x

Pengujung Musim Bikin Puyeng Liverpool, Kecerdasan Jurgen Klopp Kembali Diuji

Selasa, 17 Mei 2022 13:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Jurgen Klopp harus memutar otak menghadapi sisa musim Liverpool yang berat. Foto: Shaun Botterill/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris, Liverpool, saat ini memiliki skuat hebat yang diracik oleh Jurgen Klopp.

Sejak datang pada 2015, pelatih asal Jerman tersebut telah membawa banyak perubahan bagi The Reds, yang bahkan saat itu belum pernah juara Liga Inggris lagi selama lebih dari 20 tahun.

Baca Juga

Hanya saja, kedatangan Jurgen Klopp tidak membawa dampak instan apalagi hasil simsalabim atau bak membuat candi dalam semalam.

Butuh waktu baginya untuk merombak dan merevolusi The Reds hingga seperti sekarang ini. Bongkar pasang pemain dan pembenahan di segala sisi pun dilakukan.

Hasilnya, Liverpool tampil sebagai tim hebat di bawah manejer mereka yang satu ini, berjaya di level Inggris dan Eropa.

Baca Juga

Jurgen Klopp sendiri juga menorehkan prestasi yang luar biasa dengan memenangkan nyaris semua gelar yang bisa ia raih.

Liga Inggris, Liga Champions, Piala Liga Inggris, Piala Dunia Antarklub, Piala Super Eropa, dan yang terkini Piala FA.

Musim ini, Liverpool diketahui sedang memburu quadruple usai menggondol trofi Carabao Cup alias Piala Liga Inggris dan juga Piala FA.

Baca Juga

Perjuangan mereka masih belum berakhir lantaran harus melawan Real Madrid di partai puncak Liga Champions pada 29 Mei nanti.

Sementara untuk Liga Inggris, meski saat ini masih menempel ketat Manchester City di peringkat dua, peluang juara Liverpool tetap terbuka setidaknya sampai pekan ke-37.


1. Harus Cerdas Meracik Pemain

Jurgen Klopp harus memutar otak menghadapi sisa musim Liverpool yang berat. Foto: Shaun Botterill/Getty Images.

Mereka dijadwalkan berjumpa Southampton dalam laga krusial yang misi utamanya adalah memburu poin.

Kemenangan tentu harga mati yang harus diraih jika ingin meneror Manchester City hingga pekan penutup Liga Inggris pada 22 Mei mendatang.

Baca Juga

Meski ‘hanya’ melawan tim papan bawah klasemen, Jurgen Klopp saat ini dihadapkan pada situasi sulit terkait ketersediaan para pemainnya.

Seperti diketahui, Mohamed Salah dan Virgil van Dijk mengalami cedera saat bermain di final Piala FA tempo hari.

Walaupun nama yang pertama memastikan dirinya bakal fit untuk laga final Liga Champions, partai kontra Southampton juga tidak kalah penting.

Baca Juga

Saat inilah kecerdasan Jurgen Klopp kembali diuji. Selain Mohamed Salah dan Virgil van Dijk, para pemain seperti Ibrahima Konate, Jordan Henderson, dan Sadio Mane kemungkinan bisa diistirahatkan juga.

Ketika ditanya tentang hal ini pun Jurgen Klopp mengaku dirinya harus memikirkan solusi terbaik bagi susunan pemainnya.

“Masih proses, karena kami bermain 120 menit dua hari lalu. Ketika bertemu para pemain, saya baru akan membuat keputusan dan menyusun tim,” ujarnya kepada awak media, seperti diwartakan This Is Anfield.

Baca Juga

Walaupun sulit, Jurgen Klopp memastikan bahwa apa pun keputusan yang ia ambil dan seperti apa tim yang akan ia racik nantinya, tujuan utamanya adalah memenangkan laga kontra Southampton.

Di sisi lain, pelatih berusia 54 tahun tersebut juga sadar betul bahwa ia harus ekstra hati-hati dalam melangkah. Apalagi, ketika Liga Inggris hanya menyisakan dua jadwal lagi dan perjuangan belumlah selesai.

 

2. Berkaca pada Laga Kontra Aston Villa

Jurgen Klopp harus memutar otak menghadapi sisa musim Liverpool yang berat. Foto: Shaun Botterill/Getty Images.

Dengan situasi saat ini, Jurgen Klopp pun diprediksi menurunkan line up yang tidak kalah variatif saat Liverpool menghadapi Aston Villa beberapa hari lalu.

Meski masih beranggotakan sejumlah pemain pilar seperti Virgil van Dijk, Fabinho, Sadio Mane, dan Trent Alexander-Arnold, sosok seperti Andy Robertson tidak nampak batang hidungnya.

Baca Juga

Sementara itu, Mohamed Salah dan Jordan Henderson berada di daftar bangku cadangan. Naby Keita dan Curtis Jones mendapat lampu merah untuk masuk sebagai starter, begitu pula Kostas Tsimikas.

Walaupun berhasil memenangkan pertandingan dengan skor tipis 2-1, penampilan Liverpool ketika melawan Aston Villa terbilang mengkhawatirkan apalagi terkait pertahanan.

Sebelum gol cepat Douglas Luiz, Alisson Becker terpantau sempat berkutat dengan Ollie Watkins yang berusaha menjebol gawangnya, namun beruntung dapat digagalkan dengan sebuah tepisan.

Baca Juga

Hanya saja tidak lama berselang, Aston Villa kembali membawa bola ke area kotak penalti lewat Lucas Digne, yang sempat disundul oleh Douglas Luiz dengan lemah sehingga masih bisa terselamatkan.

Namun nanti dulu. Ternyata, bola itu malah rebound dan berkat kecekatan Douglas Luiz, Aston Villa berhasil menjebol gawang Liverpool di dalam kurun waktu tiga menit pertama laga.

Para pemain Aston Villa pun terus menggempur pertahanan The Reds, membuat Allisson Becker auto stand by dengan konsentrasi penuh. Apalagi, setelah ia kecolongan satu gol cepat di babak pertama.

Baca Juga

Beruntung, Joel Matip dan Sadio Mane tampil sebagai pahlawan kemenangan Liverpool kala itu. Di sisi lain, Fabinho harus menepi dari lapangan karena cedera.

Lantas, apakah Jurgen Klopp akan kembali sukses dengan rotasi dan racikan pemainnya yang bisa jadi sedikit tidak lazim lagi ketika melawan Southampton?

LiverpoolSouthamptonJurgen KloppLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita Liga InggrisOne Football

Berita Terkini