Asisten Luis Milla Jadi Inspirasi di Balik Kebangkitan Persik Kediri

Rabu, 30 Agustus 2017 19:48 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Inrahim/INDOSPORT
Asisten pelatih Timnas U-22, Bima Sakti, tampak lari saat mengikuti seleksi tahap pertama Timnas U-22 Sea Games 2017. Copyright: © Herry Inrahim/INDOSPORT
Asisten pelatih Timnas U-22, Bima Sakti, tampak lari saat mengikuti seleksi tahap pertama Timnas U-22 Sea Games 2017.

Bima Sakti ternyata berada dibalik kemenangan Persik Kediri empat gol tanpa balas atas Kalteng Putra, pada laga di Stadion Brawijaya dalam lanjutan Liga 2 pada Selasa (29/08/17) kemarin. Lantas apa hubungannya Asisten Pelatih Luis Milla di Timnas Indonesia U-22 itu dengan kemenangan Persik?

Bejo Sugiantoro mengatakan, Bima Sakti adalah sosok yang menginspirasinya untuk terus mengejar kemenangan dengan situasi sulit apa pun. Hal itu terjadi lantaran tim berjulukan Macan Putih tertekan secara psikologis lantaran menuai dua kali kekalahan telak sebelum bertemu Kalteng Putra.

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Selebrasi pemain Persik Kediri. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTSelebrasi pemain Persik Kediri.

"Saya mengutip sebagian (pernyataan obrolan bersama) dari teman saya, Bima Sakti untuk disampaikan kepada pemain," Bejo Sugiantoro mengungkapkan.

"Bahwa pelatih hanya bisa sebatas menyusun (program) latihan dan memberikan strategi yang tepat. Sedangkan, hasil akhir tetap kembali kepada pemain yang tentukan," Pelatih Persik Kediri itu menambahkan.

Kedua pemain alumni Timnas Primavera di Italia itu memang dikenal sebagai sahabat dekat. Selain di timnas, Bejo dan Bima Sakti juga pernah berada satu tim saat membela PSPS Pekanbaru saat menyusun tim Los Galacticos pada 2003 silam.

© Indosport/Ian Setiawan
Bejo Sugiantoro beri pesan khusus untuk anaknya yang tergabung di Timnas U-19. Copyright: Indosport/Ian SetiawanBejo Sugiantoro, pelatih Persik Kediri.

Dan saat ini, dua sahabat karib memulai petualangan barunya sebagai pelatih di tempat berbeda. Jika Bejo memulai karirnya di Kediri, Bima sakti sudah lebih dulu ikut membesut Persiba Balikpapan tahun lalu, dan sekarang menjadi asisten Luis Milla di Timnas U-22 dalam ajang SEA Games 2017.

Berbagai obrolan dan sharing bersama itu tampaknya membuahkan hasil bagi Bejo, yang sedang berjuang bersama skuat mudanya untuk bisa mengorbit ke Liga 1 musim depan.

"Saya selalu tekankan kepada pemain. Sekarang, atau tidak selamanya memberikan yang terbaik bagi Persik," ucap legenda Persebaya Surabaya tersebut.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Anggota /Exco APPI, Bima Sakti. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTBima Sakti merupakan teman dekat Bejo Sugiantoro.

Kemenangan atas Kalteng Putra, menjadikan Persik tinggal mencuri satu poin di markas Persewangi untuk melaju ke babak 16 besar, saat melawat ke Banyuwangi pada 09 September 2017 mendatang.

Persik kini berada di peringkat dua klasemen sementara Grup 6 Liga 2 dengan torehan 20 poin dari 11 pertandingan. Mereka hanya berselisih dua poin dari PS Mojokerto Putra di puncak klasemen.