Siti Aisah dan Windy Cantika, Ibu dan Anak yang Jadi Lifter Kelas Dunia

Minggu, 25 Juli 2021 09:29 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© NOC Indonesia
Windy Cantika sukses merebut medali perunggu di Olimpiade Tokyo. Rupanya, sang ibu Siti Aisah juga lifter kelas atas yang pernah meraih medali di kejuaraan dunia. Copyright: © NOC Indonesia
Windy Cantika sukses merebut medali perunggu di Olimpiade Tokyo. Rupanya, sang ibu Siti Aisah juga lifter kelas atas yang pernah meraih medali di kejuaraan dunia.

INDOSPORT.COM Windy Cantika sukses merebut medali perunggu di Olimpiade Tokyo. Rupanya, sang ibu Siti Aisah juga lifter kelas atas yang pernah meraih medali di kejuaraan dunia.

Nama Windy Cantika Aisah menjadi perbincangan sejak Sabtu (24/07/21) kemarin. Pasalnya, gadis Bandung berusia 19 tahun itu sukses menjadi atlet yang menyumbangkan medali pertama bagi kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020.

Turun di cabor angkat besi di kelas 49 kg, Sabtu (24/07/21) siang WIB, Windy Cantika Aisah sejatinya mengawali langkah di kategori snatch dengan tak terlalu baik.

Ia gagal melakukan angkatan pertama seberat 84 kg. Beruntung, ia berhasil mengangkat beban yang sama di angkatan kedua.

Di angkatan ketiga, ia menambah beban menjadi 87 kg, tapi gagal mengangkatnya. Akibatnya, ia pun hanya berada di peringkat keempat.

Kinerjanya membaik di clean and jerk setelah sukses mengangkat beban 103 kg dan 108 kg di angkatan pertama dan kedua. Di sisi lain, lifter Amerika Serikat 3 kali gagal mengangkat beban 108 kg.

Kegagalan lifter AS itu pun memastikan Windy Cantika Aisah menempati posisi ketiga dan merebut medali perunggu.

Meski sudah dipastikan meraih perunggu, Windy menjalani angkatan ketiga dengan beban 110 dan kembali berhasil. Dengan demikian, total angkatannya pun mencapai 194 kg.

Hasil ini pun membawa Windy Cantika Aisah merebut medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020, yang merupakan debutnya di ajang 4 tahunan tersebut. Ia juga menjadi atlet pertama yang menyumbangkan medali bagi timnas Indonesia di Tokyo.