x

5 Orang Kaya Calon Pembeli Liverpool: dari Bintang NBA hingga 'Sultan' Turki

Selasa, 8 November 2022 09:36 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Melihat lima calon pembeli potensial klub Liga Inggris, Liverpool. Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw.

INDOSPORT.COM - Fenway Sports Group (FSG) kabarnya membuka pintu lebar-lebar bagi siapa saja yang ingin membeli klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool.

Selama ini, publik sepak bola sudah mengenal FSG sebagai pemilik idaman yang berperan besar dalam membangkitkan Liverpool dari keterpurukan.

Baca Juga

Sejak mengambil alih kepemilikan pada 2010, FSG telah melakukan banyak hal untuk membenahi klub dari segala aspek.

Salah satunya mendatangkan Jurgen Klopp, manajer yang kemudian sukses besar bersama The Reds - mempersembahkan seabrek gelar termasuk Liga Inggris yang telah lama mereka idam-idamkan.

Berdasarkan laporan The Athletic, FSG saat ini mempersilakan apabila ada pihak berminat yang ingin memiliki Liverpool.

Baca Juga

"FSG sudah sering mendengar adanya minat dari pihak ketiga, yang ingin menjadi pemegang saham di Liverpool," tulis FSG dalam laporan The Athletic.

Dalam laporan tersebut juga disebutkan, FSG sebelumnya sudah memberi lampu hijau bagi siapa saja yang ingin membeli Liverpool - dengan catatan, jika itu demi kebaikan klub ke depannya.

Meski begitu, FSG memastikan mereka akan selalu mendukung Liverpool dengan komitmen penuh baik di dalam maupun luar lapangan.

Baca Juga

Tidak ayal, kabar mengejutkan ini bisa jadi angin segar bagi sejumlah miliarder maupun konglomerat, atau pengusaha kaya raya yang ingin menggenggam Liverpool dalam tangan mereka.

Nah, berikut Indosport.com sajikan lima calon pembeli potensial Liverpool - mulai bintang NBA hingga 'sultan' Turki.


1. Elon Musk dan Mantan Petinggi Liverpool

Elon Musk bisa jadi calon pembeli Liverpool. Foto: entrepreneur/Maja Hitij/Getty Images.

Elon Musk

Siapa yang tidak kenal Elon Musk? Ia adalah miliarder yang kini jadi bos Twitter dan sudah dikenal luas sebagai pentolan Tesla dan SpaceX.

Pengusaha berusia 51 tahun ini memiliki kekayaan yang cukup untuk membeli Liverpool - 175 miliar poundsterling (sekitar Rp3.155 triliun).

Baca Juga

Meski banyak bergelut di bidang teknologi, nama Elon Musk juga sempat menggema sebagai ‘calon’ pembeli Manchester United beberapa waktu lalu.

Dengan nada bercanda lewat unggahan Twitter, ia mengaku sebagai salah satu calon pembeli klub yang bermarkas di Old Trafford tersebut.

Awalnya menyampaikan dukungan yang berkaitan dengan politik Amerika Serikat, sejurus kemudian ia malah mengalihkan topik pembicaraan ke Manchester United.

Baca Juga

“Saya juga [akan] membeli Manchester United. Terima kasih kembali,” ujar Elon Musk yang kembali menulis cuitan untuk meredam huru-hara yang telah dibuatnya.

“Itu hanya bercanda. Saya tidak membeli klub olahraga mana pun,” terangnya.

Walau dulu sempat berseloroh, bukan tidak mungkin Elon Musk nantinya membeli Liverpool dari FSG alih-alih Manchester United dari keluarga Glazer.

Baca Juga

Sir Martin Broughton

Salah satu investor yang gagal membeli Chelsea tahun ini bersama konsorsiumnya, meski kabarnya mendapat sokongan dari perusahaan Amerika Serikat, Creative Artist Agency.

Sir Martin Broughton sendiri bukan nama asing bagi Liverpool. Ia pernah menjabat sebagai chairman pada tahun 2010 dan membantu penjualan klub ke tangan FSG.

 

2. Bintang NBA hingga 'Sultan' Turki

Pebasket Los Angeles Lakers, LeBron James. Foto: Reuters/David Richard.

LeBron James

Mungkin satu-satunya orang kaya yang berasal dari kalangan olahraga di daftar ini. Kecintaan LeBron James pada Liverpool sendiri sudah cukup mendunia.

Setelah membeli 2% saham Liverpool 11 tahun lalu, LeBron James meningkatkan kontribusinya untuk klub Liga Inggris ini pada 2021.

Baca Juga

Bersama dua rekannya yakni Maverick Carter dan Paul Watcher, ia menjadi partner dalam platform olahraga, hiburan, dan real estate global yang berbasis di Boston, bersama pemilik AC Milan, RedBird Capital.

Muhsin Bayrak

Kini beralih ke 'sultan' bisnis asal Turki yang juga sempat dikaitkan dengan Chelsea beberapa waktu lalu, Muhsin Bayrak. Ia merupakan chairman perusahaan yang bernama AB Group Holding.

AB Group Holding sendiri bergelut di bidang konstruksi, cryptocurrency, dan pariwisata.

Baca Juga

Saat menjadi calon pembeli Chelsea, Muhsin Bayrak kabarnya sampai membuat Roman Abramovich terbang ke Turki untuk menemuinya.

Namun sayang, Chelsea pada akhirnya malah jatuh ke tangan Todd Boehly dan konsorsiumnya. Lantas, apakah kali ini ia akan menghidupkan kembali hasratnya membeli klub Liga Inggris?

Sheikh Khaled

Selanjutnya ada Sheikh Khaled bin Mohamed bin Zayed Al Nahyan yang tidak lain tidak bukan adalah sepupu pemilik Manchester City, Sheikh Mansour.

Baca Juga

Bangsawan Abu Dhabi ini sudah pernah dikaitkan dengan Liverpool pada tahun 2018 namun ternyata gagal membelinya dari FSG.

Belum lama ini, ia juga dikabarkan meminati Newcastle United dan disebut-sebut ingin membeli klub League One Inggris, Derby County.

Sumber: Mirror

NBALiverpoolLeBron JamesLiga InggrisFenway Sports GroupElon MuskOne Football

Berita Terkini