x

5 Manajer Paling Setia Mengabdi di Liverpool, Jurgen Klopp Nomor Berapa?

Sabtu, 30 April 2022 18:59 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Jurgen Klopp memperpanjang masa baktinya di Liverpool sampai 2026. Foto: Visionhaus/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Jurgen Klopp diketahui baru saja menandatangani perpanjangan kontrak dengan klub Liga Inggris, Liverpool.

Kesepakatan baru antara pelatih asal Jerman tersebut dengan pihak klub akan kedaluwarsa pada 2026.

Baca Juga

“Saya akan tinggal dua tahun lagi,” ucapnya dalam video pengumuman yang diunggah Liverpool di laman media sosialnya.

Berbicara soal perpanjangan masa baktinya, Jurgen Klopp mengaku sangat mencintai klub ini. Apalagi, sang istri yakni Ulla juga tidak ingin mereka pergi pada 2024 sesuai durasi kontrak lama sang pelatih.

“Banyak yang saya cintai tentang tempat ini. Saya sudah tahu [banyak hal] sebelum datang, tahu lebih banyak lagi saat sampai di sini, dan sekarang lebih dari itu,” ucapnya seperti dikutip dari laman resmi klub.

Baca Juga

Awalnya, Jurgen Klopp sempat bertanya-tanya apakah tinggal adalah keputusan yang tepat. Hingga akhirnya, ia bersama dua asistennya, Pep Lijnders dan Pete Krawietz, sampai pada sebuah kesimpulan.

“Kesimpulan kami, iya! Ada sebuah kesegaran dalam klub ini yang masih membuat saya bersemangat. Selama saya di sini, pemilik sangat berkomitmen, begitu pula untuk masa depan kami,” tambahnya lagi.

Bertahannya Jurgen Klopp dan para staf di timnya pun sangat krusial bagi perkembangan Liverpool ke depannya.

Baca Juga

Apalagi, mereka adalah bagian penting dari keberhasilan mantan pelatih Mainz 05 tersebut dalam membangun Liverpool yang dulunya berantakan ketika ia datang.

Selama kurang lebih enam setengah tahun, Jurgen Klopp telah mengubah Liverpool menjadi tim juara yang panen seabrek gelar. Termasuk, Liga Inggris yang telah mereka idam-idamkan sejak lama.


1. Jurgen Klopp Nomor Berapa?

Jurgen Klopp memperpanjang masa baktinya di Liverpool sampai 2026. Foto: Visionhaus/Getty Images.

Kesepakatan baru yang mengikat Jurgen Klopp hingga 2026 ini, apabila dipenuhi hingga akhir, akan membawa masuk sang juru taktik ke buku sejarah Liverpool.

Seperti Diego Simeone yang membesut Atletico Madrid untuk waktu yang lama, bukan tidak mungkin Jurgen Klopp akan meraih pencapaian yang tidak kalah hebat.

Baca Juga

Ya, ia akan menjadi salah satu manajer yang paling lama menangani Liverpool sepanjang sejarah klub berdiri.

Lantas, siapa saja manajer The Reds dengan masa bakti lama di klub ini? Jurgen Klopp nomor berapa? Berikut ulasannya.

Bob Paisley (Bisa Disusul Jurgen Klopp)

Jurgen Klopp bisa berada di urutan keempat di daftar ini apabila sukses memenuhi kewajibannya di Liverpool hingga 2026.

Baca Juga

Ketika saat itu tiba, artinya Jurgen Klopp telah membesut Liverpool selama 10 tahun 8 bulan alias satu dekade lebih.

Dengan demikian, catatan ini akan melampaui milik Bob Paisley yang mengabdi di Liverpool selama 8 tahun 11 bulan.

Selama kurun waktu tersebut, Bob Paisley telah menyumbangkan banyak gelar mulai dari Liga Inggris sampai tiga kali juara Liga Champions.

Baca Juga

Hanya saja untuk sekarang, Jurgen Klopp masih tercatat sebagai manajer Liverpool selama kurang lebih enam setengah tahun.

Tinggal menunggu waktu saja sampai dirinya benar-benar menyalip catatan Bob Paisley sebentar lagi. Tidak lama, kok!

 

2. Ada yang Hampir Dua Dekade

Jurgen Klopp memperpanjang masa baktinya di Liverpool sampai 2026. Foto: Visionhaus/Getty Images.

George Kay

Selanjutnya di posisi ketiga setelah Bob Paisley dam Jurgen Klopp, ada George Kay yang menangani Liverpool selama 14 tahun 5 bulan.

Meski awal kariernya bersama Liverpool cukup terseok-seok, ia merupakan sosok penting di balik bergabungnya Bob Paisley ke kubu The Reds.

Baca Juga

George Kay membawa Bob Paisley muda dari Bishop Auckland dengan status bebas transfer. Sukses, pemain yang didatangkannya ini pun sekarang jadi salah satu legenda paling dihormati di Liverpool.

Selain Bob Paisley, ia juga mendatangkan sosok legendaris lainnya yakni Billy Liddell. Hanya saja, saat masa-masa ini, sepak terjang mereka sempat terhambat akibat pecahnya Perang Dunia II.

Bill Shankly

Beranjak ke posisi kedua, yang mana masih cukup jauh jika ingin dijangkau Jurgen Klopp, adalah Bill Shankly dengan rekor 14 tahun 7 bulan.

Baca Juga

Untuk menyamai atau bahkan melampaui catatan milik George Kay dan Bill Shankly, Jurgen Klopp harus bertahan di Liverpool setidaknya sampai tahun 2029 mendatang.

Bill Shankly sendiri juga salah satu ikon manajer legendaris Liverpool sepanjang masa, dengan raihan tiga gelar Liga Inggris.

Tom Watson

Akhirnya sampai juga di posisi pertama di mana ada Tom Watson, yang sangat luar biasa dengan pengabdiannya selama 18 tahun 9 bulan.

Baca Juga

Ia adalah sosok yang membawa Liverpool memenangkan gelar First Division mereka pada musim 1900-1901, salah satu kejadian berserjarah yang patut dikenang sepanjang masa oleh klub dan para suporter.

Apakah mungkin Jurgen Klopp bisa mengikuti jejak Tom Watson ini? Terlepas dari itu, mari lihat dulu sepak terjang mantan pelatih Borussia Dortmund ini di Liverpool hingga tahun 2026 mendatang.

LiverpoolJurgen KloppLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini