x

Audisi Umum PB Djarum 2022 Dimulai, Legenda Bulutangkis Bocorkan Kriteria Pemenang

Selasa, 18 Oktober 2022 18:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Konferensi Pers Audisi Umum PB Djarum 2022

INDOSPORT.COM - Rangkaian Audisi Umum PB Djarum 2022 akan segera dihelat di GOR Djarum Jati, Kudus. Legenda bulutangkis Indonesia bocorkan kriteria pemenangnya.

Audisi Umum PB Djarum 2022 digelar mulai Rabu (19/10/22) hingga Minggu (23/10/22). Ajang seleksi dibuka untuk dua kelompok usia, yakni U-11 dan U-13, putra dan putri.

Baca Juga

Sebanyak 2.334 atlet belia memperebutkan Djarum Beasiswa Bulutangkis dari Bakti Olahraga Djarum Foundation, dan kelak bergabung menjadi atlet binaan PB Djarum.

Legenda bulutangkis Indonesia sekaligus Koordinator Atlet Putra Tim Pencari Bakat, Fung Permadi, menuturkan bahwa ada kriteria yang ditetapkan untuk para atlet putra, calon penghuni klub PB Djarum.

Baca Juga

Diantaranya adalah atlet yang sudah memiliki teknik bermain yang cukup baik, memiliki jiwa pantang menyerah, dan juga kepandaian saat tanding di atas lapangan.

"Ditambah dengan feeling atau touch dalam pukulan-pukulan. Kualitas untuk menjadi seorang atlet dunia itu semuanya harus komplit, tidak memiliki suatu kelemahan yang menonjol," kata Fung Permadi dalam rilis resmi PB Djarum, Selasa (18/10/22).

Baca Juga

"Tapi untuk atlet usia dini, perkembangan dan pembinaan waktunya masih panjang. Di karantina nanti kita akan melihat bagaimana konsistensinya dalam berlatih dan menjaga semangatnya," jelas Fung lagi.

Audisi Umum PB Djarum 2022 kembali digelar setelah dua tahun vakum karena pandemi. Maka dari itu, PB Djarum tidak membatasi jumlah peserta tahun ini.


1. Kriteria Calon Atlet PB Djarum

Yuni Kartika dalam konferensi pers Audisi Umum PB Djarum 2022

Berbeda dengan sebelumnya, audisi kali ini akan menggelar dua tahap screening, yaitu bermain lima menit pada 19 Oktober dan bermain 10 menit pada 20 Oktober 2022.

Setelah tahap screening, proses seleksi berlanjut ke tahap turnamen, 21-23 Oktober 2022. Juga ada penilaian tiga aspek, yakni tes fisik, tes kesehatan, hingga psikotes.

Baca Juga

Koordinator Atlet Putri Tim Pencari Bakat, Yuni Kartika, menuturkan bahwa konsistensi dan teknik mumpuni, semangat juang, serta mental yang kokoh adalah kriteria mutlak.

Yuni Kartika menegaskan bahwa pembinaan atlet usia dini, menempa talenta dan mental atlet setidaknya butuh waktu 10 tahun, agar mereka siap membela nama bangsa di level dunia.

"Selain itu, kriteria lainnya adalah bakat, footwork, pukulan, dan kepandaian," jelas Yuni Kartika dalam rilis resmi PB Djarum.

Baca Juga

"Diharapkan atlet tersebut nantinya dapat konsisten, memiliki kemauan serta impian yang kuat untuk menjadi juara di kelompok usianya, berlanjut jadi juara internasional."

Kabar baiknya, penyelenggaraan Audisi Umum PB Djarum 2022 pada 18-23 Oktober tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Agar tidak terjadi kerumunan di arena pertandingan, panitia membatasi jumlah pengunjung, baik dari atlet yang seleksi, maupun pihak keluarga yang menemani.

Baca Juga

Setiap peserta akan diberikan barcode untuk keluar masuk GOR demi mengatur kapasitas jumlah orang. Yang berada di dalam GOR hanya atlet yang bertanding.

Sedangkan atlet yang belum bertanding dapat menunggu di luar GOR Djarum Jati, dan dapat menyaksikan pertandingan melalui layar LED yang disediakan.

Djarum FoundationDjarum KudusYuni KartikaFung PermadiPB DjarumLegenda OlahragaBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini