Liga Indonesia

Semen Padang FC Agendakan Uji Coba Bulan Ini

Sabtu, 13 Januari 2018 16:35 WIB
Kontributor: Taufik Hidayat | Editor: Agus Dwi Witono
© Taufik Hidayat/INDOSPORT
Latihan Semen Padang Copyright: © Taufik Hidayat/INDOSPORT
Latihan Semen Padang

Menjelang bergulirnya Liga 2 2018, Semen Padang sudah memiliki kerangka utama tim dengan skuat yang berjumlah 23 pemain. Semen Padang FC pun mulai mematangkan persiapan taktik dengan menurunkan intensitas latihan fisik. Jajaran pelatih mulai memberikan variasi program latihan.

Pascaterdegradasi ke Liga 2 Indonesia, Semen Padang memadukan komposisi pemain lama sebagai tulang punggung tim bersama para junior yang mayoritas berasal dari tim binaan Semen Padang FC U-21. 

© Taufik Hidayat/INDOSPORT
Pemain Semen Padang saat melakukan cross country di lapangan golf PT Semen Padang. Copyright: Taufik Hidayat/INDOSPORTPemain Semen Padang saat melakukan cross country di lapangan golf PT Semen Padang.

"Ya, program fisik intensitasnya kita turunkan dan sesi taktikal dan strategi kita naikan. Serupa kemarin sore (Jumat, 12/01/18). Jadi grafiknya dibuat seperti itu," terang pelatih kepala Syafrianto Rusli setelah menemani latihan gym asuhannya di G-Sports, salah satu pusat kebugaran di Kota Padang, Sabtu (13/01/18) pagi.

Pelatih yang tercatat sebagai generasi pertama pemain Semen Padang FC kala berdiri di tahun 1980 ini menjelaskan tujuan metode latihan yang dirancangnya. Latihan ini untuk memacu progres penampilan individu pemain, fisik yang kuat, dan teknis yang akan menyasar top performa tim secara menyeluruh saat Liga 2 bergulir.

"Secara bertahap setiap pekan, kami jajaran pelatih telah menyusun metode latihan dengan sasaran akhir performa pemain dan tim meningkat. Diawali fokus pembenahan dan penguatan fisik pemain setelah itu perlahan berkurang, kita intensifkan taktikal dan strategi," sambung dia.

"Tapi ketika program fisik berkurang, maintenance tetap berjalan," tambah pria yang juga salah seorang instruktur pelatih nasional PSSI ini.

Guna mengasah taktikal tim, Syafrianto Rusli dan asuhannya akan turun gunung ke Stadion H. Agus Salim, pekan depan untuk melakukan internal games yang dipimpin wasit resmi Asprov PSSI Sumbar.

"Di lapangan mess, gim internal hanya berdurasi singkat dan itu pun dipimpin tim pelatih sebagai wasitnya. Pekan depan kami rencanakan internal games 2 x 45 menit di Stadion H. Agus Salim, menggunakan tiga orang wasit resmi," jelas eks. pelatih PSPS Pekanbaru Liga Indonesia 2007.

© Indosport/Taufik Hidayat
Skuat Semen Padang saat menjalani sesi latihan. Copyright: Indosport/Taufik HidayatSkuat Semen Padang saat menjalani sesi latihan.

Senada dengan jajaran pelatih, manager tim Win Bernadino mengatakan untuk pakem permainan yang diasah setiap sesi latihan terus dimatangkan. Baik lewat internal games maupun menggelar uji coba lawan klub-klub lokal Sumbar di pekan terakhir Januari mendatang.

"Sesuai tahapan program latihan jajaran pelatih, rencananya begitu. Kita (SPFC) akan latih tanding melawan klub lokal Padang atau Sumbar. Mungkin Rabu atau Kamis, pekan terakhir bulan ini. Mainnya di Stadion H. Agus Salim," sebut Win.

"Untuk mematangkan tim, Februari kita mungkin banyak try out. Lawannya tetap tim-tim lokal seputar Sumbar dulu lah. Setelah try out, kita coba uji kekuatan lawan salah satu tim Liga 1. Bisa pertengahan atau pekan terakhir Februari. Mana tahu PSMS Medan mau ke sini, kan sama-sama persiapan kompetisi. Tapi PSMS ikut Piala Presiden ya?" tutupnya.