x

Kilas Balik Spain Masters 2021, Saat Wakil Indonesia Nyaris Sapu Bersih Gelar Juara

Senin, 27 Maret 2023 17:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan saat juara BAC 2022. Beberapa saat sebelumnya, mereka juga menjuarai Spain Masters 2021. (Foto: PBSI).

INDOSPORT.COM - Ajang bulutangkis Spain Masters 2021 menjadi salah satu tinta emas dalam catatan sejarah, di mana Indonesia nyaris menyapu bersih seluruh gelar juara.

Sebagaimana diketahui, skuat bulutangkis Indonesia akan melanjutkan tur Eropa, dan bertanding di Spain Masters 2023, mulai 28 Maret hingga 2 April 2023.

Indonesia mengirimkan 20 wakil terbaiknya, termasuk ganda putra nomor satu dunia, Fajar Alfian/Rian Ardianto. Ada tiga pemain yang sebelumnya dikabarkan cedera di Swiss Open 2023, yakni Chico Aura Dwi Wardoyo, Rinov Rivaldy, dan Apriyani Rahayu.

Ada kemungkinan jika jumlah wakil Merah Putih akan berkurang, namun jika melihat sejarah, peluang untuk membawa pulang gelar juara Spain Masters tetap besar.

Baca Juga

Pasalnya, Indonesia memiliki sejarah manis, di mana para pemain nyaris sapu bersih seluruh gelar juara Spain Masters 2021.

Dari sektor tunggal putri, Putri Kusuma Wardani yang bukan merupakan pemain unggulan, justru keluar sebagai juara.

Kala itu, Putri KW sukses menundukkan pebulutangkis tunggal putri Denmark, Line Christophersen dengan skor 21-15, 21-10.

Baca Juga

Beranjak ke sektor ganda putra, ada pasangan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan yang memantapkan diri naik podium tertinggi.

Pramudya/Yeremia mengalahkan sesama wakil Indonesia, Sabar Karyaman Gutama/Moh. Reza Pahlevi Isfahani dalam duel tiga set, dengan skor akhir 21-15, 18-21, 21-14.

Baca Juga

1. Kejutan Ganda Putri, Tunggal Putra Kandas

Tunggal putra Indonesia Chico Aura Dwi Wardoyo di laga perdana All England. Atlet asal Papua ini pernah melaju ke final Spain Masters 2021, tetapi diragukan tampil tahun ini karena cedera. (Foto: PBSI)

Berikutnya di sektor ganda putri, Indonesia membuat gebrakan di final Spain Masters 2021. Duet Yulfira Barkah/Febby Valencia Dwijayanti Gani melesat menjadi juara.

Yulfira Barkah/Febby Valencia Dwijayanti Gani sejatinya bukanlah pemain unggulan. Tahun 2021 lalu, mereka ada di ranking 409 dunia.

Dalam perjalanannya, Yulfira/Febby harus menyingkirkan sesama wakil Indonesia, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi dan Nita Violina Marwah/Putri Syaikah.

Di babak final Spain Masters 2021, Yulfira Barkah/Febby Valencia menaklukkan ganda putri Denmark, Amalie Magelund/Freja Ravn dua set saja, dengan skor 21-16, 21-14.

Berkat kemenangan itu, ranking Yulfira Barkah/Febby Valencia langsung melesat ke posisi 127 dunia.

Baca Juga

Sementara di sektor ganda campuran, pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang jadi unggulan pertama, juga memantapkan dirinya menjadi kampiun.

Kala itu, Rinov/Pitha menaklukkan ganda Denmark di final, Niclas Nohr/Amalie Magelund dengan skor 21-18, 21-15.

Hanya sektor tunggal putra yang gagal mempersembahkan gelar juara Spain Masters 2021 lalu. 

Baca Juga

Padahal, saat itu Indonesia mengandalkan Shesar Hiren Rhustavito yang jadi unggulan pertama, namun sayangnya ia kandas dari Chico Aura Dwi Wardoyo di semifinal.

Demikian pula dengan Chico Aura Dwi Wardoyo yang tampil di final, sangat disayangkan ia harus kalah dua set dari pebulutangkis Prancis, Toma Junior Popov.

Kini, Rinov Rivaldy dan Chico Aura justru dikonfirmasi mengalami cedera di Swiss Open 2023, dan terancam mundur dari Spain Masters. Peluang untuk jadi juara bertahan harus terkikis.

Baca Juga
Chico Aura Dwi WardoyoShesar Hiren RhustavitoBulutangkisRinov Rivaldy/Pitha HaningtyasPutri Kusuma WardaniBerita BulutangkisPramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche RambitanYulfira Barkah/Febby Valencia GaniSpain Masters

Berita Terkini