x

FIFA Batalkan Piala Dunia U-20 di Indonesia, Shin Tae-yong Diminta Resign

Kamis, 30 Maret 2023 15:09 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Imbas dari FIFA batalkan gelaran Piala Dunia U-20 di Indonesia membuat pelatih skuat Garuda, Shin Tae-yong, diminta untuk resign.

INDOSPORT.COM - Imbas dari FIFA batalkan gelaran Piala Dunia U-20 di Indonesia membuat pelatih skuat Garuda, Shin Tae-yong, diminta untuk resign.

FIFA secara resmi mencabut hak Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 usai rentetan masalah yang timbul di dalam negeri.

Bermula dari kejadian beberapa bulan lalu, tepatnya Tragedi Kanjuruhan, yang terjadi pada Oktober 2022 di markas Arema FC.

Teranyar, muncul penolakan Israel dari segelintir masyarakat Indonesia, termasuk beberapa pemangku jabatan seperti I Wayan Koster dan Ganjar Pranowo.

Gubernur Bali, I Wayan Koster, dan Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah, secara tegas menolak kedatangan pemain Israel di Indonesia dalam Piala Dunia U-20.

Baca Juga

Hal tersebut bahkan memicu dugaan penculikan pemain Israel yang berani datang ke Indonesia, oleh segelintir lapisan masyarakat.

Menindaklanjuti keadaan itu, FIFA tidak mau ambil resiko dengan membahayakan pemain tim nasional Israel yang akan berlaga di Indonesia.

Baca Juga

Maka dari itu, Presiden FIFA, Gianni Infantino, dan Ketum PSSI, Erick Thohir, melakukan pertemuan di Doha, Qatar, pada Rabu (29/03/23) malam WIB.

Pertemuan tersebut melahirkan keputsan dari FIFA bahwa, hak Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 resmi dicabut.

Oleh sebab itu, keadaan itu lantas memicu permintaan kepada Shin Tae-yong untuk mengundurkan diri, atau resign, dari kursi kepelatihan Timnas Indonesia.

Baca Juga

1. Shin Tae-yong Diminta Resign dari Timnas Indonesia

Shin Tae-yong di pertandingan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Burundi di Stadion Patriot Candranhaga, Bekasi, Sabtu (25/03/23). Foto: Herry Ibrahim/Indosport

Shin Tae-yong merupakan pelatih yang menangani tim nasional Indonesia di berbagai jenjang, U-19, U-23, dan timnas senior, sejak Januari 2020 lalu.

Hal tersebut terjadi setelah Shin Tae-yong sukses meraih hasil yang cukup bagus bersama dengan Korea Selatan di ajang Piala Dunia 2018 silam.

Bahkan, Shin Tae-yong juga ditunjuk untuk mempersiapkan Timnas Indonesia U-20 dalam melakoni ajang Piala Dunia U-20 yang rencananya bakal digelar di Indonesia.

Kendati demikian, hal tersebut urung dilakukan karena FIFA mencabut hak Indonesia sebagai tuan rumah gelaran Piala Dunia U-20. Sehingga, skuat Garuda batal mengikuti event bergengsi tersebut.

Keadaan itu lantas berimbas kepada salah satu ungkapan masyarakat Indonesia yang meminta Shin Tae-yong untuk resign menjadi pelatih Timnas Indonesia.

Baca Juga

Pasalnya, Indonesia akan mendapatkan ancaman sanksi dari FIFA, kemungkinan besar adalah larangan pertandingan. Padahal, kontrak Shin Tae-yong akan berakhir pada Desember 2023.

"Coach, resign aja. Jangan rusak cv bertahan di negara yg sepak bolanya sudah tidak bisa tertolong lagi," ungkap netizen Indonesia yang dikutip dari akun Instagram resmi milik Shin Tae-yong.

Baca Juga

Pernyataan itu dituliskan dalam kolom komentar foto yang diunggah oleh Shin Tae-yong pada akun media sosial Instagram resmi miliknya.

Ungkapan tersebut juga menimbulkan komentar dari netizen Indonesia lainnya, yang tak ingin kalah dalam menyampaikan gagasannya

"susah ngomong sm orang yg hanya tau brita dari mulut ke mulut, gapernah baca dengan teliti, coba buka surat dari fifa . Batalnya karna apa.Isinya apa. Baca!! Jgn bct doang di medsos," lanjut @mis***

Baca Juga

Sumber: Akun Instagram Shin Tae-yong

FIFAIndonesiaPiala Dunia U-20Tim Nasional IndonesiaTimnas IndonesiaBola InternasionalShin Tae-yong

Berita Terkini