x

On This Day: Marcus/Kevin Tersungkur di BWF World Tour Finals, Mimpi Indonesia Pupus

Senin, 5 Desember 2022 13:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Marcus Gideon/Kevin Sanjaya kalah dari Takuro Hoki/Yugo Kobayashi di final BWF World Tour Finals 2021.

INDOSPORT.COM - Sejarah 5 Desember 2021, pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo kandas di BWF World Tour Finals.

Tepat setahun lalu, pebulutangkis ganda putra nomor satu di dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo berlaga di final BWF World Tour Finals 2021 di Bali.

Kala itu, Marcus/Kevin menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa dan bertanding di final, setelah pemain lainnya berguguran.

Marcus/Kevin atau yang akrab disapa The Minions, menghadapi pasangan andalan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Bertanding di Bali International Convention Centre, Nusa Dua, Bali, Minggu (5/12/21), Marcus/Kevin gagal mencapai ambisinya.

Baca Juga

Jalannya pertandingan final nampaknya memang enggan berpihak pada wakil tuan rumah. Hoki/Kobayashi sudah mencuri poin lebih dulu, membuat mereka percaya diri.

Namun, bukan Minions namanya jika tak ada perlawanan. Mereka bisa mengimbangi, dan kemudian menyalip saat interval jadi 11-6.

Baca Juga

Sayangnya, pertahanan wakil Indonesia ikut mengendor, di sisi lain, Hoki/Kobayashi pun berbalik unggul. Game pertama ditutup dengan kekalahan Indonesia di angka 16-21.

Memasuki game kedua, sejatinya Marcus/Kevin bisa mengamankan poin terlebih dulu. Namun, Hoki/Kobayashi tak membiarkan wakil Indonesia memimpin terlalu jauh.

Sama seperti sebelumnya, The Minions berhasil meraih interval lebih dulu, skor 11-6 membuat wakil Indonesia memiliki harapan.

Baca Juga

1. Marcus/Kevin Kandas di Game Ketiga

Marcus Gideon/Kevin Sanjaya kalah di final BWF World Tour Final 2021.

Singkat cerita, pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo berhasil mengamankan game kedua, skor 21-13.

Pemenang BWF World Tour Finals 2021 ditentukan lewat babak rubber game. Takuro Hoki/Yugo Kobayashi semakin penasaran menaklukkan The Minions.

Benar saja, di game ketiga, wakil Jepang tersebut langsung tancap gas dan tak mau memberi Marcus/Kevin celah. Mereka pun berhasil mencatat enam poin beruntun.

Sergapan dari Marcus Gideon berhasil membuahkan poin pertama bagi wakil Indonesia, pada game penentuan itu. Hoki/Kobayashi terus menjaga jarak, dan mencapai interval game ketiga dengan keunggulan 8-11.

Baca Juga

Memasuki menit-menit krusial, Marcus/Kevin sejatinya bisa menahan imbang Hoki/Kobayashi. Namun, mereka tidak konsisten dan akhirnya tertinggal lagi dari lawannya. 

Hoki/Kobayashi mengakhiri perjuangan Marcus/Kevin di final BWF Finals 2021, pada skor 17-21. Indonesia mentok meraih perak.

Baca Juga

"Kami berusaha mendapatkan momentum kembali untuk mengejar kedudukan, sayang kami tak bisa menyelesaikan pertandingan dengan baik," ucap Kevin usai partai final.

Kini, setahun berselang, satu hal yang disayangkan adalah Marcus/Kevin tak bisa membalaskan dendam mereka, karena tak lolos ke ajang BWF World Tour Finals 2022.

Penurunan prestasi mereka di tahun 2022, juga cedera Marcus, membuat The Minions harus absen di BWF Finals tahun ini. Hoki/Kobayashi akan berjumpa tantangan baru.

Baca Juga
Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya SukamuljoKevin Sanjaya/Marcus GideonOn This DayBWF World Tour FinalsBulutangkisTakuro Hoki/Yugo KobayashiBerita BulutangkisSejarahBWF World Tour Finals 2021

Berita Terkini