x

3 Bintang Eintracht Frankfurt Berbahaya yang Bisa Gagalkan Real Madrid Raih Piala Super UEFA

Minggu, 7 Agustus 2022 20:12 WIB
Editor: Juni Adi
Selebrasi para pemain Eintracht Frankfurt usai mengalahkan Barcelona di perempat final Liga Europa. Foto: Reuters/Albert Gea

INDOSPORT.COM - Eintracht Frankfurt berpeluang bisa menghancurkan Real Madrid di Piala Super UEFA, karena mereka mempunya tiga pemain bintang andalan.

Duel seru tersaji di final Piala Super UEFA (UEFA Supercup) yang mempertemukan Real Madrid vs Eintracht Frankfurt di Stadion Olimpiade Helsinki pada Kamis (11/08/22) dinihari WIB.

UEFA Supercup sendiri adalah pertandingan tahunan yang rutin digelar oleh UEFA, dengan mempertemukan antara juara Liga Champions vs juara Liga Europa musim sebelumnya, sebagai salah satu tanda kompetisi antar klub top Benua Biru akan segera dimulai.

Baca Juga

Real Madrid menjuarai Liga Champions setelah menang atas Liverpool di final dengan skor 1-0, sedangkan Eintracht Frankfurt memenangkan Liga Europa usai membungkam Rangers lewat adu penalti 5-4 (1-1).

Meski hanya sebatas pertandingan pramusim, namun dari segi histori memenangkan trofi ini cukup bergengsi apalagi di bawah naungan UEFA.

Oleh karena itu kedua tim terus mematangkan persiapan diri untuk bisa tampil baik di pertandingan nanti. Real Madrid telah melakoni sejumlah pertandingan pramusim.

Baca Juga

Hasilnya memang kurang memuaskan. Dari tiga pertandingan yang sudah dijalani, El Real hanya mampu meraih satu kemenangan yakni mengalahkan Juventus dengan skor 2-0.

Dua pertandingan lainnya diakhir dengan kekalahan atas Barcelona 0-1 dan imbang melawan Club America 2-2.

Catatan itupun membuat pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti menyebut lawannya lebih bisa diunggulkan karena faktor kebugaran, ketimbang pemain Los Blancos yang terlambat memulai pramusim.

Baca Juga

Kendati demikian, Don Carlo tetap yakin bahwa anak asuhnya bisa fokus mempersiapkan pertandingan Piala Super Eropa itu.

"Kami memiliki beberapa kelemahan lebih dari Eintracht, yang memulai musim mereka lebih awal, tapi kami akan bermain untuk menang," ujar Ancelotti dikutip dari laman resmi UEFA.

"Tahun lalu, Eintracht mencapai sesuatu yang istimewa karena mereka bukan favorit."

"Mereka memainkan permainan yang hebat, menang melawan Barcelona di Camp Nou dengan memaksimalkan serangan balik dan fokus pada pertahanan serta transisi kecepatan tinggi," sambungnya.

Sementara untuk Eintracht Frankfurt sendiri punya modal berharga jelang duel melawan Real Madrid di pertandingan ini, yaitu mampu meraih kemenangan atas Magdeburg di putaran pertama DFB Pokal musim ini.

Selain itu mereka juga menang 3-1 atas Torino. Akan tetapi mereka baru saja digebuk oleh Bayern Munchen dengan skor 1-6 di pramusim.

Meskipun Jerman itu menorehkan hasil minor di laga terakhir, mereka tetap bisa jadi ancaman serius bagi pertahanan Real Madrid di Piala Super UEFA karena memiliki tiga bintang andalan. Siapa saja?


1. Rafael Borre

Pemain Barcelona, Adam Traore dikawal pemain Eintracht Frankfurt di pinggir lapangan.

Rafael Borre akan menjadi salah satu ancaman besar bagi Real Madrid di pertandingan Piala Super UEFA.

Pasalnya, pemain berkebangsaan Kolombia ini berstatus top skor Frankfurt di segala ajang, dengan catatan 11 gol dan 8 assist di semua kompetisi dari 44 pertandingan.

Baca Juga

Meski terkesan minim, ancaman dari Rafael Borre bukan datang dari golnya saja, melainkan kreativitas dan agresivitasnya sebagai pemain.

Dilansir dari FBref, Borre punya catatan assist sebesar 0,16 per 90 menit, dengan Shot-Creating Actions (SCA) atau tindakan seperti dribel, operan atau pelanggaran berbuah peluang sebanyak 2,3 kali per 90 menit.

Selain itu agresivitasnya terlihat dari jumlah tekanan yang ia berikan ke lawan. Dalam 90 menit pertandingan, Borre rata-rata menekan lawan yang memegang bola sebanyak 25,8 kali.

Baca Juga

Aktifnya tekanan yang ia berikan ke lawan ini dibarengi dengan jumlah tekel dan blok yang cukup signifikan, yakni 1,36 tekel per 90 menit dan 1,04 blok per 90 menit.

Melihat agresivitasnya itu, lini belakang dan lini tengah Real Madrid wajib hati-hati saat memainkan penguasaan bola atau membangun serangan dari belakang.


2. Daichi Kamada

Daichi Kamada pada laga Final antara Eintracht Frankfurt v Rangers. Foto: REUTERS/Albert Gea

Nama lain dari Eintracht Frankfurt yang wajib diwaspadai Real Madrid di laga Piala Super UEFA nanti adalah Samurai asal Jepang, Daichi Kamada.

Daichi Kamada bisa dikatakan sebagai salah satu kunci Frankfurt di laga nanti, jika melihat catatannya selama bermain di kancah Liga Europa musim lalu.

Baca Juga

Pemain berusia 25 tahun ini mampu mencetak empat gol di kancah Liga Europa hanya dari 12 pertandingan yang ia mainkan.

Namun, catatan terbaik Kamada ada pada kemampuannya untuk mengatur permainan dan mendikte serangan Frankfurt.

Kamada menjadi otak permainan Frankfurt dengan kemampuannya melepaskan operan, yang mencapai 38,8 kali per 90 menit dengan kesuksesan sebesar 78,7 persen.

Baca Juga

Tak hanya andal mengatur permainan, Kamada juga andal dalam mendikte serangan dengan pergerakannya di kantong antara lini tengah dan lini belakang lawan.

Tercatat ia menerima bola sebanyak 7,45 kali per 90 menit di area lawan, di mana 3,4 di antaranya ia dapatkan di kotak penalti lawan.

Dengan kata lain, Kamada akan menjadi salah satu pemain yang bisa membunuh Real Madrid bila tak diperhatikan pergerakan tanpa bolanya di area pertahanan Blaugrana. 

Baca Juga

Filip Kostic

Pemain Eintracht Frankfurt lainnya yang wajib diwaspadai oleh Real Madrid adalah Filip Kostic. Winger satu ini punya catatan mentereng dibanding pemain Die Adler lainnya.

Filip Kostic merupakan salah satu winger kreatif di tubuh Frankfurt, dengan torehan 7 gol dan 15 assist dari 42 pertandingan di mana salah satu golnya membuat Bayern Munchen bertekuk lutut.

Jumlah assist ini terbilang cukup untuk menandakan bahwa pemain berusia 29 tahun ini sangat piawai dalam menciptakan peluang bagi rekan-rekannya.

Apalagi jika melihat catatannya secara spesifik, di mana rata-rata Filip Kostic membuat 0,,37 assist per 90 menit dan 3,99 Shot-Creating Actions per 90 menit.

Catatan apik ini dalam permainan kolektif ini dibarengi dengan permainan individunya yang ciamik, di mana Filip Kostic punya keunggulan dalam melakukan dribel.

Tercatat Filip Kostic mampu membuat 1,17 dribel sukses per 90 menit dan kerap melakukan tusukan dengan bola sebanyak 8,11 kali per 90 menit.


Dengan catatan tersebut, Filip Kostic akan menjadi ancaman nyata bagi bek sayap Real Madrid, terutama bek kanan yang ditempati oleh Daniel Carvajal.

Real MadridEintracht FrankfurtUEFA Super CupPiala Super UEFATRIVIAOne Football

Berita Terkini