Bola Internasional

Tak Kunjung dapat Klub, Ronaldinho Resmi Pensiun

Rabu, 17 Januari 2018 07:42 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Ronaldinho resmi gantung sepatu. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Ronaldinho resmi gantung sepatu.

Mantan bintang Barcelona dan AC Milan, Ronaldinho akhirnya memutuskan untuk pensiun dari dunia sepakbola di usia 37 tahun. Setelah hampir tiga tahun tidak memiliki klub, pria yang pernah meraih Ballon d'Or 2005 itu akhirnya gantung sepatu.

Kepastian pemain bernama lengkap Ronaldo de Assis Moreira itu untuk mengakhiri karier sebagai pesepakbola itu disampaikan langsung oleh sang agen sekaligus kakak kandungnya, Roberto Assis.

© INDOSPORT
Ronaldinho saat masih membela Fluminense. Copyright: INDOSPORTRonaldinho saat masih membela Fluminense.

"Dia sudah berhenti dan karier sepakbolanya berakhir," ujar Roberto seperti dikutip dari media Brasil, O Globo.

Tidak hanya menginformasikan keputusan sang adik yang pensiun, Roberto juga mengatakan akan ada sejumlah acara sebagai bentuk perpisahan terakhir Ronaldinho sebagai pesepakbola.

© Luis Bagu / Stringer / Getty Images
Caption Copyright: Luis Bagu / Stringer / Getty ImagesRonaldinho saat masih memperkuat Barcelona.

"Ayo kita lakukan acara besar dan bagus (perpisahan Ronaldinho) setelah Piala Dunia di Rusia. Kemungkinan besar acaranya akan berlangsung Agustus 2018 di Brasil dan beberapa negara benua Eropa dan Asia. Kami juga akan melakukan sesuatu dengan Timnas Brasil," papar Roberto.

Perlu diketahui, sebelum mengambil keputusan untuk pensiun, Ronaldinho sendiri sudah tidak memiliki klub selama tiga tahun ke belakang. Fluminense merupakan klub terakhir yang ia perkuat dan terakhir bermain pada September 2015 lalu.

Selama menjadi pesepakbola, sudah tidak terhitung berbagai penghargaan dan gelar juara yang telah dirasakan pemain kelahiran 21 Maret 1980. Mulai dari juara Liga Champions, La Liga Spanyol, Serie A, hingga puncaknya membawa Brasil menjadi juara Piala Dunia 2002.

676