Ini Kata Wasit Shaun Evans Tentang Alasan Menganulir Gol Ezechiel

Jumat, 3 November 2017 21:18 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Rizky Pratama Putra
© Getty Images
Shaun Evans saat masih menjadi wasit di Liga Australia. Copyright: © Getty Images
Shaun Evans saat masih menjadi wasit di Liga Australia.

Laga panas antara Persija Jakarta melawan Persib Bandung di Stadion Manahan, Solo, Jumat (03/11/17) diwarnai kontroversi. Wasit asal Australia, Shaun Evans, menganulir gol penyerang Persib Bandung, Ezechiel N'Douassel pada menit 27.

Penyerang asal Chad itu mencetak gol dari tendangan sudut. Bola hasil sundulan pemain 29 tahun itu sudah mengenai jaring gawang atas Andritany Ardhiyasa.

Keputusan wasit asing itu membuat manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar geram. Pria yang identik dengan kumis lebatnya itu memastikan bakal melancarkan protes ke Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Apalagi saat ditanya mengapa gol Ezechiel dianulir, Shaun Evans mengaku tidak melihat gol itu.

"Dia bilang tidak melihat (gol), ini yang membuat saya aneh," ujar Umuh dilansir dari Vikingpersib.co.id.

© Arif Rahman/INDOSPORT
Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar. Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTManajer Persib Bandung, Umuh Muchtar.

"Saya tak mengada-ada dan tak akan bicara kalau tak ada bukti, ini jelas-jelas sudah kena jaring. Terserah PSSI yang menilai, lihat dulu (penyebabnya), jangan sembarangan menghukum. Kita akan bikin surat, protes keras, gol tak disahkan, wasit ini lebih buruk dari wasit lokal," pungkasnya.

Laga Persija vs Persib sendiri berakhir sebelum waktunya. Persib tak mau melanjutkan pada menit ke-83 setelah sempat tertinggal 0-1 dari Macan Kemayoran. Persija unggul pada menit ke-77 berkat gol penalti yang berhasil dilesakkan Bruno Lopes.

Hukuman berat tampaknya bakal diterima Persib Bandung. Tim berjuluk Maung Bandung tersebut terancam terdegradasi ke Liga 2. Hal ini tak lepas setelah aksi kurang terpuji yang dilakukan Persib Bandung saat menghadapi Macan Kemayoran. Di mana Persib menolak melanjutkan laga saat pertandingan memasuki menit 82. 

5.6K