x

Rapor Klub Liga Inggris di Turnamen Eropa: Man United dan Liverpool Terlempar dari 3 Besar

Senin, 31 Oktober 2022 15:50 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Prio Hari Kristanto
Berikut deretan peringkat klub Liga Inggris (Premier League) berdasarkan performa mereka di turnamen Eropa, di mana Man United terlempar dari tiga besar.

INDOSPORT.COM – Berikut deretan peringkat klub Liga Inggris (Premier League) berdasarkan performa mereka di turnamen Eropa, di mana Man United dan Liverpool terlempar dari tiga besar.

Liga Inggris menjadi salah satu liga dengan wakil terbanyak di kancah Eropa saat ini dibanding dengan liga-liga lainnya.

Baca Juga

Di Liga Champions, Liga Inggris mengirimkan enam wakilnya pada musim ini, yakni Man City, Liverpool, Chelsea, dan Tottenham Hotspur.

Man City, Liverpool, dan Chelsea sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Sedangkan, Tottenham masih harus berjuang hingga laga terakhir tengah pekan ini.

Kemudian di Europa League, tim Inggris juga mengirimkan dua wakilnya, yakni Arsenal dan Manchester United. Kedua wakil Inggris tersebut telah dipastikan lolos ke babak 16 besar Liga Europa.

Baca Juga

Keberhasilan tersebut menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) dan para penggemarnya di seluruh dunia.

Sebab, perjuangan klub-klub tersebut di kancah Eropa tidaklah mudah karena harus berjumpa dengan klub-klub raksasa dari liga lain.

Manchester City menjadi salah satu klub yang paling mulus langkahnya dalam berlaga di kompetisi Eropa musim ini.

Baca Juga

The Cityzens, julukan Manchester City adalah satu-satunya klub Liga Inggris di kancah Eropa yang belum terkalahkan hingga saat ini.

Berikut INDOSPORT berikan peringkat klub-klub Liga Inggris berdasarkan performa mereka di turnamen Eropa. Berikut ulasannya.


1. Peringkat Klub Liga Inggris Berdasarkan Performa di Eropa

Duel antara Miguel Almiron dengan Harry Kane dan Ryan Sessegnon dalam laga Liga Inggris antara Tottenham Hotspur vs Newcastle United

6. Tottenham Hotspur

Pasukan Antonio Conte menjadi satu-satunya klub Liga Inggris yang belum memastikan diri lolos dari babak penyisihan grup Liga Champions.

Situasi tersebut membuat Tottenham menempati posisi ke enam berdasarkan performa mereka di turnamen Eropa karena masih tipisnya peluang mereka untuk lolos ke babak 16 besar.

Baca Juga

Tottenham saat ini memang berada di puncak klasemen Grup D Liga Champions dengan membukukan delapan poin.

Namun, mereka masih berpeluang tersingkir sebab Sporting Lisbon, Eintracht Frankfurt, dan Marseille hanya berselisih poin sedikit dari The Lilywhites.

Nasib Tottenham Hotspur akan bergantung dengan pertandingan terakhir yang mereka jalani nantinya.

Baca Juga

5. Manchester United

Tim berjuluk The Red Devils ini menjadi klub yang menempati peringkat kelima berdasarkan performa mereka di turnamen Eropa.

Manchester United sendiri saat ini berlaga di Liga Europa setelah pada musim sebelumnya hanya finis di peringkat keenam Liga Inggris.

Kalah di laga perdana kala menghadapi Real Sociedad, Manchester United kemudian bangkit di laga-laga selanjutnya Liga Europa.

Baca Juga

Kini, pasukan Erik ten Hag tersebut telah memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Europa setelah pada pertandingan terakhir mengalahkan Sheriff Tiraspol, 3-0.


2. 4. Liverpool

Erling Haaland saat berduel dengan Mohammed Salisu dalam laga Liga Inggris antara Manchester City vs Southampton

Jurgan Klopp dan anak buahnya saat ini memang tidak dalam performa terbaik mereka. Situasi ini berbanding terbalik dengan musim-musim The Reds sebelumnya yang selalu menjadi momok bagi lawan-lawannya.

Terseok-seok di kompetisi domestik Liga Inggris tampaknya telah memengaruhi kinerja mereka di turnamen Eropa.

Saat ini, Liverpoll harus puas duduk di peringkat kesembilan klasemen Liga Inggris. Kendati berada di papan tengah, anak asuk Jurgen Klopp telah memastikan satu tempat di babak 16 besar Liga Champions.

Kepastian Liverpool lolos ke babak 16 besar Liga Champions didapat setelah mereka mengalahkan  Ajax dengan skor 0-3.

Baca Juga

3. Chelsea

The Blues tidak memulai jalan mereka di turnamen Eropa dengan baik setelah kalah di laga perdana melawan Dinamo Zegreb, 1-0.

Sempat terseok-seok, Chelsea mulai menunjukkan tajinya dengan melibas habis tiga pertandingan terakhir mereka di Liga Champions dengan kemenangan.

Saat ini, Chelsea telah memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Champions setelah menjadi pemuncak grup E Liga Champions.

Baca Juga

2. Arsenal

Jika melihat klub mana yang tampil konsisten di kompetisi domestik maupun turnamen Eropa, Arsenal adalah jawabannya.

Di pentas Liga Inggris, Arsenal tampil mendominasi dengan berhasil menjadi pemuncak klasemen. Di ajang Liga Europa, pasukan Mikel Arteta pun juga demikian.

Tim berjuluk The Gunners tersebut juga menjadi pemuncak klasemen Grup A Liga Europa dan telah memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Sejauh ini di semua kompetisi yang telah mereka jalani, Arsenal hanya menelan dua kekalahan.

Baca Juga

1. Manchester City

Tim berjuluk The Cityzens menjadi klub yang menempati posisi pertama berdasarkan performa mereka di kancah turnamen Eropa.

Manchester City menjadi pesaing terdekat Arsenal di Liga Inggris dengan menempati posisi kedua klasemen. The Citizens hanya berselisih dua poin saja dengan The Gunners.

Di kancah Eropa atau tepatnya di Liga Champions, Man City menjadi juara grup dan telah memastikan diri mereka lolos ke babak 16 besar.

Manchester City hanya mengalami satu kekalahan di semua kompetisi. Kekalahan perdana Man City didapat saat mereka menghadapi Liverpool pada pekan ke-12 Liga Inggris.

Manchester UnitedLiverpoolChelseaArsenalManchester CityLiga EuropaLiga ChampionsLiga Inggris

Berita Terkini