x

US Open Bakal Punya Juara Baru Lagi: Casper Ruud Kangkangi Rafael Nadal di Ranking Dunia

Sabtu, 10 September 2022 12:41 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Casper Ruud adalah murid Rafael Nadal dan kini jadi finalis US Open 2022. Foto: instagram/rafanadalacademy.

INDOSPORT.COM - Casper Ruud tampil sebagai calon juara US Open 2022 dan mengangkangi Rafael Nadal dalam perburuan gelar ranking 1 dunia.

Pemain asal Norwegia ini menaklukkan Karen Khachanov di putaran semifinal tempo hari lewat drama lima set ketat.

Baca Juga

Menjadi unggulan kelima, Casper Ruud pun diuntungkan dengan kegagalan Daniil Medvedev, Rafael Nadal, dan Stefanos Tsitsipas melaju jauh di turnamen Grand Slam ini.

Satu-satunya pesaing yang harus ia hadapi saat ini adalah Carlos Alcaraz Garfia, yang baru saja meraih tiket ke final, Sabtu (10/09/22) pagi WIB.

Kehadiran dua pemain ini pun akan membuat pertarungan di final men’s single US Open 2022 makin menarik.

Baca Juga

Apalagi menurut catatan sejarah, belum ada yang berhasil menggondol gelar juara lebih dari sekali secara beruntun usai Roger Federer di edisi 2005 silam.

Daniil Medvedev adalah pemain yang sejatinya memiliki kans untuk mempertahankan titelnya setelah tampil sebagai juara tahun lalu.

Namun sayang, perjuangannya kali ini terhenti cepat di 16 besar usai dikalahkan petenis Australia, Nick Kyrgios.

Baca Juga

Roger Federer sejauh ini menjadi pemain yang berhasil meraih gelar juara lima kali beruntun di edisi 2004 sampai dengan 2008.

Setelah itu, US Open mencatat daftar juara men’s single yang berbeda setiap tahunnya, meski pemain seperti Rafael Nadal dan Novak Djokovic sudah pernah menang lebih dari sekali.


1. US Open Bakal Lahirkan Juara Baru Lagi Tahun Ini

Casper Ruud adalah murid Rafael Nadal dan kini jadi finalis US Open 2022. Foto: instagram/rafanadalacademy.

Dengan melajunya Casper Ruud dan Carlos Alcaraz Garfia, US Open pun dipastikan mendapat nama anyar lagi di daftar juara men’s single mereka.

Casper Ruud sendiri menekuk Karen Khachanov 7-6(5), 6-2, 5-7, 6-2 di US Open 2022 pada hari Jumat kemarin untuk mencapai final Grand Slam keduanya.

Baca Juga

Hasil ini tentu saja meningkatkan peluangnya untuk merangkak ke daftar teratas ranking ATP. Bahkan, sekarang ia sudah berhasil menangkangi Rafael Nadal untuk jumlah perolehan poin.

Keberhasilan Casper Ruud mencapai final US Open ini, secara otomatis mengubur dalam-dalam harapan Rafael Nadal untuk kembali ke peringkat satu dunia hari Senin nanti.

Kini, posisi keramat tersebut akan diperebutkan oleh Casper Ruud dan Carlos Alcaraz Garfia yang akan bersua di final akhir pekan ini.

Baca Juga

Perburuan takhta teratas di ranking ATP setelah US Open 2022 memang menjadi PR besar bagi dua pemain tersebut.

Sebelumnya, apabila Casper Ruud kalah dari Karen Khachanov dan Carlos Alcaraz kalah dari Frances Tiafoe, Rafael Nadal akan kembali ke peringkat satu dunia untuk kesembilan kalinya.

Namun jika salah satu dari mereka memenangkan semifinal dan yang lainnya tidak, pemain yang mencapai final akan merengkuh peringkat pertama.

Baca Juga

Dan ternyata, skenario dua-duanya melaju ke final-lah yang pada akhirnya terjadi. Sudah bisa dipastikan, pertarungan akan berlangsung sengit nantinya karena dua finalis ini berada di peringkat 1 dan 2 ATP Live Rankings - Rafael Nadal ketiga.

Selain berburu trofi dan ranking, Casper Ruud juga berpotensi mencetak rekor lain atas namanya sendiri apabila berhasil menang di US Open 2022.


2. Casper Ruud di Ambang Kesuksesan Karier

Casper Ruud adalah murid Rafael Nadal dan kini jadi finalis US Open 2022. Foto: instagram/rafanadalacademy.

Tidak tanggung-tanggung, ia sekarang ini berpotensi besar menjadi petenis Norwegia pertama yang menduduki ranking 1 dunia.

Selain itu, kemenangan di US Open 2022 akan membuatnya lolos ke Nitto ATP Finals. Ia bakal jadi pemain tunggal ketiga yang lolos setelah Rafael Nadal dan Carlos Alcaraz Garfia.

Baca Juga

Berhasil merengkuh tiket final US Open 2022 merupakan kebahagiaan yang sangat luar biasa bagi Casper Ruud.

Walau sempat was-was, hatinya pun berangsur lega dan kecemasannya hilang seiring kemenangan atas Karen Khachanov di set pertama.

“Saya rasa kami berdua agak gugup di awal, tapi Anda harus memperhitungkan bahwa pertandingan ini mungkin yang terbesar dalam karier kami berdua,

Baca Juga

“Tentu saja akan ada beberapa kegelisahan, tetapi saya beruntung memenangkan set pertama, yang sedikit menenangkan saraf saya,” ucap Casper Ruud, dikutip dari laman resmi ATP.

Di US Open 2022, Casper Ruud pun tidak berharap banyak. Kesuksesan mencapai final di Roland-Garros beberapa waktu lalu sudah cukup memuaskan baginya.

“Saya sangat senang tapi tentu saja cukup rendah hati untuk berpikir bahwa itu [French Open 2022] bisa menjadi satu-satunya final Grand Slam dalam karier saya,

Baca Juga

“Itu tidak mudah, namun saya kembali lagi beberapa bulan kemudian,” ungkapnya soal keberhasilan mencapai final US Open 2022.

Pertandingan final men’s single US Open 2022 antara Casper Ruud vs Carlis Alcaraz Garfia akan digelar pada Senin (12/09/22) dini hari WIB.

Rafael NadalGrand SlamTenisUS OpenBerita Tenis

Berita Terkini