x

AC Milan Sukses Cari Pelipur Lara: Tak Ada Sven Botman, Malick Thiaw pun Jadi

Senin, 29 Agustus 2022 15:38 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Sven Botman saat masih berseragam Lille, yang mana gagal didatangkan AC Miln di bursa transfer kali ini. Foto: Alexandre Dimou/Icon Sport via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Italia (Serie A), AC Milan, bisa menjadikan Malick Thiaw sebagai pelipur lara dulu gagal mendaratkan Sven Botman dari Lille.

Untuk diingat kembali, AC Milan memang sempat sangat sibuk saat awal-awal bursa transfer musim panas dibuka.

Baca Juga

Sederet nama pemain dari berbagai macam posisi pun dikaitkan dengan pintu masuk San Siro, salah satunya Sven Botman.

Bahkan pada waktu itu, ia tidak sendirian. Dua rekannya di Lille pun juga masuk radar Paolo Maldini dan kolega yakni Renato Sanches dan Jonathan David.

Ketertarikan klub-klub terhadap Sven Botman sendiri bukanlah tanpa alasan. Selain catatan individu yang impresif, ia juga berpartisipasi dalam membawa Lille juara liga untuk pertama kalinya setelah 10 tahun.

Baca Juga

Hanya saja, proses mendatangkan pemain yang satu ini tidak pernah berjalan mulus, terutama terkait kecocokan harga.

Padahal, pada waktu itu mereka membutuhkan bek baru seiring kepergian Alessio Romagnoli di bursa transfer.

Stefano Pioli praktis hanya memiliki Fikayo Tomori dan Pierre Kalulu, karena Simon Kjaer baru saja mendapat cedera yang membuatnya menepi lama dari lapangan.

Baca Juga

Nama Sven Botman pun muncul sebagai salah satu target utama AC Milan. Hanya saja, pembicaraan dengan Lille ternyata tidak berujung manis.

Sampai akhirnya, bek tengah asal Belanda tersebut justru merapat ke klub kaya Inggris, Newcastle United.


1. Malick Thiaw Pengganti Sven Botman

Malick Thiaw (kiri) berduel dengan Marcus Thuram di laga Schalke 04 vs Borussia Monchengladbach (13/08/22). Foto: REUTERS/Thilo Schmuelgen.

Meski begitu, AC Milan kini tidak perlu gundah lantaran sudah menemukan penggantinya dalam diri Malick Thiaw.

Kabar tentang merapatnya pemain yang satu ini sudah beredar luas di Italia, termasuk yang diungkap salah satu pakar transfer, Gianluca Di Marzio.

Baca Juga

Dalam laporannya, ia menyebut bahwa AC Milan telah mendapatkan jasa Malick Thiaw dari Schalke 04 dengan harga sangat murah, yakni 5 juta euro saja atau sekitar Rp74,1 miliar.

Walau tidak berhasil mendatangkan Sven Botman, AC Milan mendapat ganti yang ternyata tidak jauh berbeda.

Pasalnya, menurut laman Calciomercato, kedua pemain sama-sama ahli dalam menangani situasi bola mati. Selain itu, mereka juga memiliki kemampuan man-marking yang baik.

Baca Juga

AC Milan memang mengejar bek tengah sepanjang bursa transfer musim panas ini dan mencoba mendapatkan banyak pemain yang berbeda.

Selain Sven Botman, ada juga nama-nama seperti Japhet Tanganga, Evan Ndicka, dan yang paling baru Trevoh Chalobah.

Merapatnya Malick Thiaw pun bisa mengakhiri perburuan panjang tersebut. Seorang bek tengah baru dengan postur yang ideal akan datang.

Baca Juga

Bahkan bisa dibilang, ia juga hanya sebelas dua belas dengan Sven Botman untuk urusan fisik. Di usia yang masih sangat muda, pemain kelahiran Dusseldorf ini memiliki tinggi badan 1,94 meter.

Perawakan ini tidak hanya membuat Malick Thiaw menonjol di lapangan, tetapi juga unggul dibanding para pemain sepantarannya. 

 

2. Profil Singkat Malick Thiaw

Malick Thiaw (kiri) berduel dengan Marcus Thuram di laga Schalke 04 vs Borussia Monchengladbach (13/08/22). Foto: REUTERS/Thilo Schmuelgen.

Malick Thiaw lahir dan dibesarkan di Jerman dari pasangan ayah Senegal dan ibu Finlandia. Ia sudah terjun ke dunia sepak bola sejak usia 5 tahun.

Dimulai dari TV Kalkum-Wittlaer, ia mulai mengepakkan sayap lebih lebar lagi dengan menimba ilmu di sejumlah klub Liga Jerman.

Baca Juga

Sebelum mendarat di tim junior Schalke, Malick Thiaw sempat belajar di Fortuna Düsseldorf, Bayer Leverkusen, dan Borussia Monchengladbach.

Bergabung dengan Schalke sejak 2015, ia sudah sempat mencicipi kompetisi Bundesliga Jerman saat debut di laga kontra Hoffenheim pada Maret 2020.

Sayangnya, timnya justru harus turun kasta ke 2. Bundesliga dan hal ini mau tidak mau membuat nama Malick Thiaw makin jarang didengar orang.

Baca Juga

Namun kini ia justru tampil sebagai pemain incaran AC Milan yang bisa jadi pengganti Sven Botman berkat kemiripan skill dan fisik.

Selain berpostur tinggi dan memiliki fisik yang kuat, ia bahkan bisa dimainkan sebagai gelandang bertahan jika dibutuhkan.

Sepak Terjang Timnas

Pada tahun 2017 lalu, Malick Thiaw dipanggil untuk mewakili Timnas Finlandia U-17, hanya saja tidak dimainkan.

Baca Juga

Lalu pada 15 Maret 2021, ia gantian dipanggil Timnas Jerman untuk berpartisipasi di UEFA European Under-21 Championship.

Sampai saat ini, Malick Thiaw tercatat sebagai pemain Timnas Jerman U-21, membela negara tempat ia dilahirkan.

AC MilanLiga ItaliaBerita Liga ItaliaSven BotmanOne FootballMalick Thiaw

Berita Terkini