x

Piala Dunia 2022: Jegal Jerman, Jepang Akui Terinspirasi Sukses Arab Saudi Permalukan Argentina

Kamis, 24 November 2022 02:52 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Piala Dunia 2022 kembali menyajikan drama dan kejutan saat partai Grup E antara Jerman vs Jepang digelar pada Rabu (23/11/22) malam lalu. (Foto: REUTERS/Matthew Childs)

INDOSPORT.COM - Piala Dunia 2022 kembali menyajikan drama dan kejutan saat partai Grup E antara Jerman vs Jepang digelar pada Rabu (23/11/22) malam lalu.

Tak disangka-sangka Der Panzer yang menjadi salah satu favorit untuk juara justru takluk 1-2 dari The Blue Samurai.

Padahal, Jepang sempat tertinggal lebih dahulu lewat gol penalti Ilkay Gundogan pada menit ke-33 pasca pelanggaran ceroboh kiper Shuichi Gonda.

Namun, Negeri Sakura mampu bangkit usai turun minum dengan membobol gawang Jerman melalui Ritsu Doan dan Takuma Asano.

Laga Jerman vs Jepang jadi laga kedua di Piala Dunia 2022 yang menyajikan negara Asia menggebuk favorit juara yang lebih dijagokan.

Baca Juga

Sebelumnya di Grup C Arab Saudi sudah lebih dulu membanggakan publik sepakbola Benua Kuning dengan mengalahkan Argentina juga via skor 1-2.

Kaoru Mitoma yang merupakan salah satu penggawa Jepang mengaku jika timnya termotivasi dengan capaian Arab Saudi.

Baca Juga

Ia beranggapan jika prestasi Rajawali Hijau membuktikan jika Samurai Biru pun dapat melakukan kejutan yang serupa.

"Ini adalah momen luar biasa bagi tim dan saya pribadi," ujar Mitoma yang bermain sebagai penganti di partai Jerman vs Jepang.

"Kami semua menyaksikan laga Saudi mengalahkan Argentina dan itu memberikan tim motivasi yang besar," tambah winger yang membela Brighton and Hove Albion di Liga Inggris tersebut.

Baca Juga

1. Belum Mau Berpuas Diri

Pemain Jepang Takuma Asano di Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

Hajime Moriyasu selaku pelatih Jepang di Piala Dunia 2022 mengaku jika ia memang mempersiapkan timnya mati-matian menghadapi Jerman.

Ia menegaskan jika semua pemain punya mental yang sama entah itu cadangan maupun penggawa inti di starting XI.

Itulah kenapa Jepang tetap tampil baik dan bahkan membalikkan keadaan saat Takehiro Tomiyasi, Kaouru Mitoma, Takuma Asano, Ritsu Doan, dan Takumi Minamino masuk di babak kedua dari bench.

"Kami ingin bertarung dengan segenap kekuatan dan tekad, saya pikir itulah yang membawa kami pada kemenangan. Saya mempersiapkan pemain untuk bermain secara kolektif," kata Moriyasu usai pertandingan.

"Hal ini dikatakan tidak hanya untuk mereka yang menjadi starter, tetapi juga untuk para pemain yang berada di bangku cadangan sehingga dua dari mereka menentukan pertandingan,"

Baca Juga

"jepang baru saja menyelesaikan pertandingan vital yang memberi kami kemenangan. Sekarang saya ingin belajar dari pengalaman ini agar saya bisa menerapkannya ke laga berikutnya,"

"Masih ada yang perlu dikoreksi. Kami mengalami suka dan duka dan kami bisa belajar dari itu untuk memenangkan pertandingan berikutnya," ia melanjutkan.

Baca Juga

Jepang berpeluang besar untuk lolos ke babak 16 besar apabila menang di partai kedua mereka melawan Kosta Rika.

Mengingat wakil Amerika Utara itu baru saja tumbang 7-0 di tangan Spanyol, mungkin akan lebih mudah bagi mereka untuk mengunci tiket ke fase knock out Piala Dunia 2022.

Yang perlu dilakukan oleh Hajime Moriyasu adalah memastikan para pemaijnya tetap tanpil spartan seperti di laga Jerman vs Jepang.

Baca Juga

Sumber: Goal

JepangArgentinaJermanArab SaudiPiala Dunia 2022

Berita Terkini