x

3 Rekor Fantastis yang Bisa Diukir Rehan/Lisa jika Raih Penghargaan BWF Awards 2022

Rabu, 30 November 2022 13:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Pasangan ganda putri Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati di podium juara Hylo Open 2022. Mereka masuk nominasi BWF Awards 2022. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Berikut tiga rekor fantastis yang bisa diukir oleh Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati jika meraih penghargaan BWF Awards 2022.

BWF Awards adalah penghargaan yang diberikan Badminton World Federation (BWF) kepada pemain terbaik sepanjang tahun.

Nominasi BWF Awards mencakup player of the year, para-player of the year, pair of the year, most improved player of the year, dan juga most promising player of the year.

Dari daftar tersebut, ada dua pebulutangkis Indonesia yang masuk nominasi tahun ini, salah satunya yakni Rehan Naufal/Lisa Ayu.

Rehan/Lisa masuk nominasi Eddy Choong Most Promising Player of the Year 2022. Mereka bersaing dengan Kodai Naraoka asal Jepang, dan Alex Lanier dari Prancis.

Baca Juga

Meski ini merupakan sebuah kejutan, tapi pencapaian Rehan/Lisa di sepanjang tahun 2022 memang layak untuk diapresiasi dunia.

Tahun ini, Rehan/Lisa menjuarai Hylo Open 2022, dan menjadi runner up di turnamen Orleans Masters dan Vietnam Open 2022.

Rehan/Lisa juga dua kali melaju ke semifinal di ajang bergengsi, mulai dari Swiss Open 2022 hingga French Open 2022 Super 750.

Baca Juga

Andai Rehan/Lisa bisa menyingkirkan Kodai Naraoka dan Alex Lanier dan meraih BWF Awards 2022, maka setidaknya ada tiga rekor fantastis yang mereka pecahkan.

Berikut INDOSPORT merangkum tiga rekor yang akan dipecahkan oleh Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, apabila resmi memenangi BWF Awards 2022.

Baca Juga

1. 1. Ganda Campuran Indonesia Pertama

Pasangan ganda campuran Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati di French Open 2022. (Foto: PBSI)

Jika Rehan Naufal/Lisa Ayu menyabet gelar Most Promising Player of the Year 2022, mereka akan jadi ganda campuran Indonesia pertama yang juara BWF Awards.

Sebelumnya, sudah ada wakil ganda putra dan ganda putri Indonesia, serta pemain tunggal putra yang meraih BWF Awards.

Beberapa nama yang familiar adalah Taufik Hidayat, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya, dan pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Namun, belum ada wakil ganda campuran Indonesia yang bisa memenangkan gelar ini, termasuk pasangan paling fenomenal era sebelumnya, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Jika mampu mencapainya tahun ini, Rehan/Lisa akan dielu-elukan sebagai ganda campuran pertama di Indonesia yang bisa mengamankan trofi BWF Awards 2022.

Baca Juga

2. Ganda Campuran Kedua di Dunia

Faktanya, sampai saat ini baru ada satu ganda campuran dunia, yang bisa meraih gelar di BWF Awards. Rehan/Lisa sebagai wakil Indonesia di ambang sejarah besar.

Satu-satunya pasangan ganda campuran yang pernah memenangi BWF Awards adalah Kim Dong-moon/Ra Kyung-min dari Korea Selatan, pada tahun 2003 silam.

Baca Juga

Kemudian, ada Huang Yaqiong yang pernah memenangkan gelar Female Player of The Year 2018 dan 2019. Ia adalah pasangan Zheng Siwei, ganda campuran asal China.

Namun, Huang Yaqiong memenangkan gelar itu sebagai pemain putri (female), bukanlah sebagai best pair atau pasangan terbaik.

Maka, Rehan/Lisa berpeluang untuk mencatatkan sejarah sebagai pasangan ganda campuran pertama di era modern yang memenangi BWF Awards tahun ini.

Baca Juga

2. 3. Gelar Most Promising Player of the Year Pertama Bagi Indonesia

Pasangan ganda campuran Indonesia Rehan Naufal/Lisa Ayu di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati masuk sebagai nominasi Eddy Choong Most Promising Player of the Year. Sejak pertama kali nominasi ini hadir di 2008, belum pernah ada wakil Indonesia yang bisa merengkuhnya.

Beberapa nama pebulutangkis besar seperti Viktor Axelsen, Kento Momota, Ratchanok Intanon, Akane Yamaguchi, hingga An Se-young pernah meraihnya.

Kali ini, masyarakat Indonesia berharap trofi itu jatuh ke tangan wakil Merah Putih, dan Rehan/Lisa adalah pasangan yang tepat untuk mengangkat trofi bergengsi itu.

BWFIn Depth SportsBulutangkisBerita BulutangkisRehan Naufal KusharjantoRehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu KusumawatiLisa Ayu Kusumawati

Berita Terkini