Kevin Durant Undur Diri dari Tim Basket AS

Jumat, 8 Agustus 2014 07:59 WIB
Editor: Daniel Sasongko
 Copyright:

"Kevin menemui coach K (Mike Krzyzewski) dan saya pada (Rabu) malam dan menyatakan kelelahan fisik dan mental sepanjang NBA musim lalu dan dia juga masih fokus terhadap beberapa tanggung jawab yang dibebankan," ucap Jerry Colangelo, Chairman tim Basket AS. "Dia berusaha memberikan segalanya sejak menjalani pemusatan latihan di Las vegas, namun dia merasa tak cukup siap memberikan komitmen penuh untuk tim."

Durant adalah MVP NBA 2010 dan memimpin tim basket AS merebut Juara Dunia Basket 2010 untuk kali pertama sejak 1994. 

Bintang OKC itu juga memimpin tim basket Negeri Paman Sam merebut medali emas Olimpiade London 2012. Dia juga menjadi penyumbang angka terbanyak untuk tim basket AS, dengan rerata mengontribusi 19,5 poin dalam setiap laga.

"Ini keputusan sulit karena saya selalu merasa mendapatkan kehormatan besar mewakili negara kami," ucap Durant. "Saya tahu saya berutang kepada para rekan tim basket AS untuk berbagi pengalaman."

"Saya harus mundur dan menyepi untuk sementara waktu, baik secara fisik dan mental, untuk mempersiapkan diri menghadapi NBA musim depan. Saya akan selalu mendukung penuh tim basket AS dan menantikan peluang kembali tampil bersama mereka."

Mundurnya Durant hanya kurang dari sepekan setelah Paul George menarik diri. Bintang Indiana Pacers harus melupakan ambisi berlaga di Spanyol mulai 30 Agustus mendatang, setelah mengalami cedera patah kaki kanan. 

Absennya Durant dan George adalah bagian dari rentetan sejumlah bintang NBA yang telah menyatakan mundur dari tim basket AS, mulai dari tiga ikon NBA All Star --kevin Love, Blake Griffin, dan LaMarcus Aldridge-- plus MVP Final NBA 2014, Kawhi Leonard.

2