x

5 Momen Perebutan Scudetto di Laga Terakhir Liga Italia: Rekor Bagus AC Milan, Inter Wajib Hati-hati

Jumat, 20 Mei 2022 21:00 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berikut deretan momen perebutan Scudetto di laga terakhir Liga Italia, seiring adanya duel perebutan juara antara AC Milan dan Inter Milan di musim ini.

INDOSPORT.COM – Berikut deretan momen perebutan Scudetto di laga terakhir Liga Italia, seiring adanya duel perebutan juara antara AC Milan dan Inter Milan di musim ini.

Liga Italia musim 2021/22 menyisakan satu pertandingan tersisa. Dalam satu pertandingan tersisa ini, penikmat sepak bola akan dimanjakan dengan perebutan gelar juara antara AC Milan dan Inter Milan.

Baca Juga

Kedua tim terbaik di Italia saat ini akan bersaing memperebutkan gelar juara musim ini, yakni Scudetto di pekan terakhir musim ini.

Keduanya berpeluang meraih gelar, mengingat saat ini baik AC Milan dan Inter hanya terpaut dua poin saja di tangga klasemen.

Sehingga, satu pertandingan terakhir ini akan menjadi penentu, siapakah yang akan menyandang gelar mahkota juara pada akhir pekan ini.

Baca Juga

Di laga terakhir, AC Milan akan menantang Sassuolo. Sedangkan Inter akan berhadapan dengan Sampdoria di kandangnya.

Dengan satu pertandingan tersisa, AC Milan dan Inter wajib menang atas lawan-lawannya. Khusus bagi Rossoneri, mereka hanya cukup mendapat hasil imbang karena unggul Head to Head dari Nerazzurri.

Nyatanya, perebutan gelar juara antara AC Milan dan Inter hingga pekan terakhir musim ini bukanlah barang baru dalam perhelatan Liga Italia.

Baca Juga

Setidaknya, ada beberapa momen di mana gelar juara dipertaruhkan hingga pekan terakhir Liga Italia Berikut rangkumannya.


1. Momen Perebutan Juara di Pekan Terakhir Liga Italia

Selebrasi pemain AC Milan Alessandro Florenzi merayakan gol ketiga mereka bersama rekan setim ke gawang Hellas Verona. Foto: REUTERS/Alessandro Garofalo

AC Milan dan Lazio (Liga Italia 1998/99)

Pada Liga Italia musim 1998/99, AC Milan pernah merasakan perebutan Scudetto hingga pekan terakhir kompetisi. Bedanya, pesaingnya saat itu adalah Lazio.

Pada musim tersebut, Lazio yang sempat duduk di puncak dan unggul tujuh poin atas AC Milan, harus menerima kenyataan poinnya mampu dikejar Rossoneri di dua pekan terakhir liga.

Saat itu, di dua pekan terakhir Liga Italia 1998/99, Lazio yang unggul satu poin harus disalip AC Milan di tangga klasemen usai Biancocelesti bermain imbang dengan Fiorentina. Di sisi lain, Rossoneri menang 4-0 atas Empoli.

Baca Juga

Sehingga, AC Milan berbalik unggul satu poin atas Lazio di satu pertandingan tersisa. Tak disangka, Rossoneri yang sempat tak masuk itungan juara, malah berhasil mengunci Scudetto.

Kepastian AC Milan jadi juara di musim itu ditentukan di pekan terakhir saat menang 2-1 dari Perugia, dan Lazio harus menerima kenyataan gelar melayang di pekan terakhir kendati menang 2-1 dari Parma.

Lazio dan Juventus (Liga Italia 1999/00)

Semusim usai gelar juara di depan mata melayang di laga terakhir, Lazio kembali menghadapi perebutan juara di laga terakhir Liga Italia musim 1999/00.

Kali ini, yang jadi lawan Lazio dalam berebut Scudetto hingga laga terakhir adalah Juventus arahan Carlo Ancelotti. Saat itu, Bianconeri diunggulkan menjadi juara karena unggul dua poin atas Lazio.

Baca Juga

Di laga terakhir, Juventus bertemu tim lemah Perugia, dan Lazio bertemu tim papan bawah, Reggina. Tak disangka, kedua tim mendapati hasil berbeda.

Di pekan terakhir ini, Juventus malah tergelincir dan kalah 0-1 dari Perugia dalam laga yang sempat mengalami penundaan akibat banjir besar.

Sedangkan Lazio berhasil menang 4-0 atas Reggina. Alhasil, Biancocelesti berhasil merebut puncak di laga terakhir dan meraih Scudetto Liga Italia 1999/00.


2. Momen Perebutan Juara di Pekan Terakhir Liga Italia

Simone Inzaghi berpose dengan trofi Coppa Italia setelah bawa Inter Milan juara. Foto: REUTERS/Alberto Lingria.

AS Roma dan Juventus (2000/01)

Nasib nahas menimpa Juventus semusim usai gelar juara direbut Lazio di pekan terakhir. Lagi-lagi gelar di depan mata Bianconeri dari wakil ibu kota, kali ini adalah AS Roma di Liga Italia 2000/01.

Di perebutan ini, AS Roma sudah dijagokan dari pertengahan musim. Tapi, mereka hampir terpeleset usai di laga kedua terakhir harus terpeleset karena imbang 2-2 dengan Napoli, sehingga Juventus mampu memangkas jarak menjadi dua poin.

Alhasil penentuan dilakukan di laga terakhir. AS Roma yang percaya diri mampu menyabet Scudetto usai menang 3-1 atas Parma dan membuat Juventus lagi-lagi gagal meraih gelar juara.

Baca Juga

Juventus, AS Roma, dan Inter Milan (Liga Italia 2001/02)

Perebutan Scudetto di laga terakhir terseru mungkin terjadi di Liga Italia 2001/02 atau dua dekade silam. Saat itu, perebutan juara melibatkan tiga tim yakni Juventus, AS Roma, dan Inter Milan.

Menjelang pekan terakhir, Inter Milan unggul satu poin atas Juventus dan dua poin atas AS Roma. Sehingga Nerazzurri harus menang di partai terakhir untuk meraih Scudetto pertama sejak 1989.

Nahasnya, di laga terakhir Inter malah terpeleset saat menghadapi Lazio dengan tumbang 2-4. Di sisi lain, Juventus menang atas Udinese dan AS Roma menang 1-0 atas Torino.

Sehingga Juventus berhasil meraih Scudetto, lalu AS Roma di peringkat kedua, dan Inter Milan yang di puncak malah melorot ke posisi ketiga di laga terakhir.

Baca Juga

Inter Milan dan AS Roma (2007/08)

Di musim 2007/08, Inter Milan dan AS Roma bersaing ketat memperebutkan gelar Scudetto, di mana kedua tim terpaut satu poin di dua laga tersisa.

Di laga terakhir Inter Milan dan AS Roma butuh kemenangan atas lawan-lawannya. Kali ini, Dewi Fortuna berpihak ke Nerazzurri.

Di pekan terakhir, Inter Milan berhasil menyegel gelar juara usai menang 2-0 dari Parma dan AS Roma hanya bermain imbang 1-1 melawan Catania.

AC MilanInter MilanJuventusAS RomaLazioLiga ItaliaSepak Bola

Berita Terkini