Tersedu-sedu, Lifter Putra Korut Dedikasikan Medali Emas untuk Mendiang Ibunya

Kamis, 23 Agustus 2018 11:44 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Lifter asal Korea Utara (Korut), O Kang-chol, mendedikasikan medali emas Asian Games 2018 yang diperolehnya kepada mendiang ibunda yang baru saja meninggal dunia awal tahun ini.

Kang-chol berhasil meraih tempat pertama pada nomor putra kelas 69 kg pada hari Rabu (22/08/18). Ia berhasil mengangkat beban sebesar 336 kg.

Ia mengaku terharu dapat menyumbangkan hasil maksimal bagi negaranya dan di sisi lain teringat sosok ibunya yang telah tiada. Ia bahkan terlihat tersedu-sedu sepanjang upacara penyerahan medali lantaran tidak dapat menahan emosinya.

“Saya tidak dapat menahan air mata saya ketika naik ke podium untuk menerima medali emas,” kata Kang-chol kepada AFP.

Kang-chol merasa bahagia lantaran sang ibu semasa hidupnya memang memimpikan dan mengharapkan dia meraih medali emas dalam kejuaraan bergengsi.Kini, mendiang ibunya patut berbangga diri karena sang putra sudah berhasil mewujudkan keinginannya tersebut.

“Awalnya saya memikirkan Tanah Air saya. Lalu saya memikirkan ibu saya yang selalu memimpikan saya memenangkan medali emas di kompetisi ini,” kata Kang-chol lagi.

Masih berusaha menyeka air matanya, Kang-chol pun mengatakan kepada wartawan bahwa setelah kembali ke Korut dia akan segera menjenguk sang ibu di peristirahatan terakhirnya dan menunjukkan medali emas tersebut sebagai rasa bentuk rasa syukurnya.

“Saya akan mengunjungi makam ibu saya dan memberinya medali ini,” ujarnya.

Di cabang olahraga angkat besi putra kelas 69 kg sendiri, lifter asal Uzbekistan, Doston Yukubov, berhasil meraih medali perak dengan total angkatan 331 kg. Tempat ketiga diraih lifter asal Kyrgystan, Izzat Artykov, dengan total angkatan 330 kg.

 

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain serta Serba-serbi Asian Games 2018 di INDOSPORT.