x

Minus Firmino, Bedah Formasi Mengerikan Brasil di Piala Dunia 2022: Welcome Hexacampeao?

Selasa, 8 November 2022 10:15 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Sejumlah bintang tak dipanggil termasuk Roberto Firmino, berikut perkiraan formasi yang bakal digunakan Timnas Brasil pada gelaran Piala Dunia 2022 mendatang.

INDOSPORT.COM – Sejumlah bintang tak dipanggil termasuk Roberto Firmino, berikut perkiraan formasi yang bakal digunakan Timnas Brasil pada gelaran Piala Dunia 2022 mendatang.

Seperti diketahui, Federasi Sepakbola Brasil (CBF) melalui media sosial baru saja merilis daftar 26 pemain Timnas Brasil yang akan mengikuti Piala Dunia 2022 di Qatar.

Baca Juga

Dalam 26 nama yang dipanggil oleh pelatih Timnas Brasil yakni Tite, skuad Samba masih didominasi oleh para pemain yang berkarier di kompetisi Eropa.

Hanya saja, ada hal mengejutkan karena dua nama besar dicoret oleh Tite. Mereka yakni bintang Liverpool, Roberto Firmino dan penyerang Aston Villa, Philippe Coutinho.

Untuk Philippe Coutinho sendiri, ada sejumlah alasan mengapa dirinya tidak diboyong ke Qatar. Eks bintang Barcelona tersebut kini sedang mengalami cedera dan performanya menurun drastis.

Baca Juga

Sementara itu, pencoretan Roberto Firmino tentu membuat beberapa fans kecewa. Hal ini karena sang striker masih menjadi andalan lini depan Liverpool.

Akan tetapi, ini merupakan keputusan berat bagi Tite, karena Tim Samba sendiri memang memiliki banyak pemain berbakat di seluruh dunia.

Khususnya untuk lini depan yang bakal dihuni oleh sederet monster gol dari Liga Eropa seperti Antony (Manchester United), Gabriel Jesus (Arsenal), Gabriel Martinelli (Arsenal), Raphinha (Barcelona), Richarlison (Tottenham), Rodrygo (Real Madrid), Vinicius Junior (Real Madrid), serta Neymar (PSG).

Baca Juga

Hanya Pedro yang merupakan striker asli dari kompetisi Brasil di skuad Piala Dunia 2022 nanti. Tercatat, pemain berusia 25 tahun tersebut masih memperkuat Flamengo di Serie A Brasil.

Berbekal materi pemain di atas, akan seperti apakah potensi formasi yang diturunkan Timnas Brasil pada Piala Dunia 2022 nanti? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:


1. Prediksi Line Up Timnas Brasil di Piala Dunia 2022

Neymar (kanan) dan Raphinha melakukan selebrasi usai mencetak gol di laga Brasil vs Tunisia (28/09/22). (Foto: REUTERS/Gonzalo Fuentes)

Berkaca dari daftar pemain yang dibawa, Timnas Brasil sejatinya punya opsi cukup banyak di lini pertahanan terutama pada sektor penjaga gawang.

Pasalnya, bakal ada dua kiper berkualitas yang mentas di kompetisi Eropa dan akan bersaing mendapatkan tempat utama.

Baca Juga

Alisson Becker dan Ederson Moraes dipastikan bakal saling sikut demi dapatkan posisi starting. Namun jika melihat dari pencapaian keduanya di kompetisi domestik musim ini, Ederson yang gemilang bersama Manchester City tampaknya layak jadi kiper utama Brasil.

Menemani Ederson, bakal ada kuartet pertahanan yang akan diisi Alex Telles, Marquinhos, Thiago Silva serta Danilo.

Sisi pertahanan memang tidak terlalu jadi kekuatan unggulan di Timnas Brasil, apalagi mereka masih mengandalkan sang kapten Thiago Silva yang sudah berusia 38 tahun.

Baca Juga

Bahkan saking minimnya opsi di pertahanan, pelatih Brasil sampai harus memanggil Dani Alves yang sudah memasuki usia 39 tahun sebagai pelapis lini belakang tim samba.

Walau tak terlalu jadi sorotan, namun kehadiran empat bek diatas yang semuanya berkompetisi di lima liga teratas Eropa, diprediksi bisa membantu meredam serangan lawan di Piala Dunia 2022 nanti.

Pertahanan Timnas Brasil pun bisa semakin kokoh, lantaran di posisi gelandang bertahan mereka ada sosok Fabinho dan Casemiro, dua holding midfielder yang siap memutus serangan lawan.

Baca Juga

Tak hanya sebagai pemutus aliran bola, kemampuan umpan kedua gelandang ini juga bisa membantu Brasil membangun serangan dari skema counter attack.

Strategi fastbreak Brasil pun bisa jadi salah satu senjata mematikan tim Samba, lantaran barisan striker mereka bakal ditempati sejumlah pemain haus gol yang beberapa diantaranya sedang bertengger di daftar top skor kompetisi Eropa.


2. Neymar – Richarlison Tumpuan Brasil

Arturo Vidal tertunduk lesu usai gawang Chile dibobol oleh Brasil (25/03/22). (Foto: REUTERS/Ricardo Moraes)

Bermain dengan skema 4-2-3-1, maka Brasil akan mengandalkan trio gelandang serang untuk membantu goal getter dalam menciptakan gol.

Tiga gelandang serang yang akan jadi tumpuan Timnas Brasil di Piala Dunia 2022 nanti adalah Raphinha, Neymar serta Antony.

Baca Juga

Kecepatan serta kemampuan cutting inside Raphinha dan Antony, dipastikan bakal membuat pertahanan lawan kesulitan untuk mengantisipasi serangan Brasil.

Ditambah lagi kecerdikan serta kemampuan individu Neymar yang bakal diberikan peran free role di sepertiga pertahanan lawan, maka hampir dipastikan Brasil bisa mencetak minimal satu gol di tiap laga.

Untuk melengkapi trio gelandang serang, ada Richarlison yang bertugas sebagai goal getter atau pengeksekusi peluang di depan gawang lawan.

Meski trio gelandang serang tadi punya kemampuan untuk mencetak gol lewat aksi individu, namun kehadiran Richarlison diprediksi kian membuat Brasil sulit dihentikan sepanjang Piala Dunia 2022.

Timnas Brasil (4-2-3-1)

Pelatih: Tite

Lantas dengan formasi diatas, mampukah Brasil meraih gelar keenam di Piala Dunia alias Hexacampeao pada tahun ini? Menarik dinantikan.

BrasilPiala DuniaPiala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini