x

Fajar Alfian Blak-blakan Persiapan ke Denmark Open 2022: Genjot Fisik Sebulan Lebih!

Minggu, 16 Oktober 2022 16:43 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Pebulutangkis ganda putra Indonesia, Fajar Alfian, membongkar persiapan menjelang turnamen Eropa, termasuk di Denmark Open 2022. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis ganda putra Indonesia, Fajar Alfian, membongkar persiapan menjelang turnamen Eropa, termasuk di Denmark Open 2022.

Pasangan main Muhammad Rian Ardianto itu mengatakan bahwa fisik dan daya tahan lebih banyak digenjot demi mengantisipasi kelelahan di tengah-tengah tur.

Baca Juga

Seperti diketahui, Denmark Open 2022 akan dimulai pekan depan. Ajang Super 750 yang memperebutkan hadiah 750.000 USD itu akan dihelat pada 18-23 Oktober 2022 di Jyske Bank Arena, Odense, Denmark.

Indonesia mengirimkan 14 wakilnya dengan mengusung semangat menebus kegagalan di seri World Tour sebelumnya yaitu Japan Open 2022 dimana wakil-wakil Merah Putih terhenti di babak perempatfinal.

Di sektor ganda putra, Indonesia akan tampil hampir dengan kekuatan penuh, termasuk pasangan yang sedang on fire tahun ini, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Baca Juga

Berbicara soal kesiapan menuju turnamen Super 750 tersebut, Fajar mengaku sudah menjalaninya selama sebulan terakhir , di mulai dengan aspek fisikm daya tahan hingga teknik.

“Ada waktu satu bulan setengah setelah Japan Open, persiapannya yang luar biasa,” ujar Fajar Alfian kepada Yuni Kartika dalam sesi bincang-bincang di Up Close pada YouTube Usee Sports.

“Sebulan ini kita bener-benar diperbanyak daya tahan dan fisik biar lebih kuat lagi dan tahan lagi, mungkin tinggal sisa waktu 10 hari menjelang keberangkatan lebih ke teknik, lebih ke pola main,” jelasnya.

Baca Juga

Menurut Fajar Alfian, menempa fisik dan daya tahan menjadi hal yang sangat penting dalam persiapan menuju Denmark Open 2022 kali ini.

Pasalnya, para wakil Indonesia akan jalani rentetan turnamen yang menguras tenaga, karena cuaca di Eropa sudah mulai tidak bersahabat untuk pemain Asia.


1. Fisik Jadi Aspek Penting Jelang Turnamen Eropa

Peraih medali perunggu Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan runner upMohammad Ahsan/Hendra Setiawan di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

Bukan hanya itu, persiapan tersebut juga dilakukan berkaca dari hasil di Japan Open 2022, di mana wakil Merah Putih banyak yang tumbang karena faktor angin dan bola yang berat.

“Sangat perlu (persiapan fisik), karena kemarin waktu di Japan Open, bolanya berat sekali, jadi emang pelatih udah siapin lebih ke daya tahan,” sambung Fajar Alfian.

Baca Juga

“Apalagi rentetan turnamen Denmark, lalu Prancis (French Open), jadi di negara kedua ketiga kadang-kadang tenaga udah mulai drop, jadi harus diisi lah,” ungkapnya.

Terlepas dari itu, Fajar/Rian tak hanya berkompetisi di Denmark Open 2022 saja, mereka juga berencana tampil di French Open 2022 di pekan berikutnya.

Tentunya, turnamen beruntun kali ini tidak mudah. Selain harus menguras fisik, Fajar Alfian juga mengaku harus bisa mengatasi masalah bosan yang kadang melanda.

Baca Juga

“Pasti nggak gampang, karena dari segi fokusnya udah benar-bener kayak kita sehari-hari main, ke hotel main ke hotel, sebenarnya nggak masalah, cuma kadang bikin kita bete,” tandasnya.

Di Denmark Open 2022, Fajar Alfian bersama Rian Ardianto yang berstatus unggulan ke-5 akan berhadapan dengan wakil Belanda, Ruben Jille/Ties Van Der Lecq (Belanda). 

Jika perjuangan mereka lancer sampai babak semifinal, Fajar/Rian berpotensi bertemu ‘bestie’ alias sesama wakil Indonesia, yakni Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Baca Juga

Selain Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, ada tiga wakil Indonesia lainnya yang tampil di sektor ganda putra Denmark Open 2022. 

Di antaranya pasangan nomor 3 dunia Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi  Gideon, jawara SEA Games 2021 Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, dan kampiun All England 2022 Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri

Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoPiala Dunia 2022Fajar AlfianBulutangkisBerita BulutangkisDenmark Open 2022

Berita Terkini