x

8 Tahun Absen, Intip Lagi Skuad AC Milan saat Terakhir Lolos 16 Besar Liga Champions

Kamis, 3 November 2022 17:17 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Klub Liga Italia (Serie A), AC Milan, torehkan catatan manis dengan kembali lolos ke babak 16 besar Liga Champions setelah sempat absen selama 8 tahun.

INDOSPORT.COM – Klub Liga Italia (Serie A), AC Milan, torehkan catatan manis dengan kembali lolos ke babak 16 besar Liga Champions musim ini setelah sempat absen selama 8 tahun.

AC Milan sendiri baru saja memastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions musim 2022/2023 usai mengalahkan tim asal Austria, Red Bull Salzburg pada Kamis (03/11/22) dini hari WIB.

Baca Juga

Dalam laga penting ini, beberapa pemain diturunkan oleh Stefano Pioli, seperti Pierre Kalulu yang mengisi posisi bek kanan dan Sandro Tonali yang mengisi posisi gelandang tengah.

Kekuatan AC Milan pun bertambah dengan kembalinya Olivier Giroud di lini depan dengan dibantu Ante Rebic di sisi kanan dan Rafael Leao di sisi kiri.

Turun di kandang sendiri, Stadion San Siro pada hari Kamis (03/11/22), Rossoneri mampu unggul lebih dulu di babak pertama melalui Olivier Giroud pada menit ke-14.

Baca Juga

AC Milan baru menggila di babak kedua, manakala Rade Krunic menambah angka di menit ke-46 yang membuat tim asuhan Stefano Pioli unggul 2-0.

Tak hanya satu gol, AC Milan mampu menambah dua gol lagi di babak kedua melalui raihan brace Olivier Giroud pada menit ke-57, serta Junior Mesias di menit pertama tambahan waktu.

Dengan kemenangan ini, AC Milan pun bertengger di urutan kedua klasemen Grup E Liga Champions lewat perolehan 10 poin serta memastikan diri lolos ke 16 besar lewat status runner up.

Baca Juga

Bagi AC Milan, ini merupakan kali pertama mereka mampu lolos dari babak penyisihan grup sejak delapan tahun terakhir.

Tercatat, terakhir kali AC Milan melangkah ke fase knock out Liga Champions terjadi pada musim 2013/14 silam. Saat itu, Rossoneri finish sebagai runner up grup H dengan raihan 9 angka.

Sudah terjadi sangat lama, berikut INDOSPORT coba mengulas kembali daftar skuad AC Milan lolos 16 besar Liga Champions delapan tahun lalu. Masih adakah yang aktif bermain?


1. Skuad AC Milan Musim 2013/14

Mantan Pemain AC Milan, Balotelli saat berhasil jadi pahlawan kemenangan Nice atas Lille di lanjutan Ligue 1 Prancis.

Dilansir dari laman Transfermarkt, diketahui pada musim 2013/14 skuad AC Milan masih berisikan sejumlah bintang tenar yang punya nama besar di panggung sepak bola dunia.

Dua nama yang jadi bintang serta sorotan di skuad AC Milan saat itu adalah kiper Christian Abbiati, serta gelandang fenomenal asal Brazil, Ricardo Kaka.

Baca Juga

Untuk formasi yang dipakai, AC Milan bersama arahan pelatih Massimiliano Allegri dan Clarence Seedorf saat itu, kerap memainkan skema 4-2-3-1 yang mengandalkan kekuatan sisi sayap.

Dari lini pertahanan, ada kuartet bek AC Milan yang ditempati oleh Philippe Mexes dan Adil Rami sebagai center back, serta Ignazio Abate dan Urby Emanuelson di pos bek sayap.

Keempat pemain tersebut jadi tembok kokoh untuk menghentikan serangan lawan, serta membantu gawang AC Milan yang dikawal Christian Abbiati agar tak kebobolan.

Baca Juga

Untuk lini tengah, dua gelandang bertahan selalu jadi milik Nigel de Jong serta sang kapten, Riccardo Montolivo yang memang tampil sangat solid dalam memutus serangan.

Sebagai pelapis, AC Milan biasanya memainkan Michael Essien atau Sulley Muntari yang juga punya stamina prima dan cocok menjalani peran sebagai gelandang pengangkut air.

Membantu serangan dari second line, ada trio Andrea Poli, Ricardo Kaka serta Robinho yang dalam beberapa pertandingan mampu cetak gol lewat pergerakan cutting inside.

Baca Juga

Ricardo Kaka yang sudah tak lagi muda, masih bisa menunjukkan kelasnya dengan mencetak 9 gol dari total 37 pertandingan bersama AC Milan di semua ajang.

Menariknya, pelapis second line AC Milan pada musim 13/14 terbilang cukup berkelas lantaran mereka mempunyai Stephan El Shaarawy, Adel Taarabt hingga Keisuke Honda yang sama-sama punya kekuatan tembakan mumpuni.

Terakhir di lini depan, ada striker bengal yakni Mario Balotelli yang menjadi tumpuan AC Milan dalam mencetak gol serta meloloskan diri dari fase grup Liga Champions.


2. Rapor AC Milan Musim 13/14

AC Milan sukses melibas tuan rumah Torino 7-0 dalam lanjutan pekan ke-36 Liga Italia 2020-2021, Kamis (13/05/21) dini hari WIB.

Total dari 41 pertandingan sepanjang musim, pemain yang kini berusia 32 tahun tersebut mampu mencetak 18 gol buat AC Milan dan jadi top skor klub saat itu.

Selain Balotelli, stok penyerang AC Milan saat itu terbilang kurang begitu impresif yakni hanya mengandalkan sejumlah nama tua seperti Giampaolo Pazzini dan Alessandro Matri.

Baca Juga

Tak heran jika keduanya juga gagal berikan performa terbaik buat AC Milan, bahkan total gol keduanya hanya empat dalam semusim.

Meski berhasil lolos dari penyisihan grup Liga Champions 13/14, namun rapor AC Milan sepanjang musim itu bisa dibilang tidak terlalu mentereng.

Di ajang Serie A Liga Italia, AC Milan harus puas finish di peringkat delapan. Sedangkan di ajang Coppa Italia mereka langsung tersingkir pada babak Quarter-finals usai kalah dari Udinese.

Bahkan di Liga Champions mereka juga langsung gugur di 16 besar, setelah kalah dalam dua pertemuan kontra Atletico Madrid dengan agregat 5-1.

Susunan Pemain AC Milan Musim 13/14
Christian Abbiati; Ignazio Abate, Philippe Mexes, Adil Rami, Urby Emanuelson; Nigel de Jong, Riccardo Montolivo; Andrea Poli, Kaka, Robinho; Mario Balotelli.

Liga ChampionsAC MilanLiga ItaliaOne Football

Berita Terkini