x

Deretan Mantan Pemain yang Bisa Dipulangkan Persib untuk Gantikan Robert Rene Alberts

Kamis, 11 Agustus 2022 17:15 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berikut ini adalah deretan mantan pemain yang bisa dipulangkan tim Liga 1, Persib Bandung untuk menggantikan posisi Robert Rene Alberts.

INDOSPORT.COM – Berikut ini adalah deretan mantan pemain yang bisa dipulangkan tim Liga 1, Persib Bandung untuk menggantikan posisi Robert Rene Alberts.

Persib Bandung memiliki sederet mantan pemain berstatus legenda yang terjun ke dunia kepelatihan dan bisa dipulangkan untuk menggantikan posisi Robert Rene Alberts yang baru saja mundur.

Baca Juga

Belum lama ini, Robert Rene Alberts memutuskan mundur dari jabatannya sebagai pelatih Persib, kendati kontraknya tersisa hingga 2025 mendatang.

Keputusannya mundur tak lepas dari hasil minor yang diraih Maung Bandung, sehingga melahirkan desakan-desakan dari beragam elemen.

Desakan paling nyata hadir dari suporter Persib yang melakukan demo agar pelatih berkebangsaan Belanda itu dilengserkan.

Baca Juga

Tekanan dari para suporter ini juga dibarengi tekanan dari level manajemen yang belakangan terus mengevaluasi Robert Alberts.

Hal ini dikarenakan catatan buruk Persib di tiga laga awal Liga 1 2022-2023 yang hanya mampu meraih satu hasil imbang dan dua kekalahan.

Hasil tersebutlah yang membuat Robert Alberts kemudian memutuskan mundur dari jabatannya yang telah diemban selama tiga tahun terakhir.

Baca Juga

Kini Persib pun tengah mencari pelatih baru untuk menyongsong Liga 1. Dari sekian banyak opsi, Maung Bandung setidaknya bisa melirik mantan pemainnya yang telah terjun ke dunia kepelatihan.

Siapa saja para mantan pemain Persib yang punya kiprah di dunia kepelatihan?


1. 1. Nova Arianto

Asisten pelatih Nova Arianto terlihat melakukan push up disela-sela latihan tendangan penalti pemain Timnas U-22.

Nova Arianto merupakan bek andalan Persib Bandung di era 2000 an. Ia merupakan salah satu pemain yang loyal bersama Maung Bandung.

Tercatat, pria yang dulunya semasa bermain dijuluki Suster Ngesot itu membela Persib sejak 2007 hingga tahun 2011.

Baca Juga

Putra dari Sartono Anwar ini kini telah pensiun dan meneruskan kariernya mengikuti jejak sang ayah di dunia kepelatihan.

Diketahui, pria yang juga akrab disapa Vava ini kini berstatus asisten pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia sejak 2020 lalu.

Sedangkan kiprahnya di dunia kepelatihan telah bermula sejak lama, di mana ia pernah menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia U-19 dan U-23.

Baca Juga

Selain itu, Vava juga pernah berkiprah sebagai asisten pelatih Pelita Bandung Raya, pelatih Madiun Putra, dan pelatih Bhayangkara FC U-21.

Karena pengalamannya di level Timnas Indonesia itu, Vava pun dirasa bisa menjadi pilihan tepat bagi Persib Bandung untuk menggantikan Robert Rene Alberts.


2. 2. Vladimir Vujovic

Vladimir Vujovic, eks pemain Persib Bandung yang bisa jadi pelatih masa depan Maung Bandung.

Pendukung Persib Bandung di tahun 2014 hingga 2017 tentu tak lupa dengan sosok tangguh di palang pertahanan bernama Vladimir Vujovic.

Pria yang akrab disapa Vlado ini merupakan mantan bek Persib. Karena jasanya, ia pun dicap legenda oleh para pendukung Maung Bandung.

Baca Juga

Wajar saja jika status legenda tersemat kepadanya. Pasalnya, Vlado mampu membawa Persib menjadi juara Indonesia Super League (ISL) 2014.

Selain itu bek berkebangsaan Montenegro tersebut juga mampu membawa Si Pangeran Biru menjuarai Piala Presiden 2015.

Baca Juga

Usai gantung sepatu, Vlado terjun ke dunia kepelatihan, di mana ia tercatat pernah menukangi Bogor FC di Liga 2 dan juga PSIM Yogyakarta.

Kini, Vlado tercatat menukangi tim Lebanon bernama Salam Zgharta. Pengalaman melatih ini membuatnya bisa saja menjadi opsi Persib untuk menggantikan Robert Rene Alberts.


3. 3. Miljan Radovic

Eks pelatih Persib, Miljan Radovic.

Miljan Radovic merupakan mantan pemain dan juga mantan pelatih Persib Bandung. Sama seperti Vujovic, ia berasal dari Montenegro.

Semasa masih aktif bermain, Radovic membela Persib sejak 2011 hingga 2012 dengan mencatatkan 67 penampilan dan sumbangan 24 gol.

Baca Juga

Catatan apik itu membuat namanya harum di kalangan pendukung Persib, kendati selanjutnya ia menyeberang ke Pelita Bandung Raya.

Usai pensiun sebagai pemain, Radovic kemudian menjadi pelatih, di mana ia sempat ditunjuk sebagai pelatih Persib pada 2019.

Sayangnya, karier kepelatihannya tak sementereng saat bermain. Ia melatih Persib dalam durasi yang singkat, saat dirinya menggantikan Mario Gomez.

Baca Juga

Bahkan, Miljan Radovic mendapat perlakuan kurang menyenangkan, di mana ia jadi korban kekerasan oleh oknum Bobotoh, dan berujung perpisahan dengan Persib.

Usai berpisah dari Persib, Radovic melanjutkan karier kepelatihannya bersama Sutejska dan Decic, dengan catatan apik yang bisa membuat Persib Bandung menjadikannya opsi untuk memulangkannya ke Bandung.

Persib BandungVladimir VujovicNova AriantoRobert Rene AlbertsMiljan Radovic‎Liga IndonesiaLiga 1TRIVIA

Berita Terkini