x

Fakta Unik BAMTC 2023: Kecuali Fajar/Rian, Indonesia Andalkan Para Debutan

Selasa, 7 Februari 2023 17:40 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Subhan Wirawan
Dalam misi menyabet emas pertama Badminton Asia Mixed Team Championships 2023 (BAMTC), Indonesia rupanya mengandalkan para debutan kecuali Fajar/Rian.

INDOSPORT.COM –  Dalam misi menyabet emas pertama Badminton Asia Mixed Team Championships 2023 (BAMTC), Indonesia rupanya mengandalkan para debutan kecuali Fajar/Rian.

Ganda putra ranking satu dunia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, akan jadi tumpuan Indonesia di BAMTC atau yang juga dikenal sebagai Kejuaraan Beregu Campuran Asia 2023.

BAMTC 2023 akan digelar di Dubai, Uni Emirat Arab, pada 14 sampai 19 Februari mendatang dengan diikuti total 17 negara di Asia.

Mereka adalah Bahrain, China, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Kazakhstan, Lebanon, Malaysia, Pakistan, Singapura, Korea Selatan, Suriah, Chinese Taipei, Thailand, Uni Emirat Arab, dan Uzbekistan.

Dari 17 negara yang dibagi ke dalam empat grup berbeda itu, nantinya hanya diambil dua terbaik untuk lolos ke babak perempat final.

Baca Juga

Banyak alasan yang membuat Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto jadi tumpuan Indonesia di Kejuaraan Bulutangkis Beregu Campuran Asia mendatang.

Pertama, Fajar/Rian sejak musim lalu memiliki capaian paling konsisten di antara sektor ganda putra hingga mengantarkannya menembus ranking satu dunia.

Baca Juga

Fajar/Rian bahkan menaiki podium satu lagi di awal musim 2023 saat berjuang di turnamen badminton Super 1000 yakni Malaysia Open.

Alasan kedua menyebut bahwa Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto jadi satu-satunya pemain paling berpengalaman yang pernah membela Indonesia di ajang BAMTC sebelumnya.

Sementara 14 pemain Indonesia lainnya berstatus sebagai debutan di ajang Badminton Asia Mixed Team Championships. Mari membahasnya satu per satu!

Baca Juga

1. Skuad Indonesia di BAMTC 2023 yang Bertabur Debutan

Skuad Indonesia di BAMTC 2023 yang bertabur kejutan, kecuali Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Ajang Badminton Asia Mixed Team Championships (BAMTC) atau Kejuaraan Beregu Campuran Asia memang baru digelar dua kali, yakni pada tahun 2017 dan 2019.

Indonesia pun menjadi salah satu tim yang aktif berpartisipasi, meskipun belum pernah berhasil menaiki podium satu di penyelenggaraan BAMTC.

Pada Badminton Asia Mixed Team Championships (BAMTC) 2017 di Nguyen Du Cultural Sport Club Vietnam, tim bulutangkis Indonesia harus terhenti di perempat final usai kalah 2-3 atas Jepang.

Poin Indonesia saat itu dipersembahkan oleh Angga Pratama/Ricky Karandasuwardi dan Hanna Ramadhini yang mengalahkan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda serta Sayaka Kato.

Sementara Anggia Shitta Awanda/Tiara Rosalia Nuraidah, Edi Subaktiar/Annisa Saufika, dan Muhammad Bayu Pangisthu gagal mempertahankan keunggulan.

Baca Juga

Jepang keluar sebagai juara usai menumbangkan Korea Selatan di final dengan skor akhir 3-0. Sementara China dan Thailand keluar sebagai peraih perunggu.

Kemudian pada Badminton Asia Mixed Team Championships 2019, ajang digelar pada 19 sampai 24 Maret di Queen Elizabeth Stadium.

Berlangsung menarik, China yang tampil full team, sukses merengkuh podium pertama setelah menumbangkan Jepang di final dengan skor 3-2. Indonesia dan Hong Kong sebagai peraih perunggu.

Baca Juga

Saat itu Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga masuk sebagai skuad Indonesia bersama Sabar Karyaman Gutama/Frenky Wijaya Saputra.

Kini pada ajang Badminton Asia Mixed Team Championships (BAMTC) 2023, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto jadi bagian skuad Indonesia yang paling berpengalaman.

Sementara Pramudya/Yeremia, Anthony Ginting, Apriyani Rahayu/Siti Fadia, Chico Aura, Gregoria Mariska, Putri Kusuma Wardani, Ribka Sugiarto/Lanny Tria, Rinov/Pitha, dan Rehan/Lisa akan debut di BAMTC 2023.

Baca Juga
IndonesiaFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBulutangkisBerita BulutangkisBadminton Asia Team Championships (BATC)

Berita Terkini