x

4 Opsi Stadion untuk Man United Jika Old Trafford Direnovasi

Kamis, 19 April 2018 12:07 WIB
Editor: Isman Fadil
Opsi Stadion untuk Man United selama Old Trafford menjalani penambahan jumlah kursi penonton.

Manchester United (MU) kabarnya akan melakukan renovasi Old Trafford. Managing Director MU, Richard Arnold, mengungkapkan juga berencana untuk memperbesar Sir Bobby Charlton Stand.  Rencana ini mendapat dukungan penuh dari keluarga Glazer selaku pemilik Manchester United.

Saat ini kapasitas Old Trafford hanya 74.994 tempat duduk. MU menilai kapasitas itu sudah tak menampung penggemar yang datang dari seluruh dunia. Karena itu, MU berencana menambah kapasitas Old Trafford. 

Namun, rencana perluasan Old Trafford nampaknya bakal menemui ganjalan. Pasalnya, jika pihak Setan Merah jadi melakukan perluasan stadion, maka skuat MU harus mencari opsi stadion yang bakal dijadikan markas sementara. Namun hingga saat ini, manajemen Manchester United belum menemui stadion pengganti jika Old Trafford direnovasi.

Untuk itu, INDOSPORT mencoba membedah stadion yang memiliki peluang untuk dijadikan rumah kedua skuat asuhan Jose Mourinho.

Baca Juga

1. 1. Macron Stadium

Macron Stadium, markas Bolton Wanderers.

Macron Stadium merupakan markas klub kasta kedua Liga Inggris, Bolton Wanderers. Stadion yang dulunya bernama Reebok Stadium ini memiliki kapasitas sebanyak 28.723 kursi. Alasan mengapa dipilihnya Macron Stadium adalah jarak dari Old Trafford yang hanya 30 km atau bisa memakan waktu sebanyak 25 menit.

Macron Stadium juga pernah menggelar laga internasional. Kala itu, Bolton tampil di Piala UEFA (sekarang Liga Europa) musim 2008/09. Kekurangan stadion ini adalah jumlah kapasitas yang kurang dari 30 ribu kursi. Hal ini tentunya bisa membuat atmosfer dukungan tak smsriah di Old Trafford.


2. 2. Ewood Park

Ewood Park, markas Blackburn Rovers.

Stadion yang dibangun pada tahun 1875 ini merupakan kandang klub kasta ketiga Liga Inggris, Blackburn Rovers. Stadion ini berjarak 59 km dari Manchester atau bisa memakan waktu 45 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Sama seperti Macron Stadium, stadion ini juga memiliki kekurangan. Ewood Park hanya berkapasitas 31.000 kursi tempat duduk dan kurang berpengalaman dalam menggelar pertandingan-pertandingan antar klub Eropa.


3. 3. Wembley Stadium

Stadion Wembley.

Stadion kandang Timnas Inggris ini juga menjadi salah satu opsi untuk Manchester United. Pada musim ini, Stadion Wembley digunakan sementara oleh Tottenham Hotspur karena stadion kebanggaan mereka, White Hart Line, tengah dilakukan renovasi total.

Namun pindah ke Wembley Stadium yang terletak di London dinilai cukup sulit. Selain letaknya sangat jauh (berjarak 320 km dari Manchester), MU juga terancam kehilangan fans di Manchester. 

"Pindah ke kota lain rasanya sulit. Lagipula kami tidak mau kehilangan dukungan fans di Manchester," kata Managing Director MU, Richard Arnold, seperti dilansir dari Manchester Evening News.


4. 4. Etihad Stadium

Etihad Stadium, markas Manchester City.

Opsi stadion paling ideal untuk Manchester United jika Old Trafford direnovasi adalah Etihad Stadium. Etihad Stadium merupakan kandang rival sekota Manchester United, Manchester City. Selain jaraknya yang dekat, stadion ini juga bisa menampung fans Setan Merah.

The Sun melaporkan City ternyata tidak keberatan berbagi markas dengan MU. Mereka memperbolehkan MU memakai Etihad Stadium selama Old Trafford dipugar kendati harga sewa yang mahal.

Manchester City dan Manchester United pernah berbagi kandang pada era Perang Dunia kedua. Saat itu markas Setan Merah dijatuhi bom oleh pesawat perang Jerman pada malam tanggal 11 Maret 1941, yang membuat Old Traffod hancur menjadi puing-puing. MU pun menggunakan stadion sementara stadion lawas The Citizens, Maine Road, selama delapan tahun.

Manchester UnitedOld TraffordStadion Old TraffordStadion WembleyLiga InggrisStadion Etihad

Berita Terkini