x

3 Pemain Gratisan Jurgen Klopp yang Tak Bersinar di Liverpool dan Nasibnya Kini

Jumat, 8 Juli 2022 15:32 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Melihat nasib tiga pemain rekrutan Jurgen Klopp yang tak bersinar di Liverpool. Foto: Shaun Botterill/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Tidak terasa, bertahun-tahun sudah Jurgen Klopp mengabdi untuk klub Liga Inggris, Liverpool.

Mendarat ke Liverpool dari Borussia Dortmund pada tahun 2015, pelatih asal Jerman itu mewarisi skuat peninggalan Brendan Rodgers yang belum mampu menyegel gelar Liga Inggris sejak musim 1989-1990.

Baca Juga

Ya, sudah bukan rahasia lagi bahwa trofi Liga Inggris adalah benda sakral yang telah lama diidamkan warga Liverpool selama bertahun-tahun.

Namun sayangnya sederet juru taktik yang mampir ke Liverpool seperti Graeme Souness, Roy Evans, Gerard Houllier, Rafael Benitez, dan Brendan Rodgers selalu gagal dalam misinya membawa tim ini juara.

Bahkan, Sir Kenny Dalglish yang kembali pada 2010-2011 dan 2011-2012 setelah membawa The Reds menjadi raja Inggris pada 1989-1990 juga tidak mampu berbuat banyak.

Baca Juga

Magisnya yang dulu sama sekali tidak terulang. Malahan, di tangannya The Reds finis memprihatinkan di posisi 6 dan 8 klasemen akhir Liga Inggris.

Brendan Rodgers sempat melambungkan asa para suporter Liverpool untuk merasakan kembali gelar Liga Inggris pada musim 2013-2014 tapi berakhir pahit dengan status runner-up.

Akan tetapi, kehadiran Jurgen Klopp pada periode selanjutnya dan kesabaran manajemen Liverpool terhadap sang manajer kali ini berbuah manis.

Baca Juga

Selama menangani Liverpool, Jurgen Klopp juga membawa banyak pemain brilian yang berkontribusi hebat dalam perburuan trofi-trofi bergengsi.

Sebut saja beberapa di antaranya Sadio Mane, Alisson Becker, dan masih banyak lagi.


1. Ada Kiper Jangka Pendek

Melihat nasib tiga pemain rekrutan Jurgen Klopp yang tak bersinar di Liverpool. Foto: Shaun Botterill/Getty Images.

Meski begitu, tentu tidak selamanya mata seorang Jurgen Klopp selalu benar. Ada kalanya sejumlah pemain yang ia datangkan ke Liverpool tidak memiliki kisah bahagia.

Untuk itu, berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT.com sajikan beberapa nama pemain yang tidak bersinar setelah didatangkan Jurgen Klopp ke Liverpool.

Baca Juga

Namun satu yang perlu dicatat, mereka-mereka ini bahkan datang dengan status free transfer, lho. Siapa saja?

Andy Lonergan

Diboyong ke Liverpool dari Middlesbrough pada tahun 2019. Mungkin tidak banyak yang mengingat pemain yang satu ini karena ia hanya dikontrak jangka pendek sebagai kiper cadangan.

Pada waktu itu, Andy Lonergan bergabung dengan skuat The Reds untuk tur pramusim mereka ke AS, mengisi stok kiper yang makin terbatas setelah cederanya Alisson Becker.

Baca Juga

Perjalanan Andy Lonergan di Liverpool sendiri memang terbilang sangat singkat. Sempat dimasukkan ke daftar skuat yang bermain di final Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub, ia tidak dimainkan.

Di partai puncak Piala Dunia Antarklub, Jurgen Klopp lebih memilih Adrian sedangkan di Piala Super Eropa Alisson Becker sudah kembali.

Andy Lonergan pun dilepas Liverpool di penghujung musim 2019-2020. Tidak berapa lama kemudian, ia bergabung dengan sesama klub Liga Inggris, Stoke City.

Baca Juga

Terakhir kali terdengar nasibnya, kiper kelahiran Preston, Inggris, tersebut tercatat sebagai pemain Everton.

Namun dengan kontrak yang berakhir musim panas ini, ia lagi-lagi berstatus free agent dan tengah mencari pelabuhan baru untuk disinggahi.

 

2. Lagi-lagi Kiper

Kiper Liverpool, Adrian. Foto: Matthew Ashton - AMA/Getty Images.

Alex Manninger

Mendarat di Liverpool dari klub Jerman, Augsburg FC, pada tahun 2016. Tidak berbeda jauh dengan Andy Lonergan, Alex Manninger juga menyepakati kontrak jangka pendek bersama The Reds.

Status free transfer yang disandangnya pun membuat Liverpool tidak keberatan. Namun pada saat itu publik sempat bertanya-tanya mengapa Jurgen Klopp punya waktu mendatangkan kiper ‘tua’ gratisan ke Anfield.

Baca Juga

Namun langkah yang diambil juru taktik asal Jerman itu tentu bukan tanpa alasan. Menurutnya, Alex Manninger adalah sosok kiper veteran dengan segudang pengalaman.

"Alex telah bermain di beberapa level tertinggi dalam kariernya di klub-klub divisi tertinggi Liga Inggris, Jerman, Spanyol, Italia serta Austria yang tidak banyak dimiliki orang lain,” ujarnya dikutip dari laman resmi klub.

Akan tetapi, Liverpool pada akhirnya hanya jadi pelabuhan Alex Manninger usai sang kiper mengambil keputusan pensiun pada 2017.

Baca Juga

Adrian San Miguel

Akrab disapa dengan nama Adrian, lagi-lagi pemain yang berposisi kiper seperti dua nama yang sudah dibahas di atas.

Namun setidaknya, kisah Adrian di Liverpool sedikit lebih baik ketimbang Andy Lonergan dan Alex Manninger.

Ia sempat mencicipi rasanya bermain bersama skuat The Reds meski harus berjuang meraih tempat di pecking order Jurgen Klopp.

Baca Juga

Sejak didatangkan dari West Ham United pada 2019, Adrian sampai saat ini masih bersatus pemain Liverpool yang kontraknya bakal habis tahun depan.

Setelah hengkangnya Loris Karius, saingan Adrian tentu sedikit berkurang. Namun Liverpool masih punya Alisson Becker dan Caoimhin Kelleher di daftar kiper mereka.

LiverpoolJurgen KloppLiga InggrisBerita Liga InggrisOne Football

Berita Terkini