x

4 Kebijakan Thomas Tuchel yang Bikin Chelsea Tersingkir dari Liga Champions Oleh Real Madrid

Rabu, 13 April 2022 07:37 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Juni Adi
Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel di laga perempat final Liga Champions, Kamis (07/04/22). Foto: REUTERS/Tony Obrien

INDOSPORT.COM – Ada tiga hal tepat dan satu kesalahan yang dilakukan pelatih Chelsea, Thomas Tuchel saat timnya tersingkir oleh Real Madrid di perempat final Liga Champions.

Raksasa Liga Inggris, Chelsea baru saja tersingkir oleh Real Madrid di perempat final Liga Champions pada Rabu (13/04/22) dini hari WIB.

Baca Juga

Chelsea mampu mencetak tiga gol lebih dulu melalui usaha Mason Mount pada menit ke-15, Antonio Rudiger pada menit ke-51 dan Timo Werner pada menit ke-75.

Namun demikian, Real Madrid mampu membalikkan kedudukan, diawali dengan gol Rodrygo pada menit ke-80 dan Karim Benzema di babak perpanjangan waktu.

Lantaran hasil ini, Real Madrid mampu lolos ke semifinal dengan keunggulan agregat 5-4 atas Chelsea.

Baca Juga

Melihat hasil ini, Daily Star menyebut tiga kehebatan pelatih Chelsea, Thomas Tuchel saat membawa timnya mampu unggul tiga gol lebih dulu.

Namun demikian, ada satu kesalahan kecil yang tak bisa diminimalisasi oleh pelatih asal Jerman ini, yang membuat Chelsea gagal mempertahankan gelar Liga Champions yang diperoleh pada musim 2020/2021.

Memainkan Reece James Lebih ke Dalam

Baca Juga

Sebagai bek kanan, Chelsea memainkan bek asal Inggris Reece James pada laga kontra Real Madrid dengan dibantu Ruben Loftus-Cheek sebagai gelandang kanan yang membantu penyerangan.

Kecepatan James dimanfaatkan oleh Chelsea untuk mengunci pergerakan pemain sayap eksplosif Real Madrid, Vinicius Junior yang nyaris tak terlihat sepanjang pertandingan.

Reece James bermain cukup brilian dengan memblokade jalur umpan Vinicius, sehingga penyerang andalan Real Madrid, Karim Benzema nyaris tak mendapat suplai bola.


1. Memasang Timo Werner

Mason Mount (kiri) dan Timor Werner (kanan) merayakan gol di laga Southampton vs Chelsea (09/04/22). (Foto: REUTERS/Peter Nicholls)

Kendati demikian, Reece James terpaksa kecolongan di babak perpanjangan waktu, usai umpan Vinicius Junior mampu dimanfaatkan oleh Karim Benzema menjadi gol penentu kelolosan Real Madrid.

Memasang Timo Werner

Baca Juga

Penyerang asal Jerman, Timo Werner menjadi salah satu penampil terbaik Chelsea dalam leg kedua perempat final kontra Real Madrid.

Terus tampil buruk saat membela Chelsea beberapa waktu belakangan, pertandingan ini seolah jadi penebusan untuk Timo Werner yang juga mencetak gol ketiga.

Pergerakan eks penyerang RB Leipzig ini merepotkan Dani Carvajal di sisi kanan pertahanan Real Madrid yang kemudian membuat ruang kosong.

Baca Juga

Ruang kosong di sisi kanan pertahanan Real Madrid inilah yang membuat Werner sukses mencetak gol ketiga Chelsea.

Mengganti Dua Gelandang Tengah

Satu langkah cerdas dibuat Thomas Tuchel dengan mengganti duo pemain tengah yang tampil buruk di leg pertama perempat final Liga Champions kontra Real Madrid.

Gelandang timnas Italia, Jorginho dicadangkan oleh Chelsea di pertandingan ini dan digantikan oleh Mateo Kovacic yang di luar dugaan tampil menawan mengatur lini tengah.

Baca Juga

Duet Kovacic dan N’golo Kante mampu mengimbangi lini tengah Real Madrid yang dihuni trio terbaik Eropa, Toni Kroos, Luka Modric, dan Casemiro.

Namun demikian ada satu hal yang menjadi kesalahan Thomas Tuchel di pertandingan ini yang membuat Chelsea harus tersingkir dari Real Madrid.

Konsentrasi

Selepas unggul tiga gol dari Real Madrid, Chelsea justru tampil kurang waspada, terutama dalam mengawal Vinicius Junior dan Karim Benzema.

Dua pemain ini justru dibiarkan bergerak di pertahanan Chelsea dan menjadi satu hal yang harus dibayar mahal.

Vinicius Junior yang bergerak di sisi kanan mampu memberikan umpan manis di babak perpanjangan waktu yang dikonversi menjadi gol oleh Karim Benzema.


2. Jalannya Pertandingan

Antonio Rudiger dan Thomas Tuchel pasca laga Tottenham Hotspur vs Chelsea, Kamis (13/01/22). Peter Cziborra/Reuters

Real Madrid melangkah ke semifinal Liga Champions 2021/22 secara dramatis. Madrid kalah 2-3 dari Chelsea dalam duel leg kedua perempatfinal.

Meski kalah, Los Blancos unggul agregat 5-4. Sebelumnya Madrid menang dengan skor 3-1 dalam duel leg pertama di Stamford Bridge.

Chelsea, yang dibesut oleh Thomas Tuchel mampu menekan Real Madrid dengan tiga tembakan beruntun di awal-awal babak pertama.

Sementara itu, Real Madrid sebagai tuan rumah laga yang dihelat di Stadion Santiago Bernabeu lebih banyak membalas serangan dengan satu tembakan dilepas pada awal pertandingan.

Baca Selengkapnya: Hasil Liga Champions Real Madrid vs Chelsea: Sampai Perpanjangan Waktu, Benzema Jadi Penentu

Real MadridChelseaLiga ChampionsThomas Tuchel

Berita Terkini