x

Melaju Mulus, Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay ke Semifinal Indonesia International Series

Jumat, 23 September 2022 20:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay di di turnamen Kapal Api Indonesia International Series 2022. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Belum terbendung, Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay melaju mulus ke semifinal Indonesia International Series 2022, Sabtu (23/9/22) di Yogyakarta.

Tampil sebagai unggulan pertama di sektor tunggal putra, Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay memang digadang-gadang akan menjuarai Indonesia International Series ini.

Baca Juga

Namun, Ikhsan justru harus bersusah payah menaklukkan Alvi Wijaya Chairullah terlebih dahulu, sebelum melangkah ke semifinal.

Dalam laga yang berlangsung di GOR Among Raga, Yogyakarta, Jumat (23/9/22), Ikhsan menang lewat pertarungan sengit hingga rubber game 21-17, 20-22, 21-18.

Bahkan, Ikhsan perlu waktu 78 menit untuk menyelesaikan pertandingan kontra Alvi, untuk memperebutkan tiket ke semifinal.

Baca Juga

Salah satu alasannya, Ikhsan jelas kesulitan membaca pergerakan Alvi Wijaya Chairullah yang menggunakan tangan kiri alias kidal.

"Hari ini lawan saya berbeda dari kemarin-kemarin. Alvi kan kidal, jadi tadi agak berbeda membaca bolanya," ucap Ikhsan saat ditemui usai pertandingan.

Namun, Ikhsan Leonardo bukan berarti tanpa persiapan. Atlet peringkat 105 dunia itu jelas lebih berpengalaman daripada Alvi.

Baca Juga

"Dari awal saya sudah mengira tidak akan mudah. Saya sempat tertekan, tetapi saya coba keluar dari tekanan itu, stabil meraih poin per poin untuk mengimbangi dia."

"Game kedua, saya salah dari kesiapannya di poin akhir, setelah mengejar dari 16-20 ke 20-20, fokus saya malah hilang dan justru kecolongan," curhat Ikhsan Leonardo.


1. Ikhsan Leonardo Tantang Alwi Farhan

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay di di turnamen Kapal Api Indonesia International Series 2022. Foto: PBSI

Memasuki game ketiga sebagai penentu, siapa yang akan maju ke semifinal Indonesia International Series 2022, Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay mulai menata fokus lagi.

Meski terjadi saling salip menyalip poin, Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay lantas memimpin di poin kritis, dan akhirnya bisa menang dari sosok Alvi Wijaya Chairullah.

Baca Juga

"Di game ketiga saya lebih tahan fokus dan pikirannya saja," jelas Ikhsan kepada media.

Di babak semifinal, Ikhsan kembali akan ditantang rekan satu Pelatnas, Alwi Farhan.

Alwi Farhan sendiri lolos ke semifinal usai menjungkalkan wakil Jepang, Keita Makino dua game langsung, skor akhir 21-10, 21-13.

Baca Juga

Ikhsan mengaku ada tantangan tersendiri saat menghadapi Alwi Farhan, sahabatnya di Pelatnas Cipayung. Namun, ketika sudah masuk lapangan, mereka akan menjadi rival.

"Besok lawan Alwi harus main maksimal lagi. Jangan melihat dia kawan di Pelatnas atau apa, harus terus berjuang. Karena kan nasib menang kalah kita sendiri yang tanggung."

Baca Juga

"Beban sebagai unggulan pertama itu mungkin ada, tapi saya jadikan itu sebuah motivasi," ujar pebulutangkis 22 tahun itu.

"Buat apa jadi beban kalau akhirnya tidak bisa main maksimal. Amit-amit saya kalah nanti setidaknya saya sudah main all out," tukas Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay.


2. Rekap Indonesia International Series 2022

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Alvi Wijaya Chairullah di di turnamen Kapal Api Indonesia International Series 2022. Foto: PBSI

Berikut adalah rekap sementara hasil pertandingan perempat final Indonesia International Series 2022, Jumat (23/9/22).

Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay vs Alvi Wijaya Chairullah 21-17, 20-22, 21-18

Komang Ayu Cahya Dewi vs Saifi Rizka Nurhidayah 14-21, 22-20, 17-21

Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja vs Zaidan Arrafi Nabawi/Felisha Pasaribu 21-9, 21-14

Anisanaya Kamila/Az Zahra Ramadhani vs Marsheilla Gischa Islami/Salli Lin 16-21, 18-21

Jafar Hidayatullah/Aisyah Pranata vs Adnan Maulana/Indah Cahaya Sari Jamil 21-16, 21-19

Stephanie Widjaja vs Ester Nurumi Dwi Wardoyo 21-19, 21-18

BulutangkisBerita BulutangkisIkhsan Leonardo RumbayAlvi Wijaya ChairullahIndonesia International Series 2022

Berita Terkini