Demi ke Piala Dunia U-20, Indra Sjafri Ingin Perkuat Sport Science di Timnas U-19

Jumat, 29 September 2017 18:38 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ramadhan
 Copyright:

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri menegaskan akan melakukan evaluasi dan mengkaji lebih dalam mengenai sport science selama persiapan ke kualifikasi Piala Asia U-19 dalam waktu dekat ini.

Menurut pelatih asal Padang, Sumatera Barat itu, sisi sport science ini sangat dibutuhkan dan perlu ditingkatkan mengingat pada Piala AFF U-19 lalu, ada beberapa pemain yang mengalami sakit dalam waktu bersamaan.

"Banyak evaluasi yang harus kita lakukan. Untuk kami di setiap turnamen pasti ada evaluasi. Tak hanya teknis tapi non-teknis, bagaimana tim sport science kita bisa lebih baik," ujar Indra Sjafri usai memimpin latihan di Lapangan Legenda Football, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (29/09/17) pagi tadi.

© Istimewa
Timnas U-19 Copyright: IstimewaTimnas U-19

"Ini karena waktu kita di Myanmar (Piala AFF U-18), ada 4-5 pemain yang sakit bersamaan dan kita perlu menunggu 3-4 hari sampai sembuh. Makanya kedokteran olahraga kita harus bisa lebih baik," sambungnya.

Selain sisi medis, Indra Sjafri juga telah mengumpulkan data mengenai perkembangan anak asuhnya selama ini. Menurut mantan pelatih Bali United itu, ada pemain yang sudah menunjukkan progres baik, namun ada juga yang harus terus didorong agar ke depan bisa mengeluarkan kemampuan terbaik. Hal ini sangat dibutuhkan agar menyeimbangkan komposisi dan kualitas pemain. 

© Taufik Hidayat/INDOSPORT
Indra Sjafri memberikan instruksi di sesi latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion H Agus Salim. Copyright: Taufik Hidayat/INDOSPORTIndra Sjafri memberikan instruksi di sesi latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion H Agus Salim.

"Secara teknis ada beberapa pemain yang kita lihat penampilannya sudah bagus dan ada beberapa pemain yang perlu kita tingkatkan," tutur Indra Sjafri.

Saat ditunjuk untuk menangani Timnas U-19, Indra Sjafri secara gamblang mengemukakan ingin membawa Skuat Garuda Nusantara bermain di Piala Dunia U-20 dua tahun mendatang. Hal itu merupakan impian terbesar pelatih berusia 54 tahun itu setelah sempat gagal mewujudkannya di tahun 2014 lalu.

Kini peluang tersebut kembali terbuka, lantaran Timnas Indonesia U-19 dipastikan bermain di babak utama Piala Asia U-19 tahun depan (Indonesia mendapatkan tiket langsung karena sebagai tuan rumah). Jika Timnas U-19 sanggup melangkah ke babak semifinal Piala Asia U-19 di 2018, maka dipastikan satu tiket ke Piala Dunia berada dalam genggaman.

1.4K