x

Sering Kena Prank, PBSI Pasang Target Tak Muluk untuk Skuad Indonesia di BWF World Tour Finals 2022

Sabtu, 3 Desember 2022 15:49 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Rionny Mainaky, Kabid Bimpres PBSI mengungkapkan lebih dulu tak memberikan target berat untuk Indonesia di BWF World Tour Finals 2022.

INDOSPORT.COMPersatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) tak pasang target muluk-muluk untuk skuad Indonesia di BWF World Tour Finals 2022.

Sebagaimana diketahui terdapat tujuh wakil Indonesia yang akan tampil pada lima sektor yang berbeda di BWF World Tour Finals 2022 pada 7-11 Desember mendatang di Bangkok, Thailand.

PBSI sendiri mengaku pihaknya tak memasang target tinggi untuk skuad Indonesia yang akan tampil di Nimibutr Arena tersebut.

Rionny Mainaky selaku Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI mengatakan bahwa pihaknya baru punya target awal yakni para wakilnya bisa lolos fase grup saja.

Target tak muluk tersebut tentu tanpa alasan. Pasalnya wakil Indonesia kerap kena ‘prank’, terutama pada sektor tunggal putra dan ganda putra yang bisa saja mereka tergabung dalam satu grup.

Baca Juga

"Saya harapkan dari (nomor) lengkap ini (target) kita satu dulu, semua lolos dari (fase) grup. Tapi untuk sektor ganda dan tunggal putra agak sensitif,” kata Rionny Mainaky.

“Mereka kadang-kadang bisa satu grup," tambahnya, saat ditemui di pelatnas PP PBSI, Cipayung, Jakarta, Rabu (1/12), seperti dilansir dari Djarum Badminton dikutip dari laman berita TVRI.

Baca Juga

PBSI juga lebih lanjut mengatakan bahwa pihaknya berharap wakil putra dan putri setidaknya minimal bisa meraih satu gelar huara.

Akan tetapi Rionny Mainaky tak bisa memungkiri bahwa para wakil Indonesia diharapkan bisa membawa pulang gelar lebih dari itu.

Bahkan Rionny Mainaky turut membeberkan perkembangan para wakil Indonesia jelang BWF World Tour Finals 2022.

Baca Juga

1. Harapan PBSI untuk Skuad Indonesia di BWF World Tour Finals 2022

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting salah satu wakil Indonesia yang akan tampil di BWF World Tour Finals 2022. Foto: PBSI

Rionny Mainaky menjelaskan bahwa walaupun menargetkan setidaknya satu gelar juara, namun ia tetap berharap bisa meraih dua gelar terutama dari sektor tunggal putra dan ganda campuran di BWF World Tour Finals 202.

"Minimal satu, lah (gelar juara). Tapi harapan dua, karena dari tunggal, Anthony Ginting saya lihat dia kemarin juara. Rinov Rivaldy sekarang beda, karena sudah lihat Rehan juara dia jadi punya semangat bisa juara," ucap Rionny.

Lebih lanjut Rionny mengatakan bahwa sejumlah wakil Indonesia telah memiliki rasa percaya diri jelang tampil di Bangkok.

"Kita nggak pandang level dan kualitas kalau ada yang juara itu pasti beda motivasi dan kepercayaan diri. Saya lihat Rinov itu benar-benar ada kepercayaan diri," tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Rionny juga menyatakan keyakinannya dengan kemampuan Apriyani/Fadia, ganda putri terakhir yang mendapat undangan untuk tampil di BWF World Tour Finals 2022.

Baca Juga

Apriyani Rahayu sendiri sebelumnya sudah berpengalaman tampil ajang ini, sementara Fadia akan menjalani debut.

"Kalau untuk Apri/Fadia, saya sudah nggak ragu. Cuma kekompakan saja tadi (yang harus ditingkatkan),” papar Rionny Mainaky.

Baca Juga

Sekadar informasi, Indonesia sendiri mengirimkan tujuh wakilnya di lima sektor yang berbeda. Yakni Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie pada nomor tunggal putra.

Lalu ada Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri), Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (ganda putra).

Kemudian ada Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (ganda putri), serta Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (ganda campuran) yang bakal tampil di BWF World Tour Finals 2022.

Baca Juga
PBSIBerita BulutangkisRionny MainakyBWF World Tour Finals 2022

Berita Terkini