal tersebut memberikan keuntungan bagi Fajar/Rian untuk mengejar poin.

Secara perlahan unggulan pertama di World Tour BWF ini mulai menipiskan selisih angka dari kedua pasangan, kemampuan smash keras yang dimiliki Fajar Alfian mampu mebuat skor menjadi 13-19.

Namun penampilan apik ganda putra andalan ketiga Indonesia tidak bisa dilengkapi dengan menuntaskan pertandingan ini secara cepat.

Baca Juga

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melakukan kesalahan di poin kritis, mereka kehilangan dua angka secara berturut-turut.

Hal tersebut harus membuat pertandingan final ini dilanjutkan ke babak rubber games, Leo/Daniel mampu memenangkan gim kedua dengan skor 14-21.


2. Jalannya Game Ketiga

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di laga Singapore Open 2022. Foto: PBSI

Secara mengejutkan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin mampu mendapatkan dua poin pertama di awal gim akibat dari kecepatan yang dimiliki Leo dalam menyambar bola di depan net.

Setelah itu, koordinasi apik ditunjukkan oleh Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mampu membuat mereka bisa menyamakan kedudukan, dengan skor 3-3.

The Babies sempat memanfaatkan kesempatan untuk melakukan challenge ketika servisnya dianggap keluar oleh wasit, dan ternyata bola memang masuk, hal tersebut membuat kedudukan menjadi 4-7.

Baca Juga

Dominasi dari Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin di gim kedua berlanjut, mereka mampu kembali mengambil interval di gim ketiga terlebih dahulu dengan skor 6-11.

Smash yang dikirimkan oleh Fajar Alfian terlalu melebar, dan itu dibiarkan saja oleh Daniel Marthin, hal terebut membuat angka kembali bertambah untuk The Babies.

Namun pasangan yang saat ini memimpin World Tour Ranking, Fajar/Alfian sedikit demi sedikit mulai menipiskan jarak dengan skor 13-16.

Ketika sedang memimpin, penyakit dari Leo/Daniel kembali muncul, mereka kembali melakukan kesalahan dua kali berturut, hal tersebut membuat Fajar/Rian memperoleh dua angka.

Baca Juga

Pukulan yang dikirimkan oleh Muhammad Rian Ardianto menyangkut di net, sehingga Leo/Daniel mendapatkan angka terakhirnya untuk menutup gim ketiga dengan skor 16-21.

Hal tersebut membuat Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin menjadi juara dalam gelaran Singapore Open 2022, setelah berhasil mengalahkan seniornya melalui rubber games, dengan skor 21-19, 14-21, dan 16-21.

Sehingga, head to head  keduanya masih dipimpin oleh Leo/Daniel dengan keunggulan 3-1, dari empat kali pertemuan yang terjadi.

Lebih dari itu, prestasi di Singapore Open 2022 merupakan gelar Super Series perdana Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Prestasi terbaik mereka sebelum ini adalah menembus final Hylo Open 2021, tapi keok dari Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.

Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBulutangkisLeo Rolly Carnando/Daniel MarthinBerita BulutangkisSingapore Open 2022

Berita Terkini