x

Ditinggal Sadio Mane tapi Kedatangan Darwin Nunez, Begini Formasi Mengerikan Liverpool

Kamis, 9 Juni 2022 17:35 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Bakal ditinggal Sadio Mane, Liverpool bergerak cepat memburu Darwin Nunez dari Benfica. Bakal seperti apa formasi The Reds dengan perubahan itu?

INDOSPORT.COM – Bakal ditinggal Sadio Mane, Liverpool bergerak cepat memburu Darwin Nunez dari Benfica. Bakal seperti apa formasi The Reds dengan perubahan itu?

Sempat digadang merebut quadruple, Liverpool akhirnya harus puas menutup musim 2021/2022 dengan trofi Piala FA dan Carabao Cup, setelah gagal di Liga Inggris dan Liga Champions.

Baca Juga

Kini, The Reds menatap musim baru 2022/2023 dengan potensi mengalami perubahan besar. Pasalnya, mereka terancam ditinggal oleh salah satu pemain pilar mereka, Sadio Mane.

Seperti diketahui, kontrak Mane bersama The Reds akan habis setahun lagi. Namun, sang pemain menolak menambah komitmennya dan kini justru santer dikaitkan dengan Bayern Munchen.

Kepergian Mane yang sudah menjadi andalan utama selama beberapa musim terakhir jelas akan menjadi kehilangan besar. Namun, The Reds pun langsung bergerak cepat mencari pengganti.

Baca Juga

Kabar menarik pun kini datang dengan Liverpool disebut menjadi salah satu kandidat kuat untuk memboyong bomber tajam Benfica, Darwin Nunez.

Tampil tajam musim lalu dengan 34 gol dari 41 laga untuk klub Portugal itu, Darwin Nunez sejatinya lebih dulu dikaitkan dengan Manchester United.

Namun, Daily Mail menyebut The Reds siap mengeluarkan dana 85 juta pounds untuk Nunez, yang akan menjadikannya pembelian termahal mereka memecahkan rekor Virgil van Dijk.

Baca Juga

Di sisi lain, Nunez sendiri dikabarkan berminat untuk bergabung dengan Liverpool dan menjadi anak asuh Jurgen Klopp.

Lantas, bakal seperti apa formasi Liverpool dengan kepergian Sadio Mane dan kedatangan Darwin Nunez? Berikut ulasannya:


1. Lini Belakang

Trent-Alexander Arnold kala membela Liverpool di Liga Primer Inggris.

Kepergian Sadio Mane dan kedatangan Darwin Nunez diyakini takkan membuat Jurgen Klopp meninggalkan pola 4-3-3 yang menjadi andalannya selama ini.

Di lini belakang pun diyakini takkan ada perubahan berarti. Pos penjaga gawang, misalnya, akan tetap menjadi milik Alisson Becker yang selama ini tampil kokoh dan konsisten.

Baca Juga

Musim lalu, Alisson bahkan memenangi trofi sarung tangan emas bersama dengan kiper Manchester City, Ederson, berkat catatan 20 cleansheet dari 35 laga Liga Inggris.

Perubahan juga diyakini tak akan banyak terjadi di sektor 4 pemain belakang yang terdiri dari 2 full back dan 2 bek tengah.

Di pos full back kanan, Trent Alexander-Arnold masih akan terus jadi andalan seperti selama beberapa musim terakhir ini.

Baca Juga

Seperti diketahui, meski berposisi full back, Trent Alexander-Arnold menjadi salah satu pusat serangan Liverpool. Musim lalu, ia mencetak 2 gol dan 19 assist.

Sementara itu, sisi kiri akan dikuasai oleh Andy Robertson yang juga sudah jadi andalan Jurgen Klopp di beberapa musim terakhir.

Sama seperti Alexander-Arnold, Robertson juga punya kemampuan yang bagus dalam membantu serangan, di mana musim lalu ia mencetak 3 gol dan 15 assist.

Baca Juga

Kedua full back bernaluri menyerang yang kuat ini akan mengapit duo bek tengah, yang salah satunya akan ditempati oleh Virgil van Dijk. Van Dijk memang tak tergusur dari pos bek tengah Liverpool sejak diboyong dari Southampton, kecuali saat cedera parah dan absen panjang di musim 2020/2021.

Posisi sebagai rekan duet van Dijk akan diisi bergantian oleh Joel Matip dan Ibrahima Konate seperti yang terjadi di musim ini.

 

2. Lini Tengah dan Depan

Selebrasi gol Mohamed Salah di Liga Champions Liverpool vs AC Milan.

Beralih ke lini tengah, Jurgen Klopp akan terus mengandalkan 3 gelandang untuk menguasai lini sentral ini seperti yang biasa terjadi dalam skema 4-3-3.

Dalam trio gelandang tersebut, satu tempat hampir bisa dipastikan menjadi milik sang kapten Jordan Herderson. Musim lalu, ia mencatatkan 57 penampilan, tertinggi dibandingkan para pemain lain.

Baca Juga

Jordan Henderson akan bertugas menjaga tempo dan mengalirkan bola ke depan lewat kemampuan passingnya yang mumpuni.

Sementara itu, satu tempat akan diisi oleh Fabinho yang akan lebih banyak bertugas untuk menjaga kedalaman sekaligus memberikan perlindungan bagi lini belakang.

Satu tempat lagi akan diisi oleh Thiago Alcantara yang bertugas sebagai gelandang kreatif dan membantu serangan dari lini kedua.

Baca Juga

Perubahan besar akan terjadi lini di lini depan yang selama ini identik dengan trio Firmansyah alias Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah.

Pos winger kiri yang ditinggalkan Sadio Mane, akan diisi oleh Luis Diaz yang langsung tampil nyetel sejak diboyong dari Porto pada Januari lalu. Diaz sendiri sudah kerap dijadikan pilihan utama oleh Klopp menjelang akhir musim.

Sementara itu, pos winger kanan akan menjadi milik Mohamed Salah. Seperti diketahui, sejak diboyong dari AS Roma, Salah tampil spektakuler dengan 156 gol dari 254 laga selama 5 musim untuk The Reds.

Baca Juga

Satu tempat tersisa sebagai penyerang tengah akan ditempati Darwin Nunez. Kehadiran pemain Uruguay ini akan memberikan warna berbeda di lini depan. Selain piawai menahan bola dan melakukan link up play, Nunez juga merupakan penuntas serangan dengan naluri gol yang tinggi.

Liverpool XI: Alisson; Alexander-Arnold, Van Dijk, Konate/Matip, Robertson; Thiago, Fabinho, Henderson; Salah, Nunez, Diaz.

LiverpoolSadio ManeLiga InggrisBerita Liga InggrisDarwin NunezOne Football

Berita Terkini