x

Bukan Lagi Cristiano Ronaldo, Carlo Ancelotti Pantas Dijuluki Mr. Champions League?

Minggu, 29 Mei 2022 17:55 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Carlo Ancelotti sudah sepantasnya disebut Mr. Champions League yang baru usai antar Real Madrid menuju titel Liga Champions ke-14 dan punya enam titel pribadi. (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach)

INDOSPORT.COM - Dalam satu dekade terakhir, ajang bergengsi Liga Champions Eropa sering diidentikkan dengan Cristiano Ronaldo berkat lima gelarnya hingga saat ini.

Akan tetapi raja dari Liga Champions mungkin sebenarnya adalah Carlo Ancelotti yang kini menjabat sebagai pelatih kepala Real Madrid.

Baca Juga

Kesuksesannya mengantarkan Los Blancos menjadi kampiun musim 2021-2022 di Liga Champions pada Minggu (29/05/22) dini hari WIB membuat Carlo Ancelotti kini punya koleksi enam trofi.

Dua titel pertama diraih saat ia masih aktif bermain untuk AC Milan pada akhir dekade 1980 silam. Kala itu Liga Champions masih bernama European Cup dan Il Rossoneri bersama sang gelandang kreatif memenangkannya dalam dua musim beruntun di 1988/1989 dan 1989/1990.

Baca Juga

Sekitar setahun kemudian Ancelotti kemudian memutuskan untuk pensiun dan beraloh profesi menjadi pelatih. Butuh waktu lebih dari satu dekade dan berganti klub tiga kali sebelum akhirnya ia bisa memenangkan Liga Champions sebagai aktor di tepi lapangan.

Titel perdananya sebagai allenatore datang kala masih bekerja untuk AC Milan yakni di musim 2002-2023, dengan mengalahkan mantan klub asuhannya, Juventus di partai puncak.

Baca Juga

Selang dua tahun AC Milan dan Ancelotti sebenarnya bisa memenangkan Liga Champions lagi namun mereka justru tumbang di tangan Liverpool dalam 'keajaiban Istanbul' via adu penalti.

Balas dendam kontan kemudian bisa dilakukan kala kedua tim kembali berjodoh di final 2006-2007 silam. AC Milang menang 2-1 atas Liverpool, namun setelah itu sang raksasa Italia belum pernah lagi mengulang prestasi yang sama.


1. Hapus Keraguan

Selebrasi para pemain Real Madrid dan Carlo Ancelotti saat mengangkat gelar Liga Champions 2021/22. REUTERS/Lee Smith)(Foto:

Lepas dari AC Milan per Mei 2009, Carlo Ancelotti kemudian mulai memberanikan diri berkarier di luar Italia yang menjadi negara asalnya.

Berurutan arsietek kharismatik tersebut menukangi Chelsea dan Paris Saint-Germain yang kala itu sedang di puncak ambisi membangun tim menggunakan investasi pemilik masing-masing namun Ancelotti gagal memberikan keduanya Liga Champions.

Baca Juga

Barulah bersama Real Madrid di 2013/2014 tangan dingin Ancelotti kembali dipuji dengan mengantar El Real ke gelar Liga Champions kesepuluh bertajuk 'La Decima' yang telah dinanti sejak lama.

Sayangnya baru dua tahun di ibu kota Spanyol, ia kemudian dipecat dan terpaksa singgah ke Bayern Munchen, Napoli, juga Everton namun lagi-lagi tanpa raihan berarti.

Baca Juga

Carlo Ancelotti dan Real Madrid akhirnya kembali berjodoh sejak 2021/2022 dan seperti periode pertamanya, trofi Liga Champions langsung hadir dan kali ini dilengkapi dengan gelar Liga Spanyol.

Trofi UCL kali ini terasa paling manis karena membuahkan banyak rekor spektakuler untuk juru taktik 62 tahun itu.

Baca Juga

Dengan koleksi empat gelar, Ancelotti menjadi manajer dengan jumlah piala Liga Champions terbanyak tepat saat publik kerap mengkritiknya miskin strategi dan inovasi.

Bagi Real Madrid, ini adalah titel ke-14 mereka dan kini kian mengkukuhkan mereka sebagai klub terbaik Eropa berkat magis Carlo Ancelotti dengan hanya AC Milan (7) yang bisa mendekati mereka.


2. Real Madrid Panen Rekor usai Juara Liga Champions 14 Kali

Toni Kroos dan Virgil van Dijk di Final Liga Champions Liverpool vs Real Madrid (REUTERS/Gonzalo Fuentes)

Melihat sederet rekor serta catatan impresif yang ditorehkan Real Madrid usai mengalahkan Liverpool dalam partai final Liga Champions 21/22.

Los Blancos raja Eropa! Dalam pertandingan final Liga Champions 21/22 yang berlangsung pada Minggu (29/05/22) dini hari WIB, Real Madrid berhasil keluar sebagai juara setelah menang tipis 0-1 atas Liverpool.

Bertanding di Stade de France pada Minggu (29/05/22) dini hari WIB, Liverpool yang mengandalkan trio Salah, Mane, Diaz sebagai ujung tombak, langsung menekan pertahanan Real Madrid selepas kick off.

Di menit-menit awal, blunder nyaris terjadi ketika kiper Real Madrid, Thibaut Courtois, terus ditekan oleh lini depan Liverpool. Sayang, gol belum berpihak kepada The Reds.

Terus mendapat tekanan di awal babak pertama, Real Madrid akhirnya bisa leluasa memainkan bola dan raih peluang pertama di menit ke-20’ lewat aksi Vinicius Junior.

Baca selengkapnya: Los Blancos Raja Eropa! Deretan Rekor Impresif Real Madrid Usai Juara Liga Champions 21/22

Real MadridLiga ChampionsAC MilanCarlo AncelottiAC Milan NewsBerita Liga Champions Eropa

Berita Terkini