x

Kevin/Marcus Lewat! Ini Pebulu Tangkis Indonesia yang Paling Banyak Raih BWF Awards

Sabtu, 3 Desember 2022 14:10 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Leani Ratri Oktila menjadi pebulu tangkis Indonesia yang paling banyak meraih penghargaan BWF Awards, menyisihkan Kevin/Marcus.

INDOSPORT.COM - Leani Ratri Oktila menjadi pebulu tangkis Indonesia yang paling banyak meraih penghargaan BWF Awards, menyisihkan Kevin/Marcus

Sebagaimana diketahui, setiap tahun Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) akan memberikan penghargaan pada pemain bulutangkis terbaik di kategori tertentu.

Pemain Indonesia beberapa kali meraih penghargaan ini. Salah satu yang paling terkenal ialah wakil ganda putra, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.

Marcus/Kevin sukses menyabet gelar Male Player of The Year 2017, menyisihkan tiga lawan, Zheng Siwei (China), Viktor Axelsen (Denmark), dan Srikanth Kidambi (India).

Kemudian, pasangan berjuluk The Minions itu kembali meraih penghargaan BWF Male Player of The Year 2018, menyisihkan Zheng Siwei (China) dan Kento Momota (Jepang).

Baca Juga

Meski sukses meraih dua penghargaan BWF berturut-turut, tetapi Marcus/Kevin bukanlah pemain paling sukses di perebutan titel ini.

Jika ditarik mundur ke belakang, ada nama Taufik Hidayat yang juga pernah memenangkan trofi BWF Awards dua tahun berturut-turut.

Baca Juga

Taufik Hidayat menyabet gelar Male Player of The Year 2004 dan 2005. Padahal, saat itu ia berada di generasi yang sama dengan pebulu tangkis tunggal putra terbaik dunia. Sebut saja Kim Dong-moon (Korea), Lin Dan (China), hingga Lee Chong Wei (Malaysia). 

Masing-masing dari mereka juga pernah meraih penghargaan BWF Awards Male Player of The Year di tahun yang berbeda.

Baca Juga

1. Leani Ratri Oktila, Peraih 3 Gelar BWF Awards

Peraih medali emas Oktila Leani Ratri dari Tim Indonesia berpose di podium untuk Ganda Campuran Paralimpiade Tokyo 2020.

Meski Marcus Gideon/Kevin Sanjaya dan Taufik Hidayat sukses meraih penghargaan BWF Awards dua tahun beruntun, tetapi ada wakil Indonesia yang lebih daripada mereka.

Sosok itu adalah Leani Ratri Oktila, atlet para-badminton kebanggaan Indonesia, yang sangat disegani di kancah dunia.

Bayangkan saja, Leani Ratri Oktila adalah pemilik gelar juara dunia di sektor tunggal putri dan ganda campuran para-badminton. Ia juga aktif bermain di sektor ganda putri.

Per saat ini, Leani Ratri Oktila masih menjadi pebulu tangkis disabilitas peringkat pertama di dunia, di tiga sektor yang ia geluti tersebut.

Dalam perhelatan BWF Awards yang digelar di setiap tahunnya, Leani Ratri Oktila selalu masuk nominasi Para-player of The Year.

Baca Juga

Bukan hanya sekadar masuk nominasi, dengan pencapaiannya di kancah dunia yang selalu konsisten, Leani Ratri Oktila seringkali memenangkan BWF Awards.

Leani Ratri Oktila telah memenangkan penghargaan BWF Para-player of The Year 2018, 2019, dan 2020/21 kategori wanita.

Baca Juga

Hanya saja, untuk nominasi di tahun 2022, Leani Ratri Oktila tidak masuk. Maka dari itu, tentu akan ada perubahan. Siapakah yang akan meraih gelar terbaik tahun ini?

Meski Leani Ratri absen, tetapi setidaknya dua wakil Indonesia ada dalam nominasi bergengsi, Para-badminton Pair of The Year 2022. Mereka adalah pasangan Fredy Setiawan/Khalimatus Sadiyah Sukohandoko, dan pasangan Subhan/Lina Marlina.

Sementara itu, untuk penghargaan BWF Awards akhir tahun nanti, Fajar Alfian/Rian Ardianto menggantikan posisi Kevin/Marcus dalam nominasi. Selain itu, ada pula wakil bulutangkis Indonesia, Rinov/Pitha, yang turut meramaikan. 

Baca Juga
BWFTaufik HidayatMarcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya SukamuljoKevin Sanjaya/Marcus GideonLeani Ratri OktilaBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini